Berita Wisata

Sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor, mulai pulihnya kesadaran masyarakat sekitar

Melalui:
Waresti Rahayu |

Rabu 18-01-2023 / 20:55 WIB

Sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor, mulai pulihnya kesadaran masyarakat sekitar

ASCOMMAXX.com – Pada artikel berikut ini Anda akan menemukan informasi tentang sejarah Pondok Modern Darussalam Gontor. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi penting!

Menurut beberapa sumber, pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tradisional dimana santri tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan memiliki asrama bagi santri.

Baca Juga: Warung Kopi Umbul Sidomukti Semarang Nongkrong Asri Dengan Spot Foto Estetis

Baca Juga: Cara Masuk Pesantren Gontor: Biaya, Syarat, Ujian, dan Tempat Pendaftaran

Baca juga: Bagaimana Throughput Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan? Berikut adalah penjelasan mengenai ideologinya

Santri berada di kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat memantau keluar masuknya mahasiswa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas tentang Pondok Modern Darussalam Gontor

Pondok Modern Darussalam Gontor terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Pesantren ini mengklaim sebagai lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi dengan partai politik atau organisasi sosial manapun.

Sejarah Pesantren Modern Darussalam Gontor

Dilansir dari berbagai sumber, pada abad ke-19 M, pesantren di Tegalsari ini dijalankan oleh Kyai Khalifah, anak keenam dari Kyai Hasan Besari. Saat itu, ada seorang santri yang saleh dan cerdas bernama Sulaiman Jamaluddin yang berasal dari Cirebon.



Source: news.google.com

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button