Berita Wisata

Selain menawarkan atraksi wisata, Embung Bina Lestari Muntialo menjadi tempat pelatihan pencegahan karhutla

Wartawan:
Khairul Ummu|

Editor:
Risza Saputra B|

Kamis 02-02-2023,22:47 WIB

Selain menawarkan atraksi wisata, Embung Bina Lestari Muntialo menjadi tempat pelatihan pencegahan kebakaran hutan dan lahan

Program pencegahan Karhutla di Embung Bina Lestari.-umam/jambi-independent.co.id-

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Embung Bina Lestari yang terletak di desa Muntialo, kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat merupakan salah satu daerah resapan air sebagai pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Saat ini lokasi tersebut dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi. Pembangunan Embung Bina Lestari merupakan salah satu program tanggung jawab sosial SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd.

Mereka bekerjasama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) agar kawasan ini dapat dimanfaatkan sebagai sektor pariwisata dan pendidikan serta peningkatan UMKM bagi masyarakat setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Barat Zulfikri mengatakan, Pemkab Tanjab Barat sangat mengapresiasi program pemberdayaan masyarakat PetroChina International Jabung Ltd untuk kawasan Embung Bina Lestari di Desa Muntialo.

BACA JUGA: Ditemui Kapolda Jambi, Dirut PLN Jambi Sebut Banyak Curi Listrik

BACA JUGA: Bersenang-senanglah! Pembangunan Tol Betung-Jambi Dimulai Februari 2023? Gubernur Jambi Al Haris mengatakan hal tersebut

Menurutnya, wilayah Betara, termasuk Desa Muntialo, merupakan wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami mengapresiasi program pemberdayaan di Embung Bina Lestari sehingga banyak manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” ujar Zulfikri.

Dikatakannya, saat ini daerah juga rutin menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi para pelajar dalam mengantisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Fasilitas di sana sangat kondusif untuk pelatihan. Kami bekerja sama dengan PetroChina International Jabung Ltd. untuk melakukan beberapa pelatihan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya. *

Sumber:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button