Berita Wisata

Selain Telaga Ngebel, berikut tempat wisata andalan Ponorogo Solopos.com

SOLOPOS.COM – Air Terjun Kokok Ponorogo. (IG @info_ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata alam di wilayah Madiun Raya. Ikon tempat wisata Ponorogo adalah Telaga Ngebel. Bisa dibilang belum ke Ponorogo kalau belum ke Telaga Ngebel.

Telaga Ngebel terletak di lereng Gunung Wilis dan berada pada ketinggian 734 meter di atas permukaan laut (mdpl). Karena terletak di lereng gunung, suasana tempat wisata ini sangat sejuk. Kedua sisi danau ini juga dikelilingi pepohonan yang menjulang tinggi.

Promo Promosi Menarik, Menginap di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasnya!

Anda bisa menikmati danau ini dengan naik speedboat, becak air dan lain-lain. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner di sekitar danau.


Keindahan air mancur di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo. (Pemerintah Khusus/Kabupaten Ponorogo)

Saat ini ada destinasi baru air mancur menari atau air mancur. Namun air mancur menari ini hanya bisa dinikmati pada malam hari setiap akhir pekan.

EMagz Solopos

Selain Telaga Ngebel, Ponorogo juga memiliki sejumlah tempat wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut daftarnya:

  1. Tumpukan Bukit Lego

Bukit Tumpak Lego merupakan tempat wisata baru di Ponorogo. Lokasinya berada di sisi selatan Ponorogo, tepatnya di desa Ngrayun, kecamatan Ngrayun. Tempat ini memiliki hutan pinus yang rindang dan sejuk. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan banyak spot foto yang menarik. Suasana khas pegunungan akan membuat Anda betah berada di sini.

Bukit Tumpak Lego sebenarnya adalah rest area. Lahan yang menjadi tempat wisata itu milik Perhutani.

tempat wisata ponorogo Stack Lego Hill Ponorogo. (IG @zela_mano)

Di sini Anda bisa bersantai menikmati hijaunya alam sambil bersantai di gazebo dan mencicipi kuliner khas. Di tempat ini juga terdapat koleksi hewan seperti kelinci, musang dan ular.

  1. Mloko Sewu

Usai berkeliling Danau Ngebel, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitar. Tempat wisata ini bernama Mloko Sewu. Di Mloko Sewu kita bisa menikmati pemandangan taman bunga dan hutan yang indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama Telaga Ngebel dari ketinggian. Sangat cantik!

Solopos interaktif

tempat wisata ponorogoMloko Sewu Ponorogo. (IG @mlokosewu)

Selain menikmati pemandangan, di sini banyak sekali spot foto yang super kece dan keren. Pengunjung bisa berfoto di atas ayunan dan balon udara yang menghadap ke Danau Ngebel, di tengah pepohonan hijau dan taman bunga. Anda juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di Mloko Sewu. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09:00 WIB hingga 18:00 WIB. Untuk masuk ke Mloko Sewu, tarifnya hanya Rp 10.000.

  1. Air Terjun Kokok

Air Terjun Kokok ini terletak di Desa Temon, Kecamatan Sawoo. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Tempatnya masih sangat alami dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya cukup menantang, kondusif untuk penyembuhan dan petualangan.

Pengunjung akan disuguhi tebing eksotis berwarna kecoklatan dengan air terjun yang jernih.

tempat wisata ponorogoAir Terjun Kokok Ponorogo. (IG @info_ponorogo)

dilaporkan dari ponorogo.go.id, untuk menuju tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Ponorogo. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki hingga 700 meter. Di air terjun ini Anda bisa bermain air dan mandi di sungai. Tempat wisata ini buka pada pukul 08:00 WIB-15:00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk masuk ke tempat ini.

  1. perbukitan kapur

Bukit kapur ini terletak di lahan Perhutani. Bukit kapur ini terletak di kabupaten Sampung. Tempat wisata ini merupakan gunung kapur yang digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur.

Iklan

Tempat bekas penambangan batu kapur ini memiliki bentuk yang unik dan indah, sehingga warga sekitar tertarik untuk berkunjung dan mencari foto. Untuk mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya masuk atau free entry.

  1. Air Terjun Toyomarto

Air Terjun Toyomarto merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Ponorogo. Lokasinya berada di Dusun Toyomerto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Untuk menuju destinasi wisata ini pengunjung harus berhati-hati karena medannya cukup sulit yaitu naik turun dan berkelok-kelok. Rute menuju lokasi juga akan menemui tebing yang cukup terjal. Setelah itu, pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun yang menakjubkan.

dilaporkan dari disbudparpora.ponorogo.go.id, Air Terjun Toyomerto atau Selorejo terdiri dari dua tingkat air dalam aliran yang jatuh dari tebing berbatu. Setiap tingkat memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter.

Air terjun ini terletak di antara dua bukit yang saling berhadapan. Warga menyebut kedua bukit itu Gunung Nglengko dan Gunung Manyutan.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Ponorogo selain Telaga Ngebel yang bisa anda kunjungi. Tertarik?

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button