Tempat Wisata

SIKUNIR HILL Tiket & Aktivitas Januari 2023

Biaya masuk ke Bukit Sikunir Dieng: Rp 15.000. Jam buka: 02.00 – 18.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat : Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56354.

Menyebutkan Tanah di atas awan untuk Dataran Tinggi Dieng tidak salah. Tempat ini menawarkan berjuta pesona keindahan dataran tinggi yang eksotik. Banyak tempat yang akan memanjakan mata pengunjung, salah satunya adalah Bukit Sikunir Dieng.

Bukit Sikunir merupakan salah satu destinasi terpopuler di Dataran Tinggi Dieng. Karena puncak bukit merupakan tempat terbaik untuk menikmati golden sunrise. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daerah berduyun-duyun untuk melihatnya secara langsung.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Dieng

Untuk menikmati keindahan alam yang mempesona ini, tiketnya sangat murah. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek beberapa ribu untuk menikmati keindahan panorama di kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Dieng
tiket masuk Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

Jam buka Bukit Sikunir Dieng

Anda tidak perlu khawatir dengan jam operasionalnya, Bukit Sikunir buka mulai pukul 02:00 hingga 18:00 WIB.

jam buka
Setiap hari 02.00 – 18.00 WIB

Pesona dan daya pikat bukit ini memang luar biasa. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan wisatawan di sini.

Menikmati golden sunrise di bukit Sikunir Dieng

Golden Sunrise di Bukit Sikunir, DiengKeindahan matahari terbit yang sinar keemasannya dapat dilihat disini. Foto: Google Maps/Yopie Widianto

Kawasan perbukitan selalu menyuguhkan keindahan dan kesejukan alam, begitu pula dengan Bukit Sikunir. Walaupun harus mendaki untuk mencapai puncak, itu tidak menjadi masalah. Keindahan golden sunrise menjadi obat penat yang ampuh bagi wisatawan.

Golden Sunrise adalah pancaran sinar keemasan matahari pagi yang baru saja muncul dari peraduannya. Merupakan momen yang sangat spesial untuk dapat menikmati salah satu keindahan alam tersebut. Fenomena ini juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan melalui rasa syukur atas karunia-Nya.

Untuk menikmati golden sunrise, pengunjung harus berangkat sebelum matahari terbit. Jangan khawatir sepi, karena pada pukul 3.00 WIB sudah banyak turis yang beraktivitas di sana. Jalan kaki 30 menit dari pintu masuk, wisatawan sampai di Bukit Sikunir.

Baca: Tiket Masuk GROJONGAN Sewu dan 6 Kegiatan Pilihan

Rasakan kesejukan, resapi suasana dan nikmati keindahannya. Tidak mungkin mengungkapkan kekaguman yang berterima kasih. Kata-kata tidak cukup untuk menjelaskan semua berkat ini.

Keindahan Telaga Cebong di Bukit Sikunir

Danau Cebong DiengKeindahan Danau Cebong di Kawasan Wisata Bukti Sikunir. Foto: Google Maps/Aji Pras

Turun dari Bukit Sikunir, tak hanya bisa menikmati kuliner khas Dieng. Tapi cari juga tempat lain yang lebih eksotis. Tempat itu bernama Telaga Cebong.

Untuk menikmati eksotisme danau ini, pengunjung harus datang pada pagi hari. Pasalnya, birunya langit pagi yang pecah di permukaan air danau menimbulkan kekaguman. Berfoto selfie saat ini merupakan tambahan untuk mengagumi keindahan yang terlihat.

Dengan kedalaman antara 2 hingga 4 meter, danau ini mengundang Anda untuk memancing. Agar ekosistem Danau Cebong terjaga dengan baik, berlaku aturan khusus. Yakni aturan berupa larangan menangkap ikan dengan jaring, racun dan bom.

Baca: Tiket Masuk Tawangmangu Sekipan Hill & 9 Wahana Keren

Cobalah Kuliner Bukit Sikunir Dieng

Puas menikmati golden sunrise, kini saatnya turun dan kembali. Kelaparan akan mereda dengan mudah setelah perjalanan ini. Ada beberapa warung di dekat tempat parkir yang menyediakan makanan untuk mengisi perut Anda.

Tempe khas dieng

Banyak makanan khas dieng yang tersedia, seperti tempe kemul, mie ongklok dan semur kentang. Tempe Kemul juga dikenal sebagai Tempe Mendoan di daerah lain. Tempe kemul adalah tempe yang dilapisi tepung kemudian digoreng.

Sebelum digoreng, tempe terlebih dahulu dipotong tipis-tipis. Tepung yang terkandung juga disajikan dengan potongan daun bawang. Saat menggoreng, tepung yang menutupi tempe mengembang dan kemudian digoreng hingga garing.

Dari sinilah istilah Tempe Kemul berasal. Jadi tempe itu seperti “kemulan” atau dalam bahasa Indonesia artinya selimut. Karena tempe kemul lebih banyak tepungnya dibanding tempe.

Baca: Tiket Masuk & Pesona Telaga Menjer Dieng

semur kentang khas Dieng

Tak heran jika semur kentang menjadi salah satu olahan khas Dataran Tinggi Dieng. Salah satu alasannya adalah kentang merupakan sayuran yang paling banyak ditanam di kalangan petani Dienger. Rebusan kentang memiliki rasa yang unik karena merupakan perpaduan antara manis dan pedas.

Mie ongklok khas Dieng Wonosobo

Selain semur ubi dan tempe kemul, ada lagi kuliner khas Dieng. Namanya Mie Ongklok, disebut Mie Ongklok karena proses penyajiannya. Jadi mie dicampur dengan potongan daun bawang dan kol sebelum disajikan.

Mie dan sayuran disiapkan dalam sendok bambu. Kemudian campuran mie dan sayuran tersebut dicelupkan ke dalam air mendidih di dalam sendok bambu. Proses pewarnaan ini memakan waktu beberapa menit.

Nah, proses ini disebut Ongklok. Setelah proses ongklok selesai, mie dan sayuran ditaruh dalam mangkuk. Tidak berhenti sampai di situ, saus hangat bercampur dengan pasta di dalam mangkuk.

Baca: Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng dan Aneka Pesonanya

Mie kuah ongklok terbuat dari tepung kanji, campuran gula aren, bumbu halus dan udang kering. Sebagai tambahan untuk menambah cita rasa, tambahkan bumbu kacang pada mie ongklok. Sebagai tambahan bumbu utama tersebut, tambahkan merica dan bawang goreng jika perlu.

Mie kuah ongklok begitu segar, itu karena campuran ebi sebagai bumbunya. Dalam semua kombinasi, mie ongklok memiliki cita rasa gurih, manis, pedas dan kenyal. Sate sapi merupakan lauk pelengkap mie ongklok.

Tanaman Bukit Sikunir Dieng

Tidak hanya di bagian bawah, fasilitas di puncak Bukit Sikunir juga cukup lengkap. Pengunjung bisa sholat subuh di puncak Bukit Sikunir. Ini karena ada mushola dan tempat wudhu.

Baca: Tiket Masuk & Pesona Telaga Varna Dieng

Lokasi Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir masih masuk dalam wilayah Wonosobo-Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat wisata ini sangat mudah, dari desa Sembungan anda tinggal mencari petunjuk arah menuju Bukit Sikunir. Alamat Kebun & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button