Berita Wisata

Selain Bira, berikut adalah tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Bulukumba

BULUKUMBA, KUTIP.co. — Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, sejumlah destinasi wisata di Bulukumba menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lantas, apa saja tempat wisata populer di Bulukumba yang wajib dikunjungi? Ini segalanya mulai dari wisata pantai hingga pegunungan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, H Muhammad Daud Kahal mengatakan Bulukumba memiliki wisata populer mulai dari wisata pantai, pegunungan hingga adat dan budaya.

“Objek wisata baru di Bulukumba yang banyak dikunjungi adalah kawasan ground zero Bira. Bulukumba merupakan daerah tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan sekaligus menjadi kawasan prioritas pengembangan pariwisata,” kata Daud Kahal, Sabtu 19 November 2022.

Bahkan menurutnya, setiap tahun Pemprov Sulsel mengucurkan dana pembangunan destinasi untuk meningkatkan sumber daya pariwisata.

“Kami berharap sebagai daerah tujuan wisata unggulan di Sulsel, Bulukumba dapat terus berkolaborasi, menyinkronkan kebijakan pembangunan pariwisata, termasuk dukungan pusat, sehingga Bulukumba dapat terus eksis. Dimana pada pemerintahan saat ini arah prioritas pembangunan juga berada di sektor pariwisata,” kata Daud Kahal.

Tempat wisata di Bulukumba menawarkan keindahan alam yang eksotik dengan budaya yang menarik untuk dikunjungi, salah satu tempat yang populer adalah pantai Bira.

Tak hanya itu, Bulukumba masih banyak menawarkan wisata lainnya, baik keindahan laut maupun keindahan pegunungan.

Ditambah kunjungan sejarah dan budaya saat berkunjung ke Bulukumba. Berikut kunjungan populer yang berhasil dikumpulkan oleh KUTIP.co.

– Pantai Tanjung Bira yang merupakan salah satu icon wisata andalan di Sulawesi Selatan ini menawarkan pantai berpasir putih, dengan keindahan bawah laut yang memanjakan mata saat snorkeling.

– Pantai Mandala Ria yang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari. Di tempat ini, selain bisa menikmati pantai pasir putihnya, Anda juga bisa menyaksikan pembuatan kapal Phinisi, selain merupakan warisan budaya takbenda asli Bulukumba yang diakui UNESCO sejak 2017.

– Tebing Apparalang. Tempat wisata ini menawarkan suasana birunya air laut dengan dinding bebatuan yang terjal.

– Pantai Bara. Bagi wisatawan yang ingin mencari suasana tenang kondusif untuk peremajaan dengan pesona pantai pasir putih dan alam yang masih alami kondusif bagi wisatawan selama berkunjung ke Bulukumba.

– Titik Nol Bira. Tempat ini berada di kawasan pantai Tanjung Bira, menampilkan keindahan alam yang berbeda, dengan hamparan tebing bebatuan yang indah, tidak hanya itu tempat ini juga memiliki jembatan kaca sepanjang 20 meter yang menjadi daya tarik tersendiri dari objek titik nol wisata.

– Puncak Donggia. Jika wisatawan ingin menikmati indahnya suasana Pegunungan Bulukumba, ada pula Puncak Donggia di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, dengan ketinggian 1.400 mdpl menawarkan keindahan alam dengan deretan perbukitan meski cuaca sedang bagus. di sebelah kanan, pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan terbenam, cocok untuk berfoto.

– Air Terjun Gammacayya, tidak jauh dari Kahayya juga ada wisata Air Terjun Gammacayya yang menawarkan pemandangan air terjun baru dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

– Daerah adat Ammatoa. Selain wisata alam, Bulukumba juga dikenal dengan kawasan adatnya yaitu kawasan adat Ammatoa Kajang. Berpakaian serba hitam, bertelanjang kaki dan hidup jauh dari modernisasi menjadi ciri khas yang menarik dari penduduk kawasan adat Ammatoa Kajang. Saat berkunjung ke kawasan ini, pengunjung harus mengikuti beberapa aturan saat hendak memasuki kawasan adat Ammatoa, seperti berpakaian.

– Bulupadido, objek wisata yang terletak di desa Tamatto, kecamatan Ujung Loe ini menawarkan keindahan di atas bukit dengan latar belakang perkebunan karet, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

– Pemandian kolam Limbua, rangkaian ini terletak di desa Hila-Hila kecamatan Bontotiro, objek wisata air tawar ini dibatasi oleh laut yang hanya dipisahkan oleh pohon kelapa, pemandian Limbua ramai pengunjung karena disisi lain masyarakat setempat percaya bahwa mandi dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Selain objek wisata populer di Bulukumba tersebut di atas, masih banyak objek wisata lain yang bisa dikunjungi. (Gila)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button