Berita Wisata

Situ Cipule, wisata alam low budget tapi sungguh luar biasa sayang untuk dilewatkan saat liburan tahun baru 2023

INSIDEN24.COM – Situ Cipule adalah salah satu danau milik Karawang. Lokasinya berada di tepi Sungai Citarum yang terkenal.

Apalagi dengan adanya gunung yang menjadi backdrop terbaik Situ Cipule Karawang. Intinya lengkap, udara segar, pemandangan indah, suasana hati nyaman akan didapat.

Dan ternyata Situ Cipule ini pernah menjadi tempat diadakannya pertandingan olahraga dayung saat Sea Games 2011, sehingga banyak orang menyebutnya Danau Sea Games Ciampel.

Baca juga: Libur Akhir Pekan, Ayo! Kunjungi Wisata Alam Jabal Nur di Cisayong Tasikmalaya

Situs atraksi cipule

1. Wisata alam murah

Situ atau Danau Cipule memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan kota lain dengan suhu yang sejuk, udara yang segar, pemandangan yang indah yang akan anda rasakan saat berada di Situ Cipule.

Apalagi jika matahari mulai kembali ke sarangnya, menciptakan gradasi warna natural yang indah dan selalu menjadi incaran para fotografer seadanya untuk mengabadikannya.

2. Danau Cinta Romantis

Ternyata tak hanya itu, daya tarik Situ Cipule selanjutnya adalah keberadaan pulau cantik bernama Pulau Cinta. Pulau yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi ini hanya bisa dikunjungi saat Danau Cipule surut.

Untuk menuju Pulau Cinta di Situ Cipule, Anda perlu menyewa perahu dan berkendara sekitar 5 menit.

Baca Juga: Namina Resto, Pilihan Wisata Kuliner di Cikajang-Garut

3. Tempat memancing

Nah, bagi anda yang hobi mancing, ada tempat mancingnya. Tapi bawa perlengkapan dan alat tangkap sendiri.

4. Berburu Kuliner Lezat

Setelah peremajaan dan penyegaran selesai, lanjutkan aktivitas tamasya Anda dengan mengantisipasi kuliner lezat dengan cita rasa yang khas.

Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi restoran bernama Rumah Makan Cobek Jerit Mak Nya yang akan menyajikan menu masakan lezat dengan kuah yang sangat khas.

Sejarah Situ Cipule

Situ Cipule awalnya adalah sebuah tambang pasir yang terletak di tepian Sungai Citarum. Karena mengalami proses penambangan yang terus menerus dan dalam waktu yang lama hingga akhirnya membentuk cekungan yang cukup dalam.

Kedalamannya mencapai 2 meter dengan luas sekitar 90 hektar. Yang akhirnya terbentuklah telaga atau Situ Cipule saat ini, melalui proses yang panjang.

Dimana saat ini Situ Cipule memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat membuat aktivitas liburan anda disini semakin menyenangkan.

Baca Juga: Destinasi Wisata Tangerang, Jadi Alternatif Wisata di Luar Ibu Kota Jakarta dan Libur Tahun Baru 2023

Lokasi Danau Cipule Karawang

Lokasi tempat wisata Situ Cipule Karawang berada di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Jalan menuju Situ Cipule Karawang

Akses menuju Situ atau Telaga Cipule sangat mudah diakses, jarak ke pusat kota Karawang sekitar 20 km. Rute yang bisa ditempuh adalah melalui jalan tol dan keluar di Karawang Timur, lanjutkan hingga tiba di kawasan industri.

Lanjutkan perjalanan hingga sampai di kanal utama Tarum Barat, lalu belok kiri menuju Situ Cipule. Untuk memudahkan navigasi rute yang ada, Anda bisa meminta bantuan pada peta yang terpasang di Android.

Jam Buka dari Situ Cipule Karawang

· Jam buka Situ Cipule buka dari Senin sampai Minggu, 24 jam non stop.

· Waktu terbaik untuk mengunjungi Situ Cipule Karawang adalah pagi atau sore hari saat suasana pegunungan benar-benar indah.

Baca Juga: 5 Homestay di Yogyakarta yang Murah dan Dekat dengan Berbagai Destinasi Wisata Cocok untuk Liburan Tahun Baru

Harga tiket masuk Situ Cipule Karawang

Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan Situ Cipule adalah membayar Rp 5.000,- saja per orang.

Fasilitas di Situ Cipule Karawang

Fasilitas di sekitar kawasan Situ Cipule antara lain:

area parkir kendaraan,

Masjid,

· WC,

· Stand makanan dan minuman,

· Tempat foto, ***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button