Berita Wisata

Selami Talaga Bodas, Garut, Tiket Masuk & Waktu Terbaik Berkunjung

TEMPO.CO, Jakarta – Pesona alam Garut memang tidak ada habisnya. Yang cukup jarang terekspose adalah Mount Talaga Bodas. Talaga Bodas adalah gunung berapi purba. Menurut bahasa setempat, nama tempat ini berarti danau putih. Memang tidak ada yang perlu dikeluhkan, karena di puncaknya terdapat danau arung. Hampir mirip dengan objek wisata Bandung yang sangat populer yaitu Kawah Putih Ciwidey.

Bagi sebagian orang, bau belerang di Talaga Bodas mungkin sedikit lebih menyengat dibanding Kawah Putih. Oleh karena itu, jika berkunjung ke Talaga Bodas, Anda wajib membawa masker. Pengunjung akan disuguhi pemandangan danau kawah vulkanik yang berwarna putih dan di sekitarnya terdapat pemandangan alam pegunungan yang menyegarkan mata. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa langsung merasakan panasnya air yang mengandung belerang. Anda dapat berenang di kolam khusus yang tersedia untuk Anda.

2 kolam kecil untuk berenang

Danau ini memiliki dua kolam kecil. Untuk mengakses kolam, pengunjung harus berjalan di sisi kanan danau. Di sini, pengunjung bisa berendam di air yang mengandung belerang yang baik untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Tapi ingat, maksimal berendam adalah 15 menit. Lebih dari itu, tidak dianjurkan juga tidak baik untuk tubuh. Setelah selesai, pengunjung bisa langsung mandi dan berganti pakaian di kamar sebelah kolam renang.

Jalan menuju danau ini tidak terlalu memusingkan karena tidak banyak pertigaan. Pengunjung harus menyiapkan kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum yang melayani perjalanan di sini. Tempatnya mudah ditemukan, dari tempat Wanaraja tinggal jalan kaki ke arah danau. Jaraknya sekitar 11 kilometer dari titik awal. Jalan menuju Talaga Bodas relatif bagus meski sedikit menanjak. Namun, begitu Anda mencapai 2,5 mil terakhir, berhati-hatilah karena jalanan mulai kasar dan berbatu.

Pemandangan yang disajikan di sepanjang jalan sangat indah. Anda bisa melihat deretan tempat pembuatan batu bata, kebun berbagai jenis sayuran, serta sejumlah pohon rindang. Anda juga bisa melihat keindahan Garut dari ketinggian. Begitu Anda sampai di selatan Talaga Bodas, Anda akan bisa melihat Gunung Sadahurip yang perkasa. Gunung berapi purba ini telah mengejutkan banyak orang dalam beberapa tahun terakhir karena bentuknya yang seperti piramida.

Tiket masuk ke Talaga Bodas

Tiket masuk Talaga Bodas cenderung murah dan sudah termasuk asuransi. Wisatawan lokal cukup membayar Rp 7.000 untuk weekdays dan Rp 9.500 untuk hari libur nasional. Sementara itu, turis asing akan dikenakan biaya Rp 105.000 pada hari biasa dan Rp 155.000 pada hari libur nasional. Jika Anda termasuk dalam rombongan pelajar atau mahasiswa, akan ada tarif khusus. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang pada hari biasa dan Rp 6.500 pada hari libur nasional.

Biaya parkir juga cukup murah. Sepeda pedal hanya dikenakan biaya Rp 2.000 pada hari kerja dan Rp 3.000 pada hari libur nasional. Penumpang kendaraan roda dua lainnya harus membayar Rp 5.000 pada hari biasa atau Rp 7.500 pada hari libur. Sedangkan pemilik kendaraan roda empat akan dikenakan biaya masing-masing sebesar Rp10.000 atau Rp15.000 untuk hari biasa dan hari libur nasional.

Kawah Talaga Bodas dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, area parkir dan mushola. Bagi yang suka berfoto, ada beberapa spot khusus untuk selfie. Tak hanya itu, Talaga Bodas juga menawarkan beberapa warung yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Talaga Bodas

Waktu terbaik untuk mengunjungi Talaga Bodas adalah di pagi hari. Pengunjung bisa datang sekitar pukul 09:00. Langit di sekitar akan terlihat bersih, terutama di musim kemarau. Selain itu, pengunjungnya juga tidak terlalu banyak sehingga Anda bisa lebih fleksibel.

Sebaiknya jangan datang saat musim hujan. Dikhawatirkan tidak bisa melakukan aktivitas apapun selain berlindung. Selanjutnya jangan lupa untuk membawa jaket saat berkunjung ke Talaga Bodas karena udara disini cukup dingin. Terakhir, jangan lupa untuk menghormati semua aturan yang berlaku di destinasi wisata.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI.

Baca juga: Inilah Tempat Wisata di Garut yang Bisa Dicapai Dalam Satu Hari

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button