Berita Wisata

SEMARANG TOUR: Keindahan Alam Bukit Cinta Banyubiru menyuguhkan pemandangan Rawa Pening

TRIBUNJATENG.COM — Rawa Pening merupakan danau alami yang terbentuk setelah dibangunnya bendungan di Sungai Tuntang sekitar tahun 1912-1916 di tanah rawa gambut.

Apalagi Danau Rawa Pening juga dikelilingi oleh lahan pertanian berupa persawahan, lahan tersebut digunakan para petani untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman pertanian.

Dibalik keindahan Danau Rawa Pening ternyata menyimpan sebuah kepercayaan masyarakat.Cerita tentang terbentuknya danau ini beredar di kalangan masyarakat sekitar Rawa Pening.

Danau yang saat ini menjadi obyek wisata ini berada di kawasan antara Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bawen, Kecamatan Tuntang dan Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Rawa ini berada di cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Lokasi tepatnya Bukit Cinta, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

“Rawa Pening sebenarnya merupakan objek wisata alam berupa danau yang terletak di 3 kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bawen dan Kecamatan Banyubiru.

Lokasinya berada di cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, jadi di bawah Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Alirannya memanjang dari sungai hingga ke dalam hutan, jika Rawa Pening tidak hanya ada di Bukit Cinta saja, juga bisa dilihat di Bejalen, Semurup, dan lain-lain. kata Hanif, salah satu penjaga Bukit Cinta.

Bukit Cinta menampilkan keindahan Rawa Pening dan menjadikannya sebagai lokasi foto yang cocok sebagai pilihan tempat wisata liburan keluarga.

Dengan lahan yang luas disini juga menawarkan wahana air seperti perahu, dengan menaiki perahu ini kita bisa menikmati kesejukan alam Rawa Pening.

Tak hanya itu, Bukit Cinta juga dilengkapi dengan museum atau goa naga yang menjadi salah satu keistimewaan tempat wisata ini.

Ada penjelasan sejarah terbentuknya Rawa Pening yang bisa menjadikan Bukit Cinta juga sebagai destinasi pendidikan anak sekolah.

Tiket masuk seharga Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 15.000 pada akhir pekan. Jangan khawatir karena tempat parkir Bukit Cinta sangat luas dan memadai.

Ada juga warung yang menjual pernak-pernik hingga jajanan khas Kabupaten Semarang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button