Tempat Wisata

Situ Cicerem: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Selalu segar ketika mengunjungi tempat wisata alam. Seolah rasa penat dan penat langsung hilang begitu saja. Akhir pekan menanti Anda untuk liburan. Beristirahatlah dari pekerjaan yang sibuk. Situ Cicerem, kali ini menjadi primadona di wilayah Jawa Barat, khususnya Kuningan – Cirebon. Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Dengan keindahan tersebut, tentunya bisa dibayangkan mengabadikan kesegaran dan kesejukan perjalanan.

Selain airnya yang jernih, banyak warga yang juga terpesona dengan airnya yang terkadang berwarna biru, sehingga lebih dikenal dengan nama Telaga Biru Cicerem.

Fasilitas di Situ Cicerem

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini masih sangat alami. Tidak banyak fasilitas resmi yang disediakan pengelola. Tempat wisata di kaki Gunung Ciremai ini hanya memiliki fasilitas seadanya seperti toilet umum berbayar, penjual makanan dan tempat parkir yang dijaga oleh pemkot.

Sejarah Situ Cicerem

Danau Situ Cicerem menyimpan berbagai jenis ikan yang berwarna-warni dan indah dipandang. Sesampainya di tepi danau, udara pegunungan yang sejuk menanti Anda. Selain itu, telaga ini berada tepat di kaki Gunung Ciremai. Tempatnya terletak di Desa Kaduela di Kecamatan Pasawahan. Tempat ini berada di ketinggian 280-315 mdpl dan suhu rata-rata 19-28 derajat Celcius.

Perlu diketahui bahwa suhu tertinggi di danau ini biasanya terjadi pada bulan Juni hingga September. Namun, danau ini dulunya digunakan sebagai tempat pertemuan para Wali Songo. Keberadaan Daanu diyakini sudah banyak diketahui, begitu juga tempat wisata lain yang sudah banyak dikenal masyarakat, seperti Talaga Remis yang berada tidak jauh dari Situ Cicerem. Danau ini menjadi terkenal setelah Bupati Kuningan yang saat itu diperintah oleh Aang Hamid Suganda membangun Senderan di alur laut pada tahun 2010.

Berburu foto di Situ Cicerem

Rasakan keindahan alam selama kunjungan Anda. Ada banyak spot foto yang menarik. Paling sering, pengunjung mengambil foto di bebatuan besar. Saat Anda duduk di sana dan memberi makan ikan, Anda dapat melihat berapa banyak ikan yang berkumpul di kaki Anda. Pemandangan ini sungguh menyegarkan.

Anda juga bisa berenang tanpa takut dengan ikan karena tergolong ramah. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan pelampung yang menyerupai matras. Dan Anda bisa tidur di atas air dengan pemandangan yang menakjubkan.

Biaya masuk ke Situ Cicerem

  • Biaya masuk: Rp 35.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000
  • Biaya Spot Foto: Rp 5.000/orang
  • Biaya Jasa Fotografer: Rp 2.000-5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Situ Cicerem

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Akses lokasi ke Situ Cicerem

Menuju tempat wisata ini relatif mudah karena tidak jauh dari jalan utama. Lagi pula, itu sudah terdaftar di Google Maps. Untuk mengetahui beberapa jalan tersebut, Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Bagi Anda yang tinggal di dekat Kabupaten Kuningan, Anda bisa mulai dari desa Sadamantra menuju Situ Cicerem.

  • Datang dari Kuningan atau Cirebon, Anda bisa berkendara ke bundaran Ciracas. Tepat di utara setelah pasar Cilimus dan kemudian ke Jalan Mandirancan sambil menikmati perjalanan di tengah sawah dan Gunung Ciremai yang indah. Nanti Anda akan sampai di Jalan Kasab dan bertemu dengan pertigaan Cirea – Pasawahan. Kemudian, sekitar 80 meter dari pertigaan belok kiri menuju Monumen Macam Mandiracan.
  • Selain itu, dari Tugu Mandircancan Anda bisa menuju ke arah Desa Pasawahan atau Jalan Cirea – Pasawahan untuk bertemu di dekat lapangan sepak bola. Setelah itu, Anda bisa belok kanan untuk menuju objek wisata Paniis. Dari pertigaan dekat lapangan, Anda bisa langsung belok dan menuju ke Desa Wisata Cibuntu.
  • Kemudian Situ Sipariuk berada tidak jauh dari objek wisata ini dan berada di kiri jalan. Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan di dekat Masjid Pasawahan. Belok kanan menuju Jalan Pasawahan kemudian belok kiri menuju Jalan Bina Lestari setelah Mapolsek Pasawahan. Nanti akan ada informasi cara mengakses Situ Cicerem. Sekitar 500 meter dari sana Anda akan menemukan pertigaan di dekat masjid. Lalu belok kiri ke Jalan Kaduela.
  • Selain itu, tidak jauh dari perempatan dekat masjid, sekitar 300 meter terdapat Gerbang Selamat Datang atau situs Situ Cicerem. Tiba di lokasi.

Tips mengunjungi Situ Cicerem

Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu beberapa tips yang bisa Anda simak. Misalnya, kunjungi kami di hari kerja atau akhir pekan. Namun, jika ingin suasana yang nyaman dan tenang, Anda bisa mampir di hari kerja dari Senin hingga Kamis. Lebih asyik lagi jika Anda berkunjung pada sore hari.

Kenakan pakaian hangat karena cuacanya cukup dingin karena dekat dengan gunung. Bawa perbekalan atau makanan ringan agar bisa dinikmati di tempat, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan. Jangan pernah membuang sampah di danau, itu dilarang. Selain itu, memancing tidak diizinkan di sini. Ikan – Ikan tidak boleh dibawa pergi atau dibawa pulang ke sini. Ini adalah aturan yang dipertahankan oleh pejabat setempat.

Berenang jika ingin segar karena airnya sangat jernih dan biru juga. Anda bisa berfoto di tengah danau. Jika Anda datang bersama anak-anak Anda, selalu awasi aktivitas mereka. Perkenalkan mereka dengan ikan-ikan cantik di sini.

Jika anda mengetahui tempat wisata alam Situ Cicerem, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kunjungan liburan anda. Tempatnya tidak hanya murah tapi juga alami dan mudah dijangkau. Liburan yang menyenangkan.

Galeri foto Situ Cicerem

Selamat datang di Situ Cicerem
Perairan Situ Cicerem yang jernih
Ikan di situ Cicerem
berburu foto
Tempat foto terbaik
Tempat foto kekinian

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button