Berita Wisata

Sekarang pasar Bong Surabaya buka pada malam hari

Sekarang pasar Bong Surabaya buka pada malam hari

SURABAYA I

JATIMSATUNEWS.COM: Pasar Bong yang terletak di Jalan Slompretan Kota Surabaya ini mulai buka dengan lancar pada malam hari. Pusat perbelanjaan oleh-oleh haji dan umrah kini telah direvitalisasi oleh pemerintah kota (Pemkot) Surabaya. Progres revitalisasi telah mencapai sekitar 90% dan masih berlangsung.

Kepala Kelurahan Cantian Bea Cukai Kota Surabaya, Muhammad Januar Rizal mengatakan soft opening Pasar Malam Belanja Pasar Bong berlangsung pada Jumat malam (30/12/2022). Kegiatan ini dibarengi dengan rangkaian acara pengajian dan doa bersama yang diselenggarakan di 31 kecamatan Surabaya.

“Khusus di Kecamatan Cantian Pabean, kami akan melaksanakan (sholat bersama) di Jalan Slompretan. Karena kami ingatkan bahwa kami juga akan melakukan pembukaan (soft opening) Night Market Shopping Pasar Bong,” kata Januar Rizal dalam pertemuannya di Balai Kota Surabaya, Jumat (30/12/2022)

Ia mengungkapkan progres revitalisasi pasar Bong saat ini sudah mencapai sekitar 90%. Selain pengecatan paving dan penambahan penerangan, Pemkot juga menghiasi pasar populer ini dengan sejumlah mural dan spot foto.

“Jadi memang ada beberapa spot foto, tadi malam juga ada fresco yang sudah selesai. Namun masih perlu diperbaiki. Hal ini sudah kami laporkan ke Asisten II, kalau tidak ada halangan Januari 2023 akan launching. akan dilaksanakan,” katanya.

Menurut Rizal, rencana pembukaan Pasar Bong secara halus pada malam hari juga mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan pedagang setempat. Selain itu, Pasar Malam Bong Market Shopping ini merupakan rangkaian pengembangan wisata Kya-kya Bunga Jepun.

“Jadi Kembang Jepun Kya-kya buka hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, jadi nanti pasar Bong juga menyesuaikan buka hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jadi tidak buka setiap hari, sementara kita evaluasi,” ujarnya. .

Ia pun meyakinkan jika Pasar Bong Night Market Shopping ini resmi diluncurkan, pihaknya akan lebih gencar mempromosikannya ke masyarakat luas. Apalagi bagi masyarakat dari luar daerah yang biasa membeli oleh-oleh haji dan umroh di Pasar Bong pada pagi atau sore hari.

“Agar masyarakat atau luar daerah lebih tahu bahwa Pasar Bong juga buka malam hari. Jadi mereka (pedagang di Pasar Bong) tidak hanya fokus pada pagi atau sore hari saja,” kata Rizal.

Rizal mengatakan fokus reorganisasi Pasar Bong akan dilakukan Pemkot di pasar atau kawasan desa. Untuk konsepnya, mayoritas pedagang yang menjual sarung, mukenah, dan sajadah beroperasi seperti biasa hingga malam pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

“Jadi buka seperti biasa, seperti pagi. Kalau buka (sore), lampu toko sepertinya menyala, kita tinggal minta masing-masing toko untuk mengecat dan mendekorasi sendiri agar lebih bersih,” dia menjelaskan.

Ia berharap dengan mulai beroperasinya Pasar Bong hingga malam hari, dapat berdampak pada peningkatan perekonomian bagi para pedagang dan warga setempat. Apalagi di Pasar Bong sendiri terdapat kampung yang terdiri dari tiga RT dalam satu RW.

“Ada sekitar 40 pedagang di sana. Mungkin awalnya ada yang buka, sambil ke sana kita evaluasi. Karena ini satu rangkaian dengan wisata becak (Kya-kya), Pasar Bong, Pagoda dan Jalan Karet,” tutupnya. . . (jawab/kamu)

komentar yang muncul adalah tanggung jawab pemberi komentar, sebagaimana diatur dalam undang-undang ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button