Tempat Wisata

Sendang Geulis Kahuripan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pernahkah anda mendengar nama objek wisata Sendang Geulis Kahuripan? Ya, tempat ini relatif baru. Tidak banyak orang yang mengetahuinya atau bahkan mengunjunginya. Namun bukan berarti tempat ini tidak menarik. Banyak juga para petualang yang mencari tempat wisata yang dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Utara, Jawa Barat ini.

Jika Anda ingin berwisata cukup jauh dari Kota Bandung, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Perjuanganmu di sana akan membuahkan hasil saat melihat keindahannya.

Kelebihan lainnya adalah tempat wisata yang Anda kunjungi ini memiliki kolam alami berukuran sekitar 7m x 12m. Bahkan terdapat kolam renang berukuran besar yang airnya bersumber langsung dari mata air Sendang Geulis Kahuripan.

Perlu diketahui, masyarakat percaya bahwa mandi di tempat wisata ini membuat tubuh lebih sehat. Badan anda yang pegal terasa segar kembali setelah berenang di kolam tempat wisata tersebut.

Fasilitas di Sendang Geulis Kahuripan

Sesampainya di lokasi, Anda akan mendapatkan kesan bahwa objek wisata ini dikelola dengan cukup baik. Pasalnya Sendang Geulis Kahuripan selain tempatnya bersih dan alami juga memiliki beberapa fasilitas seperti tempat mencuci piring, tempat ganti baju, serta warung yang menjual makanan dan minuman.

Kisah Sendang Geulis Kahuripan

Selain nama Sendang Geulis Kahuripan, sebagian orang juga pasti mendengar nama Sirah Cai Kahuripan atau Telaga Cikahuripan yang artinya “danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupan”. Namun pengertian tersebut hampir sama dengan Sendang Geulis Kahuripan, dimana kata Sendang/Sindang berarti kolam di pegunungan, sedangkan Geulis berarti “indah” dan Kahuripan berarti “hidup” dalam bahasa Sunda.

Diartikan secara keseluruhan, Sendang Geulis Kahuripan berarti kolam di pegunungan yang bersumber dari mata air segar dan menyuguhkan pemandangan indah. Tempat ini mampu memberikan kehidupan kepada masyarakat disekitarnya.

Berburu foto di Sendang Geulis Kahuripan

Tak heran jika kita pasti ingin mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto atau video di tempat wisata. Sendang Geulis Kahuripan terkenal dengan keindahannya, terutama sumber mata airnya yang indah. Airnya sangat jernih, terdapat pepohonan yang rimbun dan lokasinya di perbukitan.

Oleh karena itu, ambillah foto sesuai keinginan di tempat yang sejuk dan indah ini. Namun, tetap perhatikan keselamatan Anda sendiri dan orang lain saat mengambil foto. Banyak yang bilang tur ini Instagrammable!

Akses lokasi menuju Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan milik RPH kawasan Cikalong Wetan, BKPH Padalarang Perum Perhutani KPH Bandung Utara. Secara administratif, tempat wisata ini terletak di Desa Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Agar perjalanan tidak membosankan, ajaklah banyak temanmu. Biasanya perjalanan menjadi lebih menyenangkan jika rombongan masyarakat datang dan tidak terasa jauh jika sudah bisa mencapai tempat ini yang berjarak 10 km dari kantor Desa Banjarsari.

Biaya masuk Sendang Geulis Kahuripan

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Sendang Geulis Kahuripan

  • WIB buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 7 malam

Tips Berwisata di Sendang Geulis Kahuripan

Bagi anda yang ingin berlibur ke Sendang Geulis Kahuripan, sebaiknya rencanakan liburan anda terlebih dahulu karena perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan. Perkirakan persediaan yang Anda perlukan untuk perjalanan. Anda juga bisa menyiapkan baju ganti setelah direndam.

Tidak ada salahnya menyiapkan jaket saat berkunjung, mengingat di sini cukup dingin. Jika ingin lebih sempurna, Anda bisa membawa kamera video dan perlengkapannya untuk mengabadikan keindahan tempat wisata tersebut. Namun jika menurut Anda ponsel saja sudah cukup, maka tidak ada salahnya.

Meski biaya masuknya tergolong murah, namun jika ingin lebih berhemat, Anda bisa menyiapkan bekal di rumah untuk dinikmati nanti di lokasi. Tentu saja harga makanan dan minuman di tempat wisata akan sedikit lebih tinggi dari biasanya.

Demikian beberapa tips yang semoga dapat membantu Anda mempersiapkan liburan Sendang Geulis Kahuripan. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto yang Anda ambil di landmark melalui media sosial agar masyarakat lebih mengetahui bahwa Indonesia kaya akan tempat wisata. Liburan yang menyenangkan!

Galeri Foto Sendang Geulis Kahuripan

Selamat datang di Sendang Geulis Kahuripan
Potret Sendang Geulis Kahuripan
Potret bambu di area pintu masuk
Potret Kolam Sendang Geulis Kahuripan

Mandi di kolam renang
Potret ikan di kolam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button