Berita Wisata

Semakin menawan, Desa Reklamasi Selinssing ramai dikunjungi ratusan wisatawan

Beltimnews.com, BELITUNG TIMUR – Desa Pemulihan Selinsing PT Timah Tbk di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata di Beltim.

Pesona Kampung Reklamasi sebagai kawasan yang mengusung konsep ekowisata edukasi dikunjungi ratusan orang setiap bulannya. Pasalnya, kampung penyelamat menjadi salah satu tempat wisata yang diminati masyarakat.

Saat liburan, kunjungan wisatawan mencapai 50 hingga 100 orang per hari. Dalam satu bulan kunjungan bisa sekitar 500 orang.

Ketua BUMDE Selinsing Diki Apriansyah mengatakan jumlah kunjungan wisatawan sejauh ini stabil.

“Jumlah pengunjung cukup stabil, mulai Sabtu hingga Minggu, 100 pengunjung per bulan dan sekitar 500 orang per bulan,” kata Diki Apriansyah.

Menurut Diki, animo masyarakat untuk mengunjungi destinasi wisata yang dikelola PT Timah Tbk bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tetap tinggi meski bukan musim liburan atau Lebaran.

Pasalnya, kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri karena merupakan bekas kawasan pertambangan yang disulap menjadi destinasi wisata yang menarik. Pengunjung bisa melihat langsung pertanian, peternakan, perkebunan dan bisa menikmati wisata bahari.

Mereka memungut biaya sebesar Rp 3000/tiket bagi pengunjung yang datang agar dapat terus mengembangkan kawasan wisata Reklamasi Kampung Selinsing, agar selalu ada yang baru dan melakukan perawatan.

“Alhamdulillah pendapatan tiket Bumdes bisa kembali dikelola untuk penyiapan fasilitas lainnya,” kata Diki.

Diki mengatakan wisata Selinsing Recovery Village dibuka pada pukul 13.00 WIB hingga menjelang magrib. Banyak orang datang ke kawasan ini untuk rekreasi dan selfie di beberapa spot foto.

Beberapa spot foto yang tersedia adalah dermaga, rumah panggung, villa pemancingan, area hortikultura, kupi tumpa, papan nama pensil, tanda raksasa, keyboard beton, dan area peternakan.

Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai dengan tambahan mushola, rumah adat dan gazebo. Bagi yang tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman, kantin milik BUMDes Selinsing ini siap menyediakan menu-menu terbaik untuk memanjakan lidah Anda.

“Kami menambah sarana dan prasarana baru seperti kafe terapung,” ujarnya.

Desa Reklamasi Selingsing dikenal masyarakat dan menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga.

“Kami menyediakan kantin untuk pengunjung dan wahana air serta spot foto yang menarik, ke depan juga akan diperluas dengan fasilitas lain dengan tata letak yang lebih menarik,” ujarnya.

(RP PT Timah Tbk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button