Tempat Wisata

Situ Babakan, Nikmati pesona alam sambil mengenal budaya Betawi di Jakarta

Situ Babakan, Nikmati pesona alam sambil mengenal budaya Betawi di Jakarta
Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 09.00 – 16.00 WIB, Alamat: Srengseng Sawah, Kecamatan. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Situ Babakan atau Setu Babakan adalah sebuah danau di Jakarta Selatan. Danau ini memiliki luas sekitar 129 hektar dan menjadi destinasi wisata populer. Tempat ini selain menjadi tempat wisata juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi karena terdapat beberapa perkampungan tradisional Betawi di sekitar danau.

Danau ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi pepohonan rindang. Terdapat jalur jogging dan trekking di sekitar danau bagi pengunjung yang ingin berolahraga sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, danau yang menjadi tujuan wisata ini juga menjadi pusat kegiatan olahraga air seperti berperahu dan memancing.

Namun bukan itu yang utama, melainkan kampung adat atau kampung Betawi yang saat ini masih menjaga tradisi dan budayanya. Wisatawan bisa melihat langsung seperti apa kehidupan di desa ini dan juga menyaksikan adat istiadatnya. Selain itu, di sini Anda akan menemukan banyak makanan khas Betawi yang dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang.

➥ Cek penawaran hotel di Jakarta Selatan

Daya tarik Situ Babakan

Shutterstock Daya tarik Situ BabakanFoto oleh Yosandi17 di Shutterstock

Di tengah kota metropolitan yang sibuk dan padat, Situ Babakan masih sayang untuk dilewatkan. Meski jumlah wisatawannya tidak sebanyak tempat wisata lainnya, namun tetap saja ada orang yang datang setiap harinya. Pasalnya, banyak daya tarik mulai dari keindahan alam hingga nilai budaya.

✦ Kecantikan alami

Sebenarnya kurang bagus, tapi karena lokasinya di Jakarta, tempat ini seperti oase di tengah gurun pasir. Jika sebagian besar kawasannya dipenuhi gedung-gedung menjulang tinggi, objek wisata populer ini justru menyuguhkan pemandangan hijau dari pepohonan. Di tengahnya terdapat sebuah telaga dengan air yang tenang dan cukup jernih.

Pepohonan rindang ini mengelilingi seluruh tepian Situ Babakan sehingga terlihat semakin asri. Bentuk danau yang berkelok-kelok semakin menjadi fokus, pemandangan hijau mengikuti bentuk danau. Tak hanya memberikan pemandangan hijau, vegetasi di sini juga menyejukkan suasana, udara pun terasa menyegarkan.

✦ Pelestarian budaya Betawi

Daya tarik telaga cantik ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja, bahkan bisa dikatakan itu bukanlah hal yang utama. Pelestarian tradisi Betawi menjadi salah satu daya tarik utama yang menarik wisatawan. Salah satu upaya konservasi yang disebutkan adalah dengan melakukan renovasi terhadap rumah adat yang kondisinya sudah tidak bagus lagi.

Untuk melestarikan seni dan budaya Betawi, sering diadakan pelatihan seni di Situ Babakan. Contohnya termasuk tari, musik dan teater. Tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan seni dan budaya Betawi kepada masyarakat sekitar, khususnya generasi muda yang kini mulai melupakan budayanya.

✦ Pusat Kuliner Betawi

Bagi Anda yang belum pernah mencoba lezatnya kuliner khas Betawi, tempat wisata unik di Jakarta yang satu ini wajib Anda kunjungi. Di sini terdapat area khusus yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman khas. Luas lahan zona ini diperkirakan 3.700 meter persegi dengan jumlah pedagang kuliner sebanyak 250 orang.

Beberapa masakan khas Betawi di Situ Babakan adalah Sate Blauran, Sop Konro Karebosi dan tentunya kerak telor. Harganya sendiri masih standar untuk tempat wisata pada umumnya, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Namun Anda pasti tidak akan kecewa dari segi rasa, karena sangat enak dan menggugah selera.

✦ Museum Kebudayaan Betawi

Museum Kebudayaan Betawi menjadi atraksi selanjutnya yang cukup menarik untuk dibicarakan. Seperti museum pada umumnya, terdapat berbagai macam koleksi benda di sini. Barang-barang tersebut antara lain pakaian adat, alat musik tradisional, senjata tradisional, barang antik, lukisan dan barang-barang rumah tangga.

Selain itu, museum di Situ Babakan juga menyimpan berbagai dokumen dan foto terkait sejarah dan budaya Betawi. Menariknya, ada berbagai fasilitas yang tersedia bagi pengunjung selama berkunjung. Misalnya ruang pameran, ruang pertunjukan, ruang belajar, dan ruang administrasi. Museum ini juga memiliki area terbuka yang digunakan untuk pertunjukan seni dan festival budaya.

➥ Voucher Petualangan ATV Indonesia

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Shutterstock Situ BabakanFoto oleh Photogeratphy di Shutterstock

Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata ini karena lokasinya yang sangat strategis. Meski berstatus perkampungan adat, namun tetap saja berada di tengah perkotaan. Alamatnya sendiri adalah Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Jarak dari pusat kota Jakarta Selatan sekitar 17 kilometer, jadi tidak terlalu jauh.

Jarak tempuh menuju Situ Babakan umumnya memakan waktu sekitar 30 menit dengan kecepatan rata-rata. Rute terbaik jika Anda berangkat dari Jakarta Selatan adalah melalui Jalan Pangeran Antasari. Agar lebih cepat silakan menggunakan jalan tol lalu keluar dan menuju Jalan TB Simatupang.

Jalur selanjutnya menuju Jalan Lenteng Agung Raya hingga sampai di Universitas Pancasila. Dari sini tujuan wisata berjarak sekitar 3 kilometer. Lanjutkan mengikuti rute utama mengikuti rambu. Anda sebenarnya bisa mengambil jalur alternatif di desa tersebut, namun hal ini tidak disarankan karena membingungkan.

Mengunjungi Situ Babakan tidak akan menguras kantong karena biaya masuknya mahal. Objek wisata populer ini tidak memungut biaya masuk apapun bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Hanya mereka yang membawa kendaraan bermotor saja yang harus membayar biaya parkir. Kunjungan dapat dilakukan kapan saja karena desa ini buka setiap hari hingga sore hari.

➥ Tiket Masuk Jakarta Aquarium dan Safari

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Situ BabakanFoto oleh DH Saragih di Shutterstock

Melihat tempat-tempat wisata di atas mungkin bisa memberi Anda gambaran sekilas tentang hal-hal menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi danau di tengah kota ini. Karena tujuanmu bukan hanya danau tapi juga lingkungan sekitar desa, kamu bisa melakukan aktivitas berikut ini!

1. Menikmati pemandangan alam

Situ Babakan memiliki keindahan yang serba alami di tengah kota metropolitan. Anda bisa menikmati pemandangan ini sambil bersantai di tepi danau. Hijaunya pepohonan membuat Anda lebih rileks, anggap saja sebagai penyembuhan. Air danau yang tenang menenangkan hati dan pikiran lelah sejenak terlupakan.

2. Olah raga di sekitar Situ Babakan

Sebelum melakukan aktivitas pertama yaitu menikmati alam, Anda bisa melakukan olah raga di sekitar danau. Bagi yang ingin melakukan aktivitas sehat ini, tersedia jalur tracking. Berbagai pilihan olahraga di sekitar danau termasuk bersepeda, jogging, senam, atau yoga.

3. Mempelajari adat dan budaya Betawi

Ada desa adat di sekitar Situ Babakan yang sudah kita bahas. Anda bisa belajar dan mempelajari lebih jauh tentang adat istiadat Betawi. Misalnya bahasa sehari-hari dan cara berkomunikasi. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari seni khusus untuk melestarikannya. Salah satu resep terpopuler yang mungkin Anda tahu adalah Ondel-ondel dan Lenong.

4. Wisata kuliner

Setiap daerah mempunyai masakan khas yang berbeda-beda jenisnya, termasuk minuman. Di sini ada bagian khusus yang menjual berbagai makanan dan minuman lezat. Tidak ada salahnya mencari kuliner saat berkunjung, setidaknya Anda bisa sesekali menikmatinya. Minuman yang paling terkenal adalah bir Pletok, yang dibuat melalui fermentasi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Situ BabakanFoto oleh DH Saragih di Shutterstock

Setelah kita membahas tentang objek wisata, lokasi dan aktivitasnya, kini saatnya Anda mencari tahu fasilitas apa saja yang tersedia di Situ Babakan. Tentu banyak keuntungan yang didapat meski tidak perlu mengeluarkan biaya masuk untuk memasuki kawasan wisata tersebut. Selain tempat parkir juga terdapat toilet, musala, dan bangku untuk bersantai. Fasilitas pendukungnya antara lain warung makan, lintasan olah raga, museum dan wisata air.

Sangat penting untuk mengetahui semua informasi tentang tempat wisata sebelum berkunjung. Tujuannya adalah untuk mendapat sedikit gambaran agar bisa mempersiapkan diri dari awal. Dari ulasan yang kami berikan di atas, jika bosan dengan hal-hal yang terlalu mainstream, Situ Babakan masih layak untuk dikunjungi sebagai alternatif tempat wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button