Tempat Wisata

Selecta Recreation Park, taman hiburan populer dengan pesona alam di kota Batu

harga tiket: Rp40.000, Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB, Alamat: J L. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Taman Rekreasi Selecta dibangun pada tahun 1950 dan telah mengalami berbagai perubahan hingga saat ini. Taman ini awalnya hanya diperuntukkan bagi bangsawan Belanda yang tinggal di Indonesia. Tempat wisata ini menyuguhkan taman bunga terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Tamannya sangat sejuk sehingga Anda bisa menghirup udara segar di dalamnya.

Destinasi ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga populer di kalangan wisatawan karena banyaknya wahana yang menarik. Anda bisa mencoba sensasi melayang di udara dengan Sky Bike atau Flying Fox yang seru. Sebenarnya, seluncuran air diperkenalkan dalam wisata ini untuk semua wisatawan untuk berenang atau bermain seluncuran di sana.

Anda bahkan bisa menunggang kuda untuk menjelajahi semua taman bunga yang ada di kawasan wisata tersebut. Destinasi ini bisa menjernihkan mata dan pikiran dengan segudang keindahan. Selain itu, Anda diperbolehkan membeli beberapa bibit bunga di kawasan wisata untuk kemudian ditanam di rumah.

Atraksi di Taman Rekreasi Selecta

Pemandangan di Taman Rekreasi SelectaKredit Foto: Instagram SELECTA RECREATIONAL PARK

1. Layanan Tur Lengkap

Taman Rekreasi Selecta menawarkan wisata yang lengkap, baik dari segi alam maupun air. Anda bisa berjalan melewati taman terlebih dahulu dan berfoto bersama teman atau keluarga di pagi hari. Setelah itu Anda akan merasakan kesegaran kolam di siang hari. Kolam renangnya memiliki air yang bersih dan jernih, sehingga disukai oleh wisatawan.

Namun, Anda tidak bisa berenang di kolam dalam waktu lama karena airnya sangat dingin. Anda harus minum air hangat segera setelah berendam di kolam renang. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini karena ingin menikmati sejuknya air kolam.

Sejak zaman dahulu, kawasan wisata ini telah dikunjungi para bangsawan Belanda untuk menenangkan diri. Kini berbagai kalangan bisa menikmati semua tempat wisata yang bisa menghilangkan penat setelah melakukan aktivitas yang melelahkan.

2. Ada putri bunga Selecta

Banyak wisatawan mengunjungi destinasi ini karena sebuah tempat yang menarik, yaitu Putri Kembang Selecta. Taman populer ini sering mengadakan acara jika Anda berkunjung saat musim liburan. Di tempat ini, Anda bisa melihat semua keindahan bunga, serta beberapa model manusia yang mengenakan pakaian seperti tanaman.

Anda bisa berfoto di taman bunga atau bersama para model di Flower Princess Selecta. Pada musim liburan, sebaiknya Anda datang pada pagi hari untuk melihat keindahan taman ini. Hal ini disebabkan banyaknya wisatawan yang mengunjungi Anda dan Anda mungkin kehabisan tiket wisata.

3. Suasana taman yang sejuk

Taman Rekreasi Selecta terletak di dataran tinggi di Kota Batu, sehingga memiliki udara yang sejuk sepanjang waktu. Udara dingin akan Anda rasakan saat mengunjunginya di pagi hari. Tempat wisata ini masih termasuk dalam kawasan Jatim Park yang merupakan tempat liburan populer dan terbaik di Jawa Timur.

Meski terlihat cantik, ada beberapa aturan ketat yang harus Anda ikuti saat berkunjung. Anda hanya diperbolehkan melihat bunga dan mengambil foto di sekitarnya. Anda tidak boleh memetik bunga, bahkan tidak menyentuhnya. Anda akan didenda jika melanggar aturan yang ada.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Rekreasi SelectaSumber Gambar: Taman Rekreasi Google Maps Selecta

Taman Rekreasi Selecta terletak di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya terletak di Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo. Anda dapat mengunjungi taman ini dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda bisa memulai perjalanan dari Bandara Abdul Rachman Saleh atau Terminal Arjosari.

Jika Anda mulai dari terminal Arjosari, naik angkot menuju terminal Landungsari. Kemudian naik angkot kembali ke Terminal Batu dengan tujuan akhir Taman Selecta. Anda juga bisa naik taksi dari bandara ke terminal Arjosari, mengikuti rute yang sama seperti sebelumnya.

Biaya angkutan umum ke Selecta Park relatif murah, sekitar 5.000 rupiah. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu angkot mana yang menuju ke arah tersebut saat berada di Terminal Arjosari. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan online jika ingin sampai ke tempat wisata dengan aman.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Taman Rekreasi SelectaKredit Foto: Instagram SELECTA RECREATIONAL PARK

Untuk memasuki Taman Rekreasi Selecta, Anda perlu membeli tiket masuk sebesar 40.000 rupiah untuk setiap pengunjung. Biaya ini hanya untuk anda yang ingin berkeliling kawasan wisata atau sekedar ingin berfoto. Jika Anda ingin mencoba berbagai wahana di taman, Anda akan dikenakan biaya tambahan lagi.

Anda harus membayar tiket sekitar 5.000 rupiah jika ingin masuk ke Kiddie Ride dan Pemandian Air Panas. Ada juga wahana Cinema 4D dan Kora Kora dengan harga tiket 10.000 rupiah. Untuk membuat studio foto, naik kuda atau bermain di Family Coaster, Anda perlu membayar 15.000 rupiah.

Wahana yang paling mahal adalah Water Bike, Sky Bike dan Flying Fox dengan harga tiket berkisar antara 20.000 hingga 25.000 rupiah. Meski paling mahal, namun Anda akan memiliki pengalaman berbeda jika mencoba wahana tersebut. Taman ini memiliki jam operasional dengan buka pukul 06.00 dan tutup pukul 18.00.

Aktivitas menarik di Selecta Park

Aktivitas di Selecta ParkKredit Foto: Google Maps Meylana Ngamiltul Khasanah

1. Berfoto di taman bunga

Di Selecta Recreation Park, Anda bisa memotret beberapa lokasi cantik dan kekinian favorit Anda. Berfoto di taman bunga adalah aktivitas utama yang sering dilakukan wisatawan. Namun ada juga beberapa wisatawan yang berfoto sambil berenang atau menunggang kuda agar liburan semakin seru.

2. Mainkan Kora-Kora dan Family Coaster bersama keluarga

Anda dapat memainkan Kora-Kora dengan sekelompok teman atau keluarga karena dapat digunakan oleh banyak orang. Ayunan berbentuk perahu sudah cukup untuk memacu adrenalin Anda karena berayun kencang saat Anda menaikinya. Tentunya dengan berteriak bersama bisa menambah keseruan pergi kesana.

Selain itu, ada wahana keluarga khusus yang disebut Family Coaster, yang memiliki kecepatan luar biasa. Anda menaiki roller coaster mini yang mengelilingi taman bunga sepanjang 500 meter. Hal ini tentunya akan membuat liburan keluarga Anda semakin menyenangkan karena kekompakannya.

3. Nikmati wahana air

Tak hanya wahana darat, ada kolam kecil untuk bermain sepeda air bersama keluarga. Sepeda air ini dapat digunakan oleh dua orang dewasa dan satu anak. Dengan perahu pedal ini Anda bisa berkeliling di rute yang cukup lebar. Anak-anak sangat menyukai wahana yang satu ini karena kolamnya memiliki desain yang unik dan lucu.

Selain itu, destinasi ini memiliki kolam renang besar dengan perosotan, ember air dan desain yang keren dan berwarna-warni. Kolam renang ini biasanya dipadati pengunjung setiap hari, apalagi jika Anda berkunjung di akhir pekan. Air kolamnya begitu jernih sehingga Anda langsung ingin merasakan kesegarannya.

4. Bersenang-senang menunggang kuda dan skybike

Aktivitas menarik di Selecta ParkSumber gambar: Google Maps Kusnan Udin

Aktivitas seru lainnya di Selecta Recreation Park adalah menjelajahi kawasan wisata populer ini dengan menunggang kuda. Kuda-kuda yang ditunggangi sudah jinak dan aman saat digunakan wisatawan. Ada juga Sky Bike yang bisa kamu nikmati bersama teman atau pasangan untuk mengelilingi area taman bunga.

5. Lihat di Cinema 4D

Anda dapat menonton cuplikan film yang nyata bersama anak-anak Anda di Cinema 4D. Wahana dengan teknologi terbaik ini tentunya sangat keren dan akan membuat Anda mengantri lama untuk bisa menikmati filmnya.

6. Lacak aktivitas outbond dan flying fox

Anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas outbond destinasi wisata ini untuk melatih kemampuan motorik dan kecerdasan otaknya. Anak-anak memanjat jaring dengan helm dan sabuk pengaman. Ada juga Flying Fox untuk dicoba orang dewasa, di mana Anda meluncur turun dari ketinggian yang menegangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Area Taman Rekreasi SelectaKredit foto: Instagram SELECTA RECREATIONAL PARK

Fasilitas Taman Rekreasi Selecta antara lain hotel, tempat parkir, toilet umum dan mushola yang sangat dibutuhkan oleh wisatawan. Ada juga food court atau restoran yang menawarkan berbagai macam makanan sehingga Anda tidak perlu membawa banyak makanan atau memasak di sana selama liburan.

Bagi Anda yang suka membeli oleh-oleh, ada pasar Selecta yang menjual berbagai jajanan khas kota Malang. Anda dapat membeli berbagai jenis suvenir seperti oleh-oleh, keripik, apel, sayuran.

Fasilitas selanjutnya adalah pasar bunga, yang memudahkan Anda untuk membeli tanaman favorit di sana. Anda tidak hanya bisa melihat keindahan bunga di taman, Anda bahkan bisa membelinya dan menanamnya sendiri di rumah untuk mempercantik taman Anda.

Itulah beberapa informasi dari Taman Rekreasi Selecta yang telah dijelaskan secara detail untuk Anda sebagai destinasi liburan terbaik. Cobalah untuk mengunjunginya ketika Anda berada di Kota Batu agar Anda dapat menikmati keindahan taman dan berbagai wahana yang ada di dalamnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button