Tempat Wisata

Sejarah, fasilitas dan biaya masuk

Danau Telaga Varna Puncak Bogor, bukan Telaga Warna Dieng, merupakan salah satu tempat wisata alam di kota Bogor dengan pesonanya yang tak pernah pudar dimakan waktu.

Meski saat ini banyak tempat wisata baru dengan konsep kekinian yang berbeda, Telaga Warna Puncak tetap memegang tempat di hati para pelancong.

Telaga Varna yang terletak di dataran tinggi puncak Bogor menyuguhkan pesona berupa perpaduan keindahan alam puncak dan keindahan danau yang airnya dapat berubah warna pada waktu-waktu tertentu.

Berlibur di tempat ini adalah keputusan yang tepat untuk melupakan kehidupan sehari-hari sejenak.

Warna Kolam Cerita

Nah, bagi Anda yang sedang berwisata ke Telaga Varna, berikut beberapa informasi penting mengenai danau ini yang harus Anda ketahui.

Sekilas tentang Lautan Warna

Danau Telaga Varna Puncak Bogor telah lama diresmikan sebagai cagar alam Hutan Gunung Mega Menung dan Hutan Gunung Hambalang. Menurut keterangan mereka sendiri, peresmian bahkan sudah dilakukan sejak tahun 1972.

Hotel yang terletak di dataran tinggi puncak Bogor ini membuat udara di area danau berwarna begitu sejuk dan menyejukkan. Di sekitar danau ini Anda pasti akan betah berjam-jam tanpa bosan.

Selain itu, areanya yang luas dengan berbagai macam flora dan fauna juga menambah variasi aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan.

Tidak hanya bisa bersantai dan menikmati ketenangan suasana di sekitar danau, tapi juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa orang fauna jinak seperti monyet, lutung dan fauna lainnya dilindungi oleh negara.

Namun sebenarnya, daya tarik terbesar dari danau warna ini yang membuat banyak wisatawan penasaran, datang jauh-jauh dari luar kota bahkan dari luar negeri, adalah fenomena air yang bisa berubah warna.

Puncak Telaga Varna 2018melalui Instagram/mencicipi

Pada waktu-waktu tertentu, biasanya saat cuaca cerah dan sinar matahari tidak terhalang sehingga mudah menembus dasar danau, warna air di danau ini berubah menjadi berbagai gradasi yang memukau mata.

Banyak wisatawan yang tidak menyadari bahwa gradasi warna air danau sebenarnya berasal dari pepohonan di sekitar danau dan berbagai bebatuan di danau.

Sejarah danau warna

Kisah sejarah yang diyakini sebagai awal terbentuknya Telaga Varna ini tidak hanya sebagai pemanis yang membuat pendengar atau pembaca cerita mengangguk-angguk, namun juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Meski tidak semua orang percaya, kisah ini tetap melegenda dan tidak mungkin hilang begitu saja.

Konon jauh sebelum telaga warna ini terbentuk dahulu kala, di dekat telaga warna hiduplah seorang raja bernama Prabu Surnalaya dan istrinya Ratu Purbamana.

Warna Kolam Misterivia instagram/travellerindokece

Setelah lama menikah, keduanya masih belum dikaruniai anak untuk menggantikan mereka.

Di tengah ketakutan dan keinginannya untuk memiliki anak, akhirnya sang raja memutuskan untuk bertapa di tengah hutan dengan bekal seadanya dan bersujud di hadapan Yang Maha Kuasa untuk dikaruniai seorang anak.

Setelah beberapa lama bermeditasi, doa dan permintaan raja tersebut akhirnya terkabul.

Akhirnya, beberapa bulan setelah pertapaan raja, dia mengandung permaisuri. Bahkan 9 bulan dan 9 hari, permaisuri melahirkan seorang putri, yang kemudian menjadi seorang gadis cantik.

Namun setelah menginjak keperawanannya, perangai sang putri seolah bertolak belakang dengan kecantikan wajahnya. Ia menjadi anak yang sering melawan dan tidak menuruti perintah orang tuanya.

Entri Kolam Warna Puncak 2018-2018via instagram/anukmau

Hingga klimaks, ada sebuah peristiwa yang diyakini sebagai awal terbentuknya telaga warna. Sedih karena hadiah untuk sang putri tidak sampai dengan benar.

Tak kuasa menahan air mata, Ratu Purbamanah terus menangis deras hingga air matanya mengalir, menenggelamkan seluruh kerajaan yang kini menjadi telaga warna.

Baca juga tempat menarik lainnya di Bogor seperti Devoyage Bogor

Lokasi Danau Warna

Lokasi Telaga Varna beralamat lengkap Jalan Raya Puncak – Cianjur, Kecamatan Cisarua, Tugu Utara, Kabupaten BogorJawa barat.

Untuk menuju lokasi dari pusat kota Bogor, Anda hanya perlu berkendara selama 16 menit dengan jarak tempuh sekitar 5 kilometer.

Sedangkan untuk rute menuju tempat Telaga Varna, Anda bisa mengambil rute dari Tol Ciawi menuju Puncak, melewati perkebunan teh hingga sampai di Masjid Ta’awwun. Kemudian dari masjid ini sejauh kurang lebih 2 kilometer Anda akan menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi Telaga Varna.

Harga tiket masuk Telaga Varna

Untuk memasuki kawasan telaga warna, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tiket masuk ke danau warna dijual dengan nilai nominal Rp. Rp 5000 hanya di hari biasa dan Rp 7.500 di akhir pekan.

Namun, untuk turis asing, harga tiketnya agak mahal, yakni Rp100.000 di hari biasa dan Rp150.000 di hari libur.

Baca juga: Waduk Jatiluhur

warna-gambar-warnavia instagram/dewirahmasariiii

Fasilitas Danau Warna

Saat ini fasilitas di Telaga Varna sudah memadai. Di sana Anda akan menemukan fasilitas berupa tempat parkir, mushola, toilet, pos jaga, rumah makan, gardu pandang, ruang pertemuan, Perlindungan dan berjalan trek serta area keluar wahana termasuk rubah terbang dan naik keluar Aneka ragam.

Baca juga: Sari Ater Subang Jawa Barat

Akomodasi di Telaga Varna

Untuk kebutuhan pengunjung yang ingin menginap, beberapa cottage akomodasi telah disediakan di kawasan tepi danau dengan biaya sewa Rp per malam. 100.000.

Kemudian yang menginginkan hunian yang lebih stylish bisa mencari dan memilih hotel di dekat telaga warna di pinggir jalan Cisarua.

Seperti Cibulan Hotel, Bukit Indah Villa, Graphic Mas Hotel dan Puncak Pass Resort. Harga sewa hotel-hotel tersebut cukup terjangkau, mulai dari Rp 450.000 saja.

via instagram/desimawaddah.96

Objek dan aktivitas menarik

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di danau warna ini. Seperti yang tertulis di awal artikel, selain bersantai dan menikmati suasana tenang di sekitar danau, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Anda dapat berinteraksi dengan beberapa fauna jinak dan menikmati keanekaragamannya florabermain di daerah keluaruntuk berburu kuliner dan hunting foto.

Baca juga: Kerajaan Air Mekarsari

Tempat wisata di dekat Telaga Varna

Tidak jauh dari tempat Danau Warna berada, masih ada beberapa tempat wisata di dekat Danau Warna yang bisa Anda kunjungi. Beberapa yang paling menarik adalah Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Air Terjun Cibeureum, dan Bukit Gantole Air Terjun Ciherang.

Yang paling menarik adalah tempat wisata Taman Bunga Nusantara, di mana Anda bisa menikmati taman bunga yang super luas dan megah dengan ribuan jenis bunga yang tumbuh di dalamnya.

Warna Kolam Mitosmelalui instagram/selviagstn4

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Barat seperti Situs Patenggang

Danau Warna Puncak Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan jika anda punya waktu nanti untuk berlibur di kota Hujan Bogor. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi terutama bagi anda yang menyukai tempat wisata dengan panorama alam yang sejuk dan belum terjamah.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button