Berita Wisata

Simak fakta unik Semeru, gunung tertinggi di Jawa yang meletus dan berstatus waspada! : Perjalanan okezone

Gunung Semeru di Jawa Timur terjadi erupsi lagi, Minggu (4/12/2022) sejak pukul 02.46 WIB. Awan panas akibat longsoran terus meluncur hingga 7 kilometer dari puncak. Akibatnya, ribuan warga mulai mengungsi.

Status Gunung Semeru kini berubah dari Level III (Waspada) menjadi Level IV atau Awas per pukul 12.00 WIB.

Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (MDPL) merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak tertinggi disebut Mahameru. Semeru merupakan salah satu gunung favorit para pendaki karena menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

BACA JUGA:Garut Diguncang Gempa Besar, Temukan 20 Tempat Wisata Indah di Swiss Van Java

Gunung ini terbentuk akibat penunjaman Lempeng Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Menggambar

Ranu Kumbolo di Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki pesona dan pesona tersendiri. Tak heran jika gunung ini dijadikan lokasi syuting film 5cm yang sempat menjadi trending topik di kalangan anak muda Indonesia. Sejak penayangan film tersebut, semakin banyak pendaki gunung yang datang untuk menikmati keindahan gunung ini.

Sejak lama, pesona Gunung Semeru memiliki daya tarik yang membuat para pendaki dari pelosok nusantara datang silih berganti untuk membuktikan sendiri kebenarannya. Puncak bernama Mahameru ini dikenal sebagai Puncak Abadi Para Dewa.

Mahameru hanya bisa dikunjungi maksimal pukul 10 pagi.

Karakter unik Gunung Semeru

Selain memiliki pesona dan daya tarik, Gunung Semeru juga memiliki salah satu kekhasan yaitu kawahnya yang masih mengeluarkan letusan secara periodik setiap 15-20 menit sekali sehingga menimbulkan kepulan asap abu bahkan terkadang bercampur kerikil di udara.

Untuk dapat mendaki ke puncak Mahameru dibutuhkan persiapan fisik dan logistik yang matang, serta pengetahuan pendakian yang memadai. Di puncak Gunung Semeru, Anda bisa melihat panorama Kawah Jonggring Saloko yang merupakan kawah tertinggi Gunung Semeru.

Baca juga : Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, catat tanggalnya!

Kawah ini memiliki kubah setinggi 3.744,8 m di bagian selatan yang membelah bibir kawah sehingga menyebabkan aliran lahar di sepanjang tepi selatan menuju ke daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini juga kaya akan vegetasi dan menjadi habitat berbagai jenis satwa liar. Di sepanjang jalan, di beberapa tempat Anda bisa menemukan bunga edelweis dan anggrek endemik Semeru.

Menggambar

Tak hanya itu, Anda juga bisa bermalam di tepi Ranu Kumbolo yang dijuluki surganya Gunung Semeru, setelah setengah perjalanan pendakian.

Saat cuaca cerah, bintang-bintang yang muncul dari danau ini seakan bisa dicium. Sesampainya di Kalimati, Anda akan disuguhkan pemandangan epik Puncak Mahameru yang akan memantik keseruan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button