Berita Wisata

Sepotong senja dan rimbunnya vegetasi pohon pinus bisa dinikmati di dua pantai di kota Probolinggo

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kota Probolinggo di Jawa Timur tidak hanya memiliki 14 mata air yang juga berfungsi sebagai tempat wisata. Kota Angin, Anggur dan Mangga ini juga memiliki dua resort pantai yang menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati senja dan pepohonan pinus yang rimbun.

Kedua pantai tersebut adalah Pantai Mayangan dan Pantai Permata. Kedua pantai ini terkenal murah. Bagi wisatawan yang berkunjung selalu ingin berlama-lama di kedua pantai tersebut.

Pantai Mayangan merupakan sebuah pantai yang terletak di pesisir utara kota Probolinggo. Jaraknya sekitar dua kilometer sebelah utara alun-alun kota Probolinggo. Nama Pantai Mayangan berasal dari lokasi pantai yang berada di desa Mayangan, di kecamatan Mayangan, kota setempat.

Senja-di-Pantai-Mayangan-Kota-Probolinggo.jpgSenja di Pantai Mayangan Kota Probolinggo (FOTO: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

Pantai Mayangan dulunya dikenal dengan nama Pelabuhan Tanjung Tembaga. Pelabuhan Tanjung Tembaga merupakan tempat berlabuhnya kapal nelayan setelah melaut, yang dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Namun seiring berjalannya waktu, perbaikan dan pengembangan telah dilakukan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur. Dan kini Pantai Mayangan bergerak ke sisi timur, atau lebih tepatnya ke kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pantai Mayangan.

Di Pantai Mayangan saat ini, selain dapat menikmati suasana senja saat matahari terbenam, masyarakat juga memanfaatkan Pantai Mayangan sebagai tempat kum-kum atau berendam di air laut. kum-kum bisa menghilangkan beberapa penyakit.

Untuk menuju Pantai Mayangan, pengunjung dapat menggunakan sepeda, sepeda motor, mobil, becak dan lain-lain. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk ke Pantai Mayangan, yakni kurang dari Rp 5.000 per orang.

Selain itu, untuk wisata kum-kum, Pantai Mayangan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemancing. Di sisi timur pantai terdapat area breakwater yang biasa digunakan untuk berfoto atau memancing.

Pantai kedua kota Probolinggo yang murah dan juga sering dikunjungi warga saat ini akhir pekan adalah Pantai Permata. Pantai Permata ini terletak di sebelah utara desa Pilang, kecamatan Kademangan, kota Probolinggo. Pantai Permata terletak di dalam laut, untuk menuju ke sana wisatawan dapat menggunakan sepeda motor, mobil atau sepeda.

Saat ini Pantai Permata Pilang dikelola oleh kelurahan Pokdarwis setempat. Pada sore hari dan saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu, pantai ini biasanya ramai dikunjungi warga.

Di Pantai Permata, warga akan terkagum-kagum dengan keteduhan pohon cemara udang. Diketahui, keberadaan cemara udang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Permata. Pohon-pohon berbaris rapi, memberikan keteduhan dari sinar matahari.

Di pantai yang juga dilintasi sungai yang cukup luas ini terdapat kawasan hutan mangrove yang biasa digunakan untuk study tour oleh para pelajar dan mahasiswa di Kota Probolinggo.

Pantai Permata Pilang ini dulunya merupakan pantai dengan keanekaragaman mangrove dan pohon pinus. Namun semuanya hilang, karena pantai Permata Pilang terkena dampak letusan Gunung Bromo pada tahun 2010 lalu.

Pantai dengan pemandangan matahari terbenam Lokasi yang indah ini terletak di desa Pilang, di kota Probolingg. Ini memiliki panjang pantai 7 kilometer.

Beberapa keindahan yang bisa dinikmati antara lain aneka mangrove, pohon cemara udang untuk spot foto, perahu, sejumlah gazebo, bumi perkemahan, wisata berburu kerang/ketebalan, dan juga dilengkapi dengan jalur sepeda atau zona siklus.

Bagi pengunjung yang ingin memasuki kawasan wisata Pantai Permata Pilang tidak perlu khawatir akan menguras kantong. Untuk menikmati suasana Pantai Permata, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Sehingga kedua pantai di kota proboinggo ini bisa menjadi salah satu tujuan liburan natal dan tahun baru Seperti yang kita ketahui kota probolinggo merupakan kota menengah yang berbatasan dengan selat madura. Karena letaknya di pesisir pantai, kota Probolinggo memiliki objek wisata pantai murah yang sering dikunjungi oleh warga kota maupun luar kota.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button