Berita Wisata

Setiap kali cuaca buruk, pantai Cemare di Lombok Barat selalu tercemar sampah

kicknews hari ini – Akibat cuaca ekstrem akhir-akhir ini, Pantai Cemare, Kabupaten Lombok Barat tercemar sampah dalam jumlah besar. Menurut warga, sampah itu terbawa arus saat air pasang.

“Hampir setiap tahun selalu seperti itu. Tanpa kepekaan masyarakat setempat untuk membersihkannya, banyak sampah yang menumpuk,” jelas Mushab, Ketua Pokdarwis Pantai Cemare, Kamis (5/1).

Diakuinya, meski sudah dibersihkan, keesokan harinya sampah akan kembali lagi ke pantai. Masyarakat juga kewalahan karena volume sampah yang cukup besar.

“Meskipun sekarang sedang dibersihkan, besok pasti akan kembali lagi saat air pasang,” kata Mushab.

Fenomena yang terjadi setiap tahun ini masih dikeluhkan oleh sebagian pengunjung yang datang ke pantai Cemare. Namun ada juga pengunjung yang paham berkat faktor alam. Yang jelas, dia akan berkoordinasi dengan dinas lingkungan dan aktivis untuk membersihkan sampah yang menumpuk.

“Kita akan bersihkan, tapi sekarang percuma, tong sampah pasti kembali lagi, kita tunggu cuaca bagus dulu,” jelasnya.

Fenomena tahunan ini juga dikecam Uang Herniati, juga seorang pedagang kuliner di daerah itu. Diakuinya, pengunjung harus sadar untuk menjaga kebersihan pantai.

“Kemarin ada pengunjung yang datang, dia tanya kenapa sampahnya numpuk di pinggir, saya tanya balik, kemarin kamu buang sampah kemana?” kata Ati.

Lalu ibu berkata dia menjawab, sampahnya dibuang ke pantai.

“Nah ibu-ibu yang buang sampah di pantai, kita yang kena dampaknya,” kata Ati takjub. (Ya)

Penerbit : Juwair Saddam

Isi laporan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button