Tempat Wisata

Setu Patok, objek wisata alam dengan cerita sejarah di Cirebon

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Mundu, Kab.Cirebon, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Tempat wisata yang murah namun tetap layak untuk dikunjungi menjadi idaman bagi sebagian wisatawan. Jika Anda berada di Cirebon, silakan mampir ke Setu Patok. Ini adalah objek wisata alternatif yang masih memiliki banyak pengunjung. Bahkan, orang selalu datang setiap hari, pada hari libur ramai.

Cirebon merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pesona alam yang indah. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membosankan, karena banyak terdapat objek wisata yang dijadikan tujuan tamasya. Karena letak geografisnya, Cirebon memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona. Air terjun, gunung, bukit, dan bahkan danau adalah target yang bagus.

Setu Patok merupakan salah satu danau yang dimaksud, lokasinya yang berada di kaki Gunung Ciremai menjamin udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Ada banyak kegiatan di sini, terutama untuk anak-anak. Pasalnya, tempat wisata di Cirebon ini dilengkapi dengan wahana permainan bernama Ciwalk.

Daya tarik Setu Patok

Daya tarik Setu PatokKredit foto: Google Maps Muhammad Saefuddin

Yang selalu membuat sebuah tempat wisata ramai pengunjung adalah karena daya pikat yang dimilikinya. Sangat penting bagi wisatawan untuk mengetahui daya tarik suatu objek wisata. Alasannya tentu untuk mendapatkan gambaran sekilas sebelum menuju ke lokasi.

1. Kisah Setu Patok

Sebelum membahas objek wisata Setu Patok lainnya, terlebih dahulu kita akan membahas tentang sejarah atau asal usul danau ini. Di Indonesia, setiap tempat memiliki cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi. Benar atau tidaknya, sampai sekarang kita tetap harus menghormati apa yang diyakini masyarakat setempat.

Keberadaan sungai atau danau ini tidak lepas dari keadaan kawasan Mundu, lokasi objek wisata ini rawan banjir akibat luapan Sungai Naggela. Warga setempat bingung bagaimana mengatasi masalah yang berulang ini. Hingga pada akhirnya seorang tokoh masyarakat bernama Kiai Ento Rujitnala membangun sebuah bendungan.

Ia merupakan keturunan Raja Luwung yang disegani oleh penduduk setempat pada zamannya. Dia akhirnya membangun bendungan yang cukup besar untuk membendung luapan Sungai Naggela. Namun sayangnya, karena banyaknya air yang masuk, bendungan tidak dapat menampungnya hingga akhirnya jebol.

Tidak terpikir olehnya cara lain sampai akhirnya dia membuat kompetisi. Kisah Setu Patok tidak lepas dari sayembara ini, dimana ia menjanjikan pernikahan putrinya yang cantik kepada siapa saja yang bisa mengatasi masalah ini. Muqoyyim Seya, dia adalah pemuda yang baru pertama kali mencoba kompetisi ini.

Muqoyyim Seya masih menggunakan bendungan yang dibangun oleh Kiai Ento Rujitnala kemudian membuat tiang pancang di beberapa tempat. Hubungkan pasak dengan benang untuk membentuk perimeter. Ia kemudian meminta menteri dan warga setempat untuk berdoa dan memberikan solusi hingga akhirnya terbentuk bendungan yang kuat hingga saat ini.

2. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik Setu Patok selanjutnya adalah pemandangan alam yang indah. Hampir seluruh lanskap terlihat hijau menyegarkan di sini. Hanya sebagian sungai yang terlihat coklat tetapi masih bersih. Perpaduan lanskap hijau dengan air danau yang tenang terlihat begitu sempurna.

Berkunjung ke sini tidak hanya untuk hiburan tetapi juga sebagai kegiatan penyembuhan dari aktivitas sehari-hari. Selain pemandangan hijau dan air danau yang tenang, Gunung Ciremai adalah pemandangan lain yang bisa dilihat. Meski tidak terlalu jelas, namun tetap terlihat eksotis dan menakjubkan.

3. Game drive tersedia

Atraksi di Setu PatokSumber Gambar: Google Maps Hanza Nadila

Sebagian besar pengunjung yang datang ke Setu Patok berasal dari kalangan keluarga. Beberapa lainnya adalah pasangan pria dan wanita muda yang ingin menghabiskan musim liburan mereka. Keluarga biasanya mengajak anak-anaknya karena banyak wahana seru di sini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada kawasan khusus bernama Ciwalk. Di sini pengunjung nantinya bisa menggunakan berbagai permainan yang disediakan. ATV adalah salah satu medan yang dilalui cukup berat. Selain itu ada juga paintball yang sangat seru jika dimainkan secara beramai-ramai atau berkelompok.

4. Lokasi strategis

Sebagus apapun objek wisata, jika tempatnya terpencil, kemungkinan besar akan sepi pengunjung. Setu Patok tidak demikian, selain tempat wisata di atas, lokasinya juga strategis. Mengunjungi tempat wisata di Cirebon dijamin tidak sulit karena lokasinya yang berada di pusat kota.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Setu PatokKredit foto: Google Maps Ofik Taufik

Untuk mengetahui lokasi yang tepat dari objek wisata alam ini, kami sengaja membahasnya di bab tersendiri. Meski penting secara strategis, tidak semua wisatawan yang ingin mengunjunginya mengetahui spot yang tepat. Untuk memudahkan Anda, tuliskan alamat lengkapnya di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Jarak dari pusat kota sekitar 12 kilometer. Cukup dekat tentunya karena Anda hanya membutuhkan waktu minimal 30 menit untuk mencapainya. Dari sekian banyak rute, yang lewat Jalan Kalijaga adalah yang paling direkomendasikan. Jika kurang yakin, gunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket masuk Setu PatokSumber Gambar: Google Maps Hanza Nadila

Berkunjung ke Setu Patok dijamin tidak akan membuat kantong Anda bolong atau bangkrut. Alasannya karena tidak ada biaya masuk ke sini, jadi bisa dibilang gratis. Biaya hanya dikenakan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Mohon siapkan 3.000 rupiah bagi yang membawa motor dan 5.000 jika membawa mobil.

Selain biaya tersebut, kamu juga perlu menyiapkan budget jika ingin menjajal wahana yang ditawarkan. Harga bervariasi tergantung kendaraan yang dipilih. Biaya perjalanan minimal 20.000 rupiah. Silakan berkunjung ke sini kapan saja tetapi lebih disarankan pada hari libur karena cukup sibuk.

Aktivitas menarik di Setu Patok

Aktivitas menarik di Setu PatokSumber gambar: Google Maps cho_soep

Ketika ingin mengunjungi suatu objek wisata, banyak sekali perhitungan yang harus dilakukan. Ini bukan hanya tentang mengetahui atraksi, lokasi, dan harga tiket. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kegiatan lokal apa saja yang menarik.

1. Piknik selama penyembuhan

Setu Patok merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang cocok untuk kegiatan piknik. Bagi yang malas melakukan aktivitas lain, bersantai di sini sangat disarankan. Bukan sekedar bersantai tentunya, tapi juga menikmati alam. Gunung Ciremai, pepohonan yang rindang dan air sungai yang tenang adalah obat yang manjur.

2. Mencoba Wahana Permainan

Kegiatan selanjutnya adalah mencoba permainan yang disediakan. Padahal, tidak seberapa jika dibandingkan dengan wisata lain yang secara khusus menawarkan wahana. Namun, keberadaan ATV dan paintball bisa cukup untuk mengisi waktu liburan. Apalagi dengan anak-anak, kegiatan ini dijamin membuat mereka lebih bahagia.

3. Memancing

Memancing adalah kegiatan menarik lainnya di Setu Patok yang tidak boleh Anda lewatkan. Bahkan, tidak ada ikan besar di sini karena beberapa di antaranya dihuni oleh ikan air tawar seperti ikan mujair, nila, dan ikan gabus. Namun memancing dijamin akan membuat anda merasa lebih nyaman dan tidak bosan karena anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar tempat tersebut dan menghirup udara segar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Setu PatokKredit foto: Google Maps Hidayat Angga Nugraha

Bagaimana dengan fasilitas yang disediakan, apakah sudah lengkap? Jangan khawatir, tempat wisata ini dikelola dengan baik, sehingga banyak fasilitas penunjangnya. Yang pertama adalah tempat parkirnya yang cukup luas dan mampu menampung ratusan kendaraan sekaligus. Ada juga toilet dan warung makan yang berjejer rapi di pintu masuk.

Tidak dapat disangkal bahwa Indonesia adalah surga bagi wisatawan. Pasalnya, banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, bahkan tersebar merata di setiap daerah. Setu Patok hanyalah salah satunya yang memiliki segudang pesona. Tempat wisata ini cocok sebagai alternatif liburan bagi mereka yang memiliki budget pas-pasan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button