Tempat Wisata

Sendang Tirta Kamandanu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Coba kunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Sendang Tirta Kamandanu. Sendang Tirta Kamandanu terletak di Desa Menang Kecamatan Pagu, sekitar 200 meter sebelah utara Pamuksan Sri Aji Jayabaya. Dianggap oleh masyarakat setempat sebagai tempat Raja Kediri, Prabu Sri Aji Joyoboyo, melakukan penyucian sebelum pergi ke alam baka, Sendang memiliki pesona yang sangat menarik. Jadi kalau di Kediri tapi tidak, sangat disayangkan. Saya tidak punya waktu untuk mengunjungi Sendang. Tirta Kamandanu.

Sendang Tirta Kamandanu saat ini banyak digunakan sebagai sarana penyucian diri sebelum berziarah ke Pamuksan Sri Aji Jayabaya. sentang atau bagaimana lebih baik disebut air mancur ini, tahun pasti penemuannya tidak diketahui, tetapi pada saat itu dibangun sebagai objek wisata, di mana prosesnya berakhir pada tahun 1983. Di keempat sudut dinding luar Sendang Di kompleks Tirta Kamandanu terdapat 4 arca Brahma, Wisnu, Bayu dan Indra. Selain itu, di beberapa tempat ada aksara Jawa yang tidak memiliki terjemahan latinnya, sehingga Anda tidak tahu apa arti aksara tersebut.

Fasilitas dan akomodasi di Obyek Wisata Sendang Tirta Kamandanu

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Fasilitas tersebut bertujuan agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata ini. Tidak jauh dari kawasan Sendang Tirta Kamandanu terdapat tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat parkir. Ada juga restoran di sini untuk pengunjung yang lapar.

Tempat ibadah juga telah disediakan bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajibannya. Tak ketinggalan toilet yang tersedia di beberapa kawasan wisata bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Selain bisa berziarah, kamu juga bisa berfoto ria di sini bersama teman atau keluarga. Tau kan, sayang banget kalau nggak mengabadikan momen kebersamaan di Sendang Tirta Kamandanu.

Berburu Foto Kekinian di Obyek Wisata Sendang Tirta Kamandanu

Jika anda ingin mengunjungi objek wisata Sendang Tirta Kamandanu bersama teman atau keluarga dan ingin berfoto disana, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa berfoto di sekitar air mancur atau di pemandian yang tidak jauh dari Sendang Tirta Kamandanu. Air mandi diperoleh dari sumur yang dipompa ke penampungan dengan pompa listrik dan dialirkan ke bak mandi. Dijamin bikin foto kamu jadi lebih keren dan up-to-date!

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Balong Keramat Darmaloka, Danau Wisata dengan Legenda Keramatnya

Akses jalan menuju obyek wisata Sendang Tirta Kamandanu

Tentunya bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan menuju Sendang Tirta Kamandanu. Jangan sampai tersesat jika ingin ke tempat wisata ini karena akan membuang waktu anda. Jalan menuju objek wisata ini wajib anda ketahui dengan baik karena sebenarnya akses jalan menuju Sendang Tirta Kamandanu cukup mudah. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. Totok Kerot merupakan rute atau cara tercepat untuk menuju ke lokasi objek wisata ini. Silakan lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Bagawan Tabari dan Pamenang yang merupakan jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, empat atau angkutan umum untuk menuju Sendang Tirta Kamandanu. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Tiket masuk tempat wisata di Sendang Tirta Kamandanu

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Wisata Sendang Tirta Kamandanu

Tips Wisata Sendang Tirta Kamandanu untuk Liburan

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak meninggalkan sampah berserakan di area objek wisata ini untuk menghormati petugas yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Anda juga bisa menyiapkan makanan atau minuman sebelum berkunjung atau membawa baju ganti jika ingin bermain air di pemandian yang tidak jauh dari air mancur. Namun yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan saat berwisata atau di Sendang Tirta Kamandanu.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Sendang Tirta Kamandanu, air mancur yang diyakini sebagai tempat penyucian diri Sri Aji Joyoboyo. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button