Berita Wisata

Sentul-Hambalang langsung membuat puncak longsor

Hambalang, investor.id — Mengingat jarak dan kemacetan lalu lintas, sebagian warga DKI Jakarta dan sekitarnya kini mengalihkan tujuan berlibur ke kawasan Sentul dan Hambalang. Kedua kawasan ini lebih dekat ke Jakarta dan tidak sepadat perjalanan ke Puncak.

Pengarang (Primus Dorimulu)

Di bawah pengawasan Harian Investor, Sabtu (21/1/2023), pukul 16.00 hingga 20.00 WIB, arus mudik Sentul hingga Hambalang cukup lancar. Mobil dapat melaju dari 10 hingga 20 km/jam. Jarak antara kota Sentul dan Hambalang sekitar 12 km dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam. Namun, setelah menempuh perjalanan 30 menit dari kota Sentul, traveler sudah bisa menemukan berbagai lokasi spot foto yang dilengkapi kafe dan restoran, mulai dari lokasi les motor hingga pengendara dan penumpang.

Pada umumnya kafe dan restoran dengan spot foto terletak di sisi barat jalan utama. Dari Sentul City ke Hambalang, restoran dan kafe terletak di sisi kanan jalan. “Banyak mahasiswa dari Jakarta dan Bogor yang datang ke sini,” kata Kevin, mahasiswa salah satu universitas negeri di Depok.

Selain kafe dan restoran sederhana, ada juga restoran dan hotel bintang empat seperti Resto & Cafe The Upper Clift Resort. Ada sejumlah vila mewah seperti Villa Aman D’sini dan vila kelas menengah seperti Richiegarden. Sementara itu, kafe dan restoran baru sedang dibangun.

Selain mengemudi, ada pelancong yang berjalan kaki. “Wah, jalan menanjak asyik, tapi jalannya terlalu sempit,” kata Ujang, pria 38 tahun yang ikut mendaki. Harian Investor.

Panorama alam di kawasan Sentul dan Hambalang sungguh indah dan bagus untuk berfoto.

Suhu udara sekitar 20-22 derajat Celcius cukup sejuk bagi pejalan kaki meski berkeringat setelah berjalan sejauh 5 km menuju KM 0, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

“Kalau jalan lebih lebar dan ada trotoar, pasti banyak turis, bahkan turis mancanegara,” kata Ujang.

Mengingat kedekatannya dengan Jakarta, kawasan Sentul dan Hambalang akan menggantikan Puncak yang lebih terpencil dan padat. Namun, jika mayoritas warga Jakarta berpindah ke dua kawasan tersebut, kemacetan di Puncak akan bergeser ke Sentul dan Hambalang. Kedua daerah tersebut berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Oleh karena itu, pelebaran jalan dan pembangunan trotoar sangat penting. (Pd)

Penerbit: Totok Subagyo ([email protected])

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button