Berita Wisata

Sirah Kencong Blitar, 4 sensasi liburan berbeda dalam 1 kawasan

Blitar rupanya menyimpan berbagai wisata alam indah yang memanjakan mata. Tak hanya pantai, wisata dataran tinggi yang menenangkan juga menjadi incaran wisatawan yang datang, lho.

Salah satu destinasi yang paling terkenal di Blitar adalah Sirah Kencong. Terletak di desa Ngadirenggo, kecamatan Wlingi, wisata ini menawarkan empat sensasi liburan yang berbeda di sebuah kawasan wisata.

Jika Anda sedang berada di Blitar, cobalah berkunjung ke Sirah Kencong dengan menyimak informasi wisata lengkap di bawah ini. Bersiap menyegarkan dengan senang hati di sini, ya!

1. Perkebunan teh terbesar di Blitar, Jawa Timur

Sirah Kencong Blitar, 4 sensasi liburan berbeda dalam 1 kawasan wisataPerkebunan teh Sirah Kencong. (instagram.com/adhipraastyo)

Spot utama Sirah Kencong adalah perkebunan teh. Dengan luas 219 hektar, perkebunan teh ini merupakan yang terluas di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Hamparan perkebunan hijau yang sangat asri siap memanjakan mata dan membuat betah berlama-lama. Adanya fasilitas tambahan seperti pos jaga dan pos pengamatan juga menambah kenyamanan dan memudahkan pengunjung untuk mengambil foto yang indah.

Apalagi perkebunan teh ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika udara pegunungan sangat segar meski tengah hari. Tak perlu merogoh kocek banyak, masuk ke Sirah Kencong hanya Rp 5.000.

2. Air terjun yang indah dengan akses yang mudah

Sirah Kencong Blitar, 4 sensasi liburan berbeda dalam 1 kawasan wisataAir Terjun Sirah Kencong. (dok. IDN Times/Egydia Artamevia)

Tidak jauh dari perkebunan, Anda akan menemukan banyak tanda yang mengarah ke air terjun Sirah Kencong. Rute ini cukup mudah, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke lokasi air terjun yang indah.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 10 meter dan dikelilingi oleh bebatuan dan pepohonan yang masih utuh. Tidak hanya itu, Anda juga akan melihat banyak bunga yang tumbuh di sekitar air terjun. Berfoto dan bermain di air tawar selalu menjadi aktivitas favorit saat Anda singgah di Air Terjun Sirah Kencong.

Di area air terjun ini juga terdapat gazebo dan warung makan. Jangan khawatir tentang kelaparan, karena Anda dapat memesan makanan ringan dan minuman panas di sini dengan harga yang terjangkau. Untuk masuk ke air terjun, harganya Rp 6.000.

3. Berhenti di kuil Sirah Kencong . yang kaya akan sejarah

Sirah Kencong Blitar, 4 sensasi liburan berbeda dalam 1 kawasan wisataPura Sirah Kencong. (instagram.com/retymeinindasari)

Saat Anda berjalan melewati perkebunan teh yang luas, Anda juga akan menemukan kuil Hindu. Dilansir dari situs resmi Direktori Pariwisata, candi Sirah Kencong ditemukan pada tahun 1967 oleh pekerja perkebunan. Sayangnya, kondisi candi saat itu sudah runtuh dan tidak utuh lagi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Candi ini terdiri dari tiga bangunan dengan relief ramping yang indah dan berisi cerita sejarah. Relief pertama menceritakan Bubuksahganggangaking dan relief kedua menceritakan Samodramanthana. Sedangkan relief ketiga menggambarkan Bima sedang mencari Tirthamanthana. Alam yang mengembara bisa sekaligus belajar sejarah di sini.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Pagi di Blitar Cocok untuk Menu Sarapan Anda!

4. Bagus berkemah di Brak Papat

Sirah Kencong Blitar, 4 sensasi liburan berbeda dalam 1 kawasan wisataBrak Papat Sirah Kencong. (instagram.com/deaatmaji)

Spot epik terakhir ini menjadi favorit para pecinta alam. Berjalan sekitar satu jam dari perkebunan teh, Anda akan tiba di Brak Papat.

Brak Papat adalah titik tertinggi dari perkebunan teh Sirah Kencong. Dari Brak Papat, Anda dapat menikmati pedesaan perkebunan teh lebih jelas dan sangat indah.

Lokasi ini sering digunakan untuk berkemah oleh wisatawan yang datang. Selain tempatnya yang luas, pemandangannya lampu kota di malam hari juga Matahari terbit Keindahan pemandangan pagi juga menjadi daya tarik lain untuk camping di Brak Papat.

Panorama Gunung Kelud yang terlihat sangat jernih dari sini juga menjadi favorit para pecinta fotografi untuk berfoto-foto menawan. Tiketnya gratis, lho!

5. Jalan menuju kawasan Sirah Kencong

Sirah Kencong Blitar, 4 sensasi liburan berbeda dalam 1 kawasan wisataJadwal Perjalanan Sirah Kencong. (instagram.com/kurniawan_dony)

Kawasan Sirah Kencong berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Blitar. Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju kawasan wisata ini.

Rute pertama, yaitu melalui Desa Wisata Semen. Dari kawasan Kota Blitar, Anda dapat melakukan perjalanan keliling Kecamatan Wlingi hingga melewati Pasar Desa Semen. Kemudian belok kanan ke Sirah Kencong.

Rute kedua melewati Kawedanan Wlingi menuju Tegalsari. Dari kawasan Kota Blitar, menuju ke arah Kawedanan Wlingi, lalu terus ke utara menuju Tegalsari. Selanjutnya belok kiri di pertigaan Tegalsari, lalu ikuti rambu yang melewati Perkebunan Sengon, Pabrik Susu, hingga sampai di Serah Kencong.

Jangan khawatir, akses menuju Sirah Kencong sudah diperbaiki dan sangat mudah dilalui dengan kendaraan pribadi. Tidak perlu gugup, oke!

Anda bisa menikmati panorama yang indah dengan berbagai pilihan spot yang melimpah dengan harga murah di Sirah Kencong. Perasaan liburan yang segar dan mengasyikkan tentu akan membantu Anda melupakan semua masalah Anda untuk sementara waktu. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi Sirah Kencong?

Baca juga: 5 Mal Terlengkap di Blitar, Awas Gila!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button