Berita Wisata

Semakin menawan, Desa Reklamasi Selinsing ramai dikunjungi ratusan wisatawan

Belitung Timur (ANTARA) – Desa Selinsing Salvage milik PT Timah Tbk di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata di Beltim.

Pesona Kampoeng Reklamasi sebagai kawasan yang mengusung konsep ekowisata edukatif dikunjungi ratusan orang setiap bulannya. Pasalnya, salvage village menjadi salah satu tempat wisata yang diminati masyarakat.

Saat liburan, kunjungan wisatawan mencapai 50 hingga 100 orang per hari. Dalam sebulan, kunjungan bisa sekitar 500 orang.

Kepala BUMDE Selinsing Diki Apriansyah mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan sejauh ini stabil.

“Cukup stabil jumlah pengunjung per minggu pada Sabtu, Minggu 100 pengunjung dan sekitar 500 orang per bulan,” kata Diki Apriansyah.

Menurut Diki, minat masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata yang dikelola PT Timah Tbk bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tetap tinggi meski bukan musim liburan atau lebaran.

Pasalnya, kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu bekas lahan pertambangan yang disulap menjadi destinasi wisata yang menarik. Pengunjung dapat melihat pertanian, peternakan, perkebunan secara langsung dan dapat menikmati wisata bahari.

Mereka mengenakan tarif Rp 3.000/tiket bagi pengunjung yang datang, pengenaan tarif ini agar dapat terus mengembangkan kawasan wisata Kampong Reklamasi Selinsing, agar selalu ada yang baru dan mereka melakukan perawatan. .

“Alhamdulillah pendapatan tiket Bumdes bisa kembali dikelola untuk menyiapkan fasilitas lainnya,” kata Diki.

Diki mengatakan wisata Desa Selinsing Recovery dibuka pukul 13.00 WIB hingga magrib. Banyak orang datang ke kawasan ini untuk rekreasi dan selfie di beberapa spot foto.

Beberapa spot foto yang tersedia adalah dermaga, rumah panggung, villa pemancingan, kawasan hortikultura, kupi tumpa, papan nama pensil, tanda raksasa, papan ketik beton, dan kawasan peternakan.

Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai dengan tambahan mushola, rumah adat dan gazebo. Bagi yang tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman, kantin milik BUMDes Selinsing ini siap menyuguhkan menu-menu terbaik untuk memanjakan lidah Anda.

“Kami menambah sarana dan prasarana baru seperti kafe terapung,” ujarnya.

Desa Reklamasi Selingsing sudah dikenal masyarakat dan menjadi tujuan wisata untuk dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga.

“Kami menyediakan kantin untuk pengunjung dan wahana air serta spot foto yang menarik. Kedepannya juga akan kami kembangkan dengan fasilitas lain dengan layout yang lebih menarik,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button