Berita Wisata

Simak 7 rekomendasi tempat wisata Kebumen yang cocok untuk pecinta alam

Bisnis.com, JAKARTA – Kebumen adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Kawasan ini memiliki sejuta pesona dan pemandangan alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dan tempat keren Kebumen.

Wisata Kebumen memiliki banyak tempat keren mulai dari situs budaya, situs sejarah, spot foto kekinian, pantai yang indah hingga air terjun yang sangat bagus untuk disaksikan dan tentunya bisa menghilangkan penat dari pekerjaan.

Berikut beberapa kunjungan Kebumen yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Pantai Surumanis

Tempat ini menawarkan pemandangan perbukitan, bebatuan dan laut yang indah dengan ombak yang tenang. Warna karangnya yang coklat dan hitam membuat pantai ini menjadi spot foto yang bagus.

2. Bukit Pentulu Indah, Karanggulung

Tempat wisata ini memiliki legenda dimana sebelumnya disebutkan bahwa kawasan ini terbentuk akibat surutnya air laut selama jutaan tahun. BPI Karangsembung memiliki tempat wisata yang menenangkan pikiran. Tempatnya sangat tenang ditambah dengan udara segar.

3. Wisata Alam Jembangan

Jembangan merupakan objek wisata yang saat ini juga terkena dampak di Kebumen. Di tempat ini Anda bisa berfoto di atas jembatan. Untuk fasilitas ada tempat duduk di pinggir kolam Jembangan. Di tempat ini juga tersedia sepeda air, perahu hingga kebun binatang mini.

4. Curug Silancur

Air terjun ini berada di ketinggian 25 meter dan memiliki jalur bebatuan yang dipenuhi ilalang. Jalan yang hanya dapat digunakan oleh satu orang memerlukan perhatian khusus agar tidak tergelincir. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dibanding yang lain.

Jika air terjun tersebut memiliki tempat penampungan air, air terjun ini jatuh di atas batu besar dan menghasilkan cipratan air. Jika matahari bersinar cerah, Anda akan melihat pelangi di percikan air yang terbawa angin.

5. Gua Jatijajar

Di goa ini dibuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung masuk ke goa Jatijajar. banyak bebatuan besar dan ornamen alam di dalam goa. Selain itu, ada pagar pembatas sehingga wisatawan tidak perlu takut jika salah jalan. Wisatawan dapat menikmati waktu istirahatnya dengan menikmati keindahan alam goa sambil menikmati keindahan dan kesejukan udara didalamnya.

6. Cagar Geologi Karanggulung

Cagar alam ini dikelola oleh Pusat Konservasi dan Informasi Kebumian LIPI. Fungsi utama cagar alam ini adalah melindungi kelestarian geologis dan manfaat lainnya di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Pelajar dan universitas datang ke sini untuk melakukan penelitian atau studi lapangan.

Tidak hanya itu, cagar alam ini juga banyak dikunjungi oleh masyarakat umum untuk berwisata. Cagar alam ini memiliki 32 situs geologi. Situs geologi ini dapat didasarkan pada letak geografisnya 120 juta tahun yang lalu.

7. Rafting Padégolan

Destinasi wisata ini membutuhkan banyak kekuatan fisik dan mental karena wisatawan harus bisa menahan perahu karetnya di arus sungai. Meski begitu, kegiatan itu menyenangkan untuk dilakukan dan karena itu bisa menjadi pengalaman.

Arung jeram di sini memiliki 2 rute yaitu landai dan menantang. Wisatawan bisa memilih variasi tersebut sesuai dengan kemampuannya. Bermain arung jeram sangat cocok dilakukan saat cuaca panas karena air di sungai ini sangat jernih dan menyegarkan.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di kebumen yang wajib anda kunjungi.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button