Tempat Wisata

Sepanjang pantai: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Yogyakarta terasa sungguh istimewa, ungkapan tersebut justru layak diasosiasikan dengan provinsi dengan segala pesonanya. Kota yang terkenal dengan kuliner khas Gudeg ini tak hanya kaya akan budaya. Namun ada juga berbagai tempat wisata yang akan membuat wisatawan jatuh hati. Salah satunya adalah Pantai Panjang yang menawarkan panorama pantai yang mempesona.

Jogja memiliki puluhan pantai dengan karakteristik berbeda-beda. Karena letak geografis wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, banyak terdapat pantai-pantai indah dan eksotik. Pantai Panjang merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Gunung Kidul dengan pesonanya yang luar biasa. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sepanjang pantai

Secara administratif Pantai Panjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Jogja cukup jauh, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer atau sekitar 2 jam berkendara untuk mencapai resor pantai tersebut. Pantai ini juga merupakan rangkaian dari Pantai Kukup dan Pantai Drini.

Untuk menuju pantai ini wisatawan harus melewati jalan yang cukup terjal dan berkelok-kelok. Tikungan tajam dan tanjakan serta turunan terjal bukanlah hal yang aneh. Wisatawan harus berhati-hati jika menggunakan kendaraan pribadi. Dalam perjalanan, wisatawan disuguhi pemandangan perbukitan Gunung Kidul yang terkenal keindahannya. Terdapat sawah-sawah indah di kanan dan kirinya yang membuat perjalanan menyenangkan.

Pesona Pantai Panjang

Sesuai dengan namanya, pantai yang berada di pesisir selatan Provinsi Jogja ini memiliki hamparan pantai yang panjang. Bahkan, Pantai Panjang diperkirakan menjadi pantai terpanjang di Kabupaten Gunung Kidul. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan disuguhkan keindahan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai.

Pantai ini memiliki air laut yang cukup jernih dengan warna kebiruan, sehingga wisatawan dapat melihat dengan jelas biota laut dan bebatuan karang dari permukaan air. Berbeda dengan pantai-pantai lain di pesisir selatan Jogja yang ombaknya besar, ombaknya terbilang tenang.

Sepanjang pantai

Di sepanjang hamparan pasir putih tersebut, wisatawan bisa leluasa bermain pasir, berjemur, bermain air, atau berenang. Saat permukaan air laut sedang rendah, wisatawan juga bisa menikmati keindahan bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantai. Tak jarang ikan-ikan kecil berenang bersama dan bersembunyi di balik terumbu karang yang indah.

Saat air laut sedang surut, warga kerap memanfaatkan situasi tersebut untuk mencari kerang, rumput laut, ikan, dan alga. Sebagian besar warga memanfaatkan hasil laut untuk dikonsumsi, ada pula yang menjadikannya oleh-oleh atau oleh-oleh berbahan dasar kerang baik berupa kalung, gelang, dan lain-lain.

Pohon palem juga banyak tumbuh subur di sekitar pantai. Keberadaan pepohonan tersebut menciptakan suasana rindang dan rindang saat matahari bersinar terang. Di pinggir pantai juga terdapat pondok-pondok sederhana yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai setelah menikmati keindahan pantai.

Pantai Panjang nampaknya menjadi favorit baru bagi wisatawan pecinta pantai. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang mempesona dengan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai. Wisatawan disuguhi pasir putih bersih, angin sepoi-sepoi, dan deburan ombak laut selatan yang sesekali menerjang tepian pantai.

Kondisi pantai yang masih bersih dan alami nampaknya juga menambah keindahan Pantai Panjang. Padahal, pantai yang terletak di Kegubernuran Gunung Kidul ini dulunya bernama Pantai Kuta.

Website Banyusepuh

Terdapat sebuah situs bersejarah bernama Banyusepuh di objek wisata ini. Kata Banyu sendiri dalam bahasa Jawa berarti air, sedangkan Sepuh berarti mencuci. Konon situs Banyusepuh dulunya merupakan tempat para wali mendedikasikan benda-benda pusaka yang disakralkan.

Situs ini tersembunyi, wisatawan harus bertanya kepada warga setempat apakah ingin melihatnya. Sayangnya Banyusepuh sudah tidak dirawat lagi. Kondisi situs bersejarah tersebut saat ini menyerupai genangan air tanpa air yang ditumbuhi tanaman liar.

Baca juga: Pantai Parangkusumo, pantai dengan legenda Ratu Laut Selatan

Fasilitas sepanjang pantai

Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Berbagai fasilitas tersedia bagi wisatawan, antara lain toilet bersih, tempat parkir mobil yang luas, mushola, dan warung di sekitar pantai yang menjual makanan dan minuman. Wisatawan juga bisa menemukan restoran tak jauh dari kota pantai ini.

Usai menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat menikmati hidangan yang didominasi kuliner seafood di restoran dan warung sekitar pantai. Jika ingin bermalam, terdapat juga hotel, penginapan dan resort di sekitar pantai.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda pecinta pantai, tempat wisata ini patut Anda jadikan destinasi liburan selanjutnya. Pantai ini menawarkan panorama alam yang mempesona dengan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati lautan luas dengan ombak yang relatif tenang.

Anda bisa dengan senang hati bermain pasir putih, berenang, bermain air dan menikmati keindahan alam bawah laut di atas permukaan air. Anda bisa melihat beragam biota laut seperti ikan-ikan kecil, bintang laut, kerang, dan terumbu karang yang indah.

Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin refreshing dan melepas penat dari keseharian. Pantai Panjang sangat alami dan bersih serta tidak seramai pantai lainnya menjadi nilai tambah bagi pantai ini. Tak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa pantai ini adalah Pantai Kutanya, Jogja.

Nikmati indahnya matahari terbenam

Pantai Panjang juga menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Sunset di pantai ini terasa sangat istimewa karena topografi pantainya yang luas dan pemandangan yang tidak terhalang oleh apapun. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam.

Saat hari menjelang senja dan matahari perlahan mencapai cakrawala, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Lukisan alam seolah tercipta ketika gradasi warna langit mulai berubah, diiringi hembusan angin laut dan deburan ombak yang menerpa pasir putih. Hal ini menciptakan suasana romantis yang bisa Anda nikmati bersama pasangan.

Perburuan Foto

Jika Anda sedang mencari tempat untuk berburu foto, Pantai Panjang juga bisa Anda jadikan destinasi. Pantai ini mempunyai keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa memotret beberapa objek menarik seperti pasir putih, laut biru luas, dan bebatuan karang yang terlihat di permukaan air yang rendah.

Tempat ini juga sangat cocok dijadikan lokasi foto prewedding. Saat matahari terbenam menciptakan suasana romantis yang membuat foto prewedding semakin berkesan. Memotret keindahan alam dengan latar belakang lautan luas dan fenomena matahari terbenam tentu akan menghasilkan karya fotografi yang indah.

Wisata kuliner

Di tempat ini Anda juga bisa berwisata kuliner dan menikmati hidangan seafood yang menggugah selera. Di dekat pantai terdapat warung dan restoran yang bisa Anda kunjungi. Setelah lelah menyusuri Pantai Panjang, kini saatnya mengisi perut dengan kuliner lezat.

Jam buka dan biaya masuk untuk semua pantai

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa berkunjung kapan saja karena buka 24 jam. Untuk menikmati keindahan alam pantai ini, wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/- per orang untuk wisatawan asing dan domestik. IDR sekarang mengenakan biaya parkir untuk kendaraan roda dua. 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Peta kota-kota pesisir

Tips Menuju Pantai Panjang

  • Berhati-hatilah saat berkendara menuju pantai karena jalanan berkelok-kelok dan penuh tanjakan dan turunan terjal.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana bermain air atau berenang di pantai.
  • Berhati-hatilah saat berenang, meskipun ombak di pantai sedang tenang.
  • Selalu menjaga pantai tetap bersih dan lestari.

Galeri Foto Pantai Panjang

Potret Long Beach dari udara
Hunting foto di pasir pantai
Spot foto di bebatuan karang
Wisata keluarga ke Pantai Panjang
Potret hamparan pantai dengan pasir
Sunset di Pantai Panjang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button