Berita Wisata

Seluruh kawasan Pantai Pariaman telah ditanami pepohonan

Pariaman (ANTARA) – Sepanjang 12,7 kilometer kawasan pesisir Kota Pariaman di Sumatera Barat telah ditanami berbagai jenis pohon yang tujuannya tidak hanya untuk mitigasi bencana alam, tetapi juga untuk mendukung pariwisata.

“Ini merupakan kerjasama semua pihak, baik pemerintah, desa, dan kelompok masyarakat. Kalau kita lakukan bersama, insyaallah bisa mencapai apa saja,” kata Wagub Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin di Pariaman, Senin.

Dikatakannya, meski seluruh kawasan pesisir sudah ditanami pohon, namun di sejumlah tempat kondisinya masih belum besar dan kuat seperti yang sudah ditanam beberapa tahun lalu bahkan ada yang sudah tercapai tahun ini.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya meminta pengawasan dan pemeliharaan dari instansi terkait bekerjasama dengan pemerintah desa dan kelompok masyarakat serta nelayan agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik.

“Kalau ini tidak dijaga dan dipelihara, PLN dan pihak lain yang membantu bibit pohon akan kecewa,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya berkomitmen untuk memastikan pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat melindungi warga dan wisatawan baik dari abrasi maupun tsunami.

Selain dapat melindungi dari bencana, lanjutnya, penanaman pohon dapat menyegarkan kawasan untuk menarik kunjungan wisatawan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat kawasan tersebut.

Tercatat dalam dua tahun terakhir setidaknya ada sekitar 6.000.000 pohon yang ditanam di Pantai Pariaman dengan rincian 2.000 pada tahun 2021 dan 4.000 pada tahun 2022.

Sebelumnya PT. PLN (Persero) telah menanam 750 pohon di Pantai Ma’ruf Amin Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk mencegah bencana dan mendukung pariwisata.

“Jadi untuk penghijauan agar kawasan ini bisa terhindar dari abrasi dan mengurangi dampak angin kencang terhadap rumah warga,” kata Cipto Adi Sumartono, Senior Director of Communication and General Finance Unit Induk PLN Sumbar, di sela-sela pohon penanaman di Paraman.

Ia mengatakan, kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan kali ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan PLN di Pariaman, karena tahun lalu juga menanam 2.000 batang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button