Berita Wisata

[SIARAN PERS] Momentum Hari Nusantara Berarti Kekuatan Maritim Indonesia

Selasa, 13 Desember 2022 | 21:02 WIB

Penerbit: Taofiq Raouf

konferensi pers
Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik

Kementerian Komunikasi dan Informatika
Selasa, 13 Desember 2022

Tentang

Momentum Hari Nusantara Berarti Kekuatan Maritim Indonesia

Memperingati Hari Nusantara setiap tahun merupakan bagian dari upaya untuk terus mengobarkan semangat bahwa Indonesia adalah salah satu negara maritim terkuat di dunia. Kekuatan ini telah menjadi bagian dari perjuangan bangsa Indonesia sejak lama.

Demikian disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia saat pembukaan peringatan Hari Nusantara 2022 yang berlangsung di Wakatobi, Selasa (13/12/2022).

“Saya berharap seluruh lapisan masyarakat dapat memaknai nilai laut yang telah lama menjadi bagian dari perjuangan bangsa Indonesia melalui peringatan Hari Nusantara yang diperingati setiap tahun,” tandasnya.

Bahlil mengungkapkan selama 65 tahun para pendahulu Indonesia yang digagas Djuanda telah melahirkan gagasan baru untuk wilayah nusantara yang sangat luas. Padahal pada awalnya, selain wilayah daratan, Indonesia hanya memiliki jarak 3 mil dari pesisir wilayahnya yang sangat luas.

Namun karena kecerdasan dan tekadnya untuk melihat peluang guna memperluas wilayah Indonesia, tim yang dikenal dengan Deklarasi Djuanda melakukan lobi dan perhitungan khusus hingga 13 mil.

Bahlil Lahadalia menuturkan, upaya tersebut kemudian menjadi langkah besar yang kemudian diakui dunia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1982. Dengan demikian, luas Indonesia saat ini sekitar 1,9 juta km2 daratan dan sekitar 6,4 juta km2 daratan. laut. .km2 juta.

“Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau, dengan garis pantai sepanjang 81.000 km. Indonesia merupakan salah satu wilayah (pantai) terbesar di dunia,” ujarnya.

Kepala BKPM melanjutkan, letak wilayah Indonesia yang luas, memiliki begitu banyak pulau dan garis pantai yang luas, merupakan potensi ekonomi yang jika dimanfaatkan akan memberikan hasil yang maksimal.

Ia menjelaskan, pemerintah pusat terus mendorong pengembangan kawasan pesisir dalam rangka pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia dan bagaimana mengoptimalkan potensi yang ada.

Jelas, katanya, lapangannya sangat luas sehingga melihat perkembangan ekonomi global, hampir setiap negara berbicara tentang ekonomi hijau.

“Kalau kita bicara ekonomi hijau, kita bicara karbon, pesisir merupakan salah satu penghasil karbon terbesar, melalui mangrove dan terumbu karang”, pungkasnya.

Layanan Penerbitan Nomor Induk Bisnis Online (BIN) Gratis

Kementerian Penanaman Modal/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan layanan gratis untuk penerbitan Nomor Induk Berusaha (BIN) secara daring pada Pameran UMKM yang merupakan bagian dari acara Hari Nusantara 2022 di Wakatobi.

“Dalam expo UMKM ini, kami mengundang masyarakat dari Wakatobi dan Sulawesi Tenggara pada umumnya untuk mengunjungi booth BKPM Kementerian Penanaman Modal untuk menerbitkan NIB-nya,” kata Deputi Bidang Penanaman Modal BKPM Bidang Promosi Penanaman Modal, Nurul Ichwan di Wakatobi, Selasa ( 13/12/2022).

NIB merupakan identitas yang harus dimiliki pelaku usaha dan merupakan tanda usaha bankable untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank.

Selain berfungsi sebagai identitas usaha, NIB juga berlaku sebagai Tanda Daftar Usaha (TDP), Angka Pengenal Impor (API), akses kepabeanan.

Apalagi jika pemilik usaha tersebut bergerak di bidang ekspor dan impor, artinya dengan memiliki BIN, pemilik usaha tidak perlu lagi mengurusi ketiga persyaratan izin usaha tersebut. Masa berlaku NIB adalah selama pelaku ekonomi melakukan kegiatannya.

Tidak ada biaya untuk proses pembuatan BIN gratis, sehingga pedagang tidak perlu lagi khawatir untuk membuat dokumen hukum komersial.

Pada Juli 2022, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BPKM menerbitkan total 1.552.994 Nomor Induk Berusaha (BIN) melalui sistem single online submission di seluruh Indonesia. Mayoritas penerima NIB adalah usaha kecil dan mikro (UKM).

Acara puncak Hari Nusantara 2022 akan digelar di Marina Togo Mowondo, Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Hari Nusantara 2022 mengusung tema “Meningkatkan ekonomi maritim melalui kerjasama investasi berkelanjutan agar Indonesia tumbuh lebih kuat”.

Acara dimeriahkan dengan parade perahu 1.000 orang, penghargaan kelautan dan maritim nasional, peluncuran Smart Fisheries Village (SFV), expo UMKM, serta panggung hiburan rakyat. Beberapa kegiatan juga telah dilakukan seperti kegiatan bersih laut, pelayanan kesehatan, kampanye Suka Makan Ikan, forum investasi, penanaman mangrove, pelepasan bayi baru lahir, dll.

Keseluruhan rangkaian kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama dan upaya pemerintah pusat dengan kementerian dan lembaga terkait untuk dapat meningkatkan nilai-nilai kehidupan masyarakat pesisir.

Pemilihan Wakatobi sebagai tempat penyelenggaraan acara Hari Nusantara 2022 bukan tanpa alasan. Bahlil Lahadalia menjelaskan, Wakatobi memiliki potensi bahari yang kaya selain sebagai taman laut nasional terbesar kedua di Indonesia.

“Potensi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini pemerintah terus menggenjot investasi di Provinsi Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

***

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak dibawah ini.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika – Usman Kansong (0816785320).

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button