Berita Wisata

Seekor duyung ditemukan mati di pesisir Kepulauan Bawean Gresik

GRESIK, KOMPAS.com – Seekor duyung ditemukan tewas oleh warga di pesisir pantai Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Kepulauan Bawean, Gresik, Jawa Timur pada Selasa (27/12/2022).

Kepala Desa Lebak Fadal mengatakan, penemuan bangkai duyung sepanjang sekitar 3 meter itu bermula saat nelayan setempat sedang mencari ikan di pesisir pantai.

“Nelayan yang tidak bisa melaut karena gelombang tinggi, ada yang masih mencari ikan di pesisir pantai menggunakan jaring. Lalu Selasa lalu sekitar pukul 06.00 WIB, ada yang melihat duyung mati terdampar di pesisir pantai,” kata Fadal, dihubungi . , Rabu (28/2019). 12/2022).

Baca juga: Seekor Dugong Ditemukan Mati di Perairan Pulau Morotai, Maluku Utara

Fadal dan nelayan setempat menduga dugong tersebut mati setelah menabrak karang dan bongkahan batu kemudian terbawa gelombang pasang hingga ke pesisir pantai di kawasan kampung Lebak yang berada di Dusun Rabe.

Apalagi dalam beberapa hari terakhir, gelombang tinggi terjadi di Laut Jawa.

“Kemungkinan dugong tersebut mati karena tertimpa batu kemudian terseret ombak ke pantai. Karena pada malam hari air pasang tidak normal, kemungkinan cuaca ekstrim,” kata Fadal.

Fadal menambahkan, duyung yang mati diduga seberat 200 kilogram itu dikuburkan oleh nelayan setempat di tempat ditemukannya.

Namun, bangkai duyung muncul ke permukaan dan terseret ombak.

“Saat ini dugong yang mati sudah berpindah dari posisi semula dan sepertinya sudah terlihat oleh pihak BKSDA. Besok rencananya akan dilakukan penguburan ulang di lokasi saat ini yang jauh dari pemukiman sehingga tidak memberikan bau tak sedap,” kata Fadal.

Menurut informasi yang diperoleh Fadal dari para nelayan, mereka bertemu dengan tiga duyung saat sedang melaut mencari ikan.

Baca Juga: Sepekan Dirawat, Bayi Duyung Penuh Luka yang Tertancap di Polewali Mandar Akhirnya Meninggal

Nelayan menduga, duyung mati yang terdampar di pantai merupakan salah satu dari tiga yang sering dilihat pemancing.

“Kadang-kadang nelayan juga melihat tiga duyung makan lamun (rumput laut) di dekat pantai. Bisa jadi duyung yang mati itu termasuk tiga yang sering dilihat nelayan,” kata Fadal.

Dugong adalah sejenis mamalia laut yang merupakan bagian dari sirenia atau sapi laut, duyung disebut juga duyung. Sebagian besar populasi duyung berada di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button