Berita Wisata

Sejarah Pengobatan Trauma Taman Remaja Surabaya Bagi Warga G30S/PKI 1965

Surabaya

Kabar Taman Remaja Surabaya (TRS) kembali ke telinga warga Kota Pahlawan yang bertahun-tahun hanya bisa menyimpan kenangan di benak mereka.

TRS akan dibuka kembali tahun ini, setelah berhenti beroperasi sejak September 2018. TRS akan kembali hadir sebagai wisata murah di Surabaya.

“Artinya ada wisata murah di Surabaya. Mosok Suroboyo tidak ada wisata murah. Saya ingin TRS seperti ini,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada wartawan, Senin (23/1/2023).

Kabar gembira tersebut menyisakan banyak kenangan indah bagi warga TRS. Jadi, Jawa Timur mencoba mengulas TRS secara singkat, dari sejarah panjang yang menyertainya.

Sejarah Taman Remaja Surabaya :

1. Dimulainya Taman Remaja Surabaya

Taman Remaja Surabaya didirikan pada tanggal 20 Agustus 1971. Tujuannya adalah sebagai tempat bermain, khususnya bagi masyarakat yang trauma dengan G30S/PKI 1965.

Hal itu tertuang dalam jurnal edukasi landmark bertajuk Pembangunan Taman Remaja Surabaya dan Dampak Ekonomi Bagi Pedagang di Kawasan Taman Remaja Surabaya Tahun 1999-2018.

Buku harian tersebut ditulis oleh Trisya Bella Aulia Mally dan Agus Trilaksana. Mereka berasal dari Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya.

Masyarakat Surabaya memiliki kenangan yang kuat tentang Taman Remaja. Bagi masyarakat lama, TRS merupakan maskot atau ikon yang populer saat itu.

Pada era 1990-an, tiket masuk Taman Remaja hanya Rp 1.000 dari Senin hingga Jumat. Untuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu, tiket naik menjadi Rp 2.000 per orang.

Tiket tidak termasuk tiket wahana. Tiket wahana saat itu mulai dari Rp 600 hingga Rp 800 per wahana. Bianglala dan kora-kora menjadi permainan favorit pada masanya.

Saat itu total terdapat 18 wahana seperti ball pool, aladdin twist, kiddy boat, kiddy rides, kiddy con ropes, kiddy lokomotif, kiddy chips, kiddy car, monorail, view wheel, merry go round, boom boom car , twin dragon, water jump, mini coaster, happy sky, shooting gallery, dan juga mandi bola.

Wahana di Parc de la Jeunesse tidak hanya untuk anak-anak. Pengunjung dari kalangan remaja hingga dewasa juga bisa bersenang-senang di THR. Ada wahana lempar bola, ubin warna-warni, rak matematika, rak atas, rak segitiga, rak taman bunga, rak jarum, rak ubin, rak bola bergulir, rak gawang, rak gelang bola, dan rak bir.

Permainan ini tidak menggunakan tiket melainkan menggunakan koin. Harganya Rp 100 per buah. Gim ini menawarkan hadiah seperti minuman ringan hingga bir besar.

2. Puncak Popularitas Taman Remaja Surabaya

Sejak awal berdirinya, TRS telah menyita perhatian masyarakat luas. Puncak kepopuleran TRS dirasakan sejak tahun 1990 hingga 2012. Dimana pengunjung masih memadati tempat wisata Jalan Kusuma Bangsa ini.

Sehingga banyak pedagang di depan Taman Remaja Surabaya. Tidak hanya warga Surabaya, tetapi juga pendatang dari luar kota seperti Sidoarjo, Gresik, Madura, Lamongan dan Bojonegoro.

Pada saat-saat tertentu seperti Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Pahlawan, Taman Remaja sering mengadakan acara-acara menarik. Seperti karnaval, pentas seni, dll.

Harga tiket masuk TRS dinamis mengikuti jadwal. Pada tahun 1990-an, harga tiket masuk hanya Rp 1.000. Namun pada tahun 2013, tiket masuk TRS adalah Rp 15.000.

Harga tiket masuk belum termasuk tiket wahana. Karena per kendaraan tiket masuknya adalah Rp 10.000 pada tahun 2013.

3. Taman Remaja Surabaya sudah kehilangan pesonanya

TRS mulai kehilangan pesonanya di tahun 2017. TRS ditinggal pengunjung. Karena masih banyak tempat lain yang menawarkan wahana yang lebih beragam. Seperti di mall-mall besar di Surabaya Carnival Night.

TRS tidak dihiraukan oleh pengunjung yang berdampak pada minimnya pemasukan. Bagaimana tidak, pada tahun 2018 pengunjung Taman Remaja Surabaya hanya 5-7 orang per hari.

4. Bekukan Taman Remaja Surabaya

Taman Pemuda juga mengalami berbagai masalah. Seperti tidak membayar pajak bumi dan bangunan, tidak memperpanjang perjanjian kerjasama, mengalihkan gaji pegawai ke masalah iuran BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Banyak juga wahana di TRS yang terbengkalai. Seperti kolam tak terawat yang terisi air hujan.

Dengan banyaknya permasalahan PT STAR selaku pengelola Taman Remaja Surabaya, Pemkot Surabaya memutuskan untuk membekukan TRS.

Taman Remaja Surabaya dibekukan pada 2018. Penjagaan polisi dipasang di depan area TRS. Pembekuan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar TRS.

Simak Video “Sejarah Kota Surabaya Dalam Aksi Panggung”
[Gambas:Video 20detik]
(Minggu/dd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button