Berita Wisata

Sejarah, lokasi, dan daya tariknya

Bali tidak hanya menyimpan sejuta keindahan alam sebagai objek wisata. Bali juga memiliki museum dimana wisatawan dapat merasakan sejarah dan budaya Bali itu sendiri. Bagaimana awal pembangunan museum ini dan apa saja daya tariknya? Simak dalam penjelasan berikut.

Museum Sejarah Bali

Dilansir dari situs Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi Bali, Museum Bali menyimpan berbagai peninggalan etnografi dan alat-alat kehidupan manusia di masa lalu, mulai dari seni, agama hingga bahasa tulisan. Museum Bali sendiri didirikan atas ide arsitek WFJ Kroon antara tahun 1909-1913.

Selain menjadi arsitek, saat itu Kroon juga menjabat sebagai Wakil Residen Bali Selatan di Denpasar. Ide tersebut pertama kali terwujud saat pembangunan gedung Arca. Gedung ini dibangun dengan beberapa arsitek lokal yaitu I Gusti Gede Ketut Kandel dari Banjar Abasan dan I Gusti Ketut Rai dari Banjar Belong. Selanjutnya, mereka juga bekerja sama dengan arsitek Jerman Curt Gundler.

Kemudian pada tahun 1930, kepala departemen kepurbakalaan saat itu, WF Sttuterhim, menawarkan untuk melengkapi gedung dengan koleksi berbagai peninggalan etnografi. Jadi bangunan itu menjadi museum. Museum ini dikelola oleh sebuah yayasan yang terdiri dari seorang presiden dan beberapa anggota, termasuk I Gusti Ngurah Alit yang merupakan raja Badung.

Kemudian, pada tanggal 8 Desember 1932, Museum Bali resmi dibuka untuk pertama kalinya. Ada beberapa bangunan untuk pameran permanen dengan koleksi benda-benda bersejarah. Kemudian pada tahun 2000, pengelolaan museum ini menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi Bali.

Lokasi dan Petunjuk Menuju Museum Bali

Museum Bali terletak di Jalan Walikota Wisnu No. 1, Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Terletak di jantung kota Denpasar dan mudah diakses dari mana saja.

Untuk menuju ke sana dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, cukup berkendara dari Kota Denpasar ke Jalan Teuku Umar.

  • Dari Jalan Teuku Umar, belok kiri ke Jalan Diponegoro.
  • Terus sampai ujung jalan, lalu belok kanan ke Jalan Debes dan langsung belok kiri ke Jalan Udayana.
  • Anda akan melewati Lapangan Puputan Badung. Museum Bali terletak di sisi timur alun-alun, di sebelah Pura Agung Jagatnatha.

Jarak dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Museum Bali kurang lebih 14 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan mobil saat lalu lintas sepi.

Atraksi dan Aktivitas di Museum Bali

Museum Bali harus masuk dalam daftar tujuan Anda di Bali karena memiliki sejumlah atraksi. Berikut ulasan yang mengutip ojs.unud.ac.id.

1. Museum tertua di Bali

Museum Bali merupakan museum tertua di Bali dan erat kaitannya dengan wisata budaya. Museum Bali mengandalkan potensi budaya sebagai daya tarik utama dengan berbagai koleksi menarik diantaranya berupa kerajinan tangan, informasi tradisi, sejarah suatu tempat di Bali, arsitektur Bali, kesenian Bali.

2. Empat gedung pameran

Kompleks museum ini cukup besar karena memiliki empat gedung pameran. Bangunan tersebut bernama Gedung Tabanan, Gedung Buleleng, Gedung Karangasem dan Gedung Timur. Masing-masing bangunan ini menampung koleksi museum yang dibagi menjadi beberapa kategori.

3. Dekat dengan tempat wisata lainnya

Museum Bali terletak di pusat kota Denpasar. Wisatawan yang datang ke sini juga bisa singgah di objek wisata lainnya, seperti Pura Agung Jagatnatha, Lapangan Puputan Badung, dan Kelurahan Renon yang merupakan pusat pemerintahan di Denpasar.

4. Arsitektur yang menakjubkan

Museum Bali dibangun dengan arsitektur Bali yang memukau. Kompleksnya juga bagus dan bersih. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan tempat pemotretan prewedding.

Tiket Masuk Museum Bali Denpasar

Biaya masuk ke museum Bali sangat murah yaitu 5.000 rupee. Namun, untuk keperluan lain seperti prewedding, pengunjung harus membayar Rp 150.000.

Jam Buka Museum Bali

Anda bisa mengunjungi Museum Bali mulai pukul 07:30 hingga 15:30 WITA.

Koleksi Museum Bali

Beberapa koleksi utama Museum Bali antara lain:

  • Objek etnografi
  • Alat dan perlengkapan kehidupan masyarakat Bali pada masa lampau
  • bahan seni
  • materi agama
  • Bahasa tulisan
  • Informasi perkembangan budaya Bali

Berikut informasi lengkap tentang Museum Bali. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang budaya dan sejarah Bali, Anda harus pergi ke sini. Bisa bermanfaat!

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button