Tempat Wisata

Situ Gunung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang mempunyai banyak tempat wisata yang indah dan menarik. Salah satunya adalah Situ Gunung. Fasilitas wisata berupa danau buatan ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasinya kurang lebih 16 km dari pusat kota Sukabumi.

Danau cantik ini menawarkan keindahan alam dan sejuknya udara pegunungan. Suasana asri dengan hutan hijau homogen dan air terjun yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan berkemah di alam sangat digemari pengunjung karena menghilangkan kebosanan dalam kehidupan sehari-hari.

Fasilitas di Gunung Situ

Kebanyakan pengunjung datang ke sini untuk berkemah. Namun demi alasan kebersihan dan keamanan, pengunjung tidak diperbolehkan mendirikan tenda di tepi danau. Room service ala tenda ditawarkan sebagai solusinya tempat perkemahan atau vila. Pengunjung bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri ke sini atau menyewa tenda dan perlengkapannya.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan menggunakan kano. Aktivitas lain yang bisa dinikmati di danau ini antara lain bersepeda dan memancing. Pengelola juga menyediakan permainan Kursus tali tinggi, Flying Fox Dan pipa aliran Sayang sekali jika tidak mencobanya.

Bagi pengunjung yang tidak tertarik untuk berkemah, tidak perlu khawatir karena Situ Gunung menawarkan villa yang bisa disewa dengan harga berbeda. Di sekitar villa terdapat warung dan restoran dengan berbagai macam makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah dan perut Anda. Tak lupa, terdapat musala yang cukup memadai. Terakhir, terdapat pusat informasi untuk membantu kita menemukan jalan di sekitar area tersebut.

Keindahan Gunung Situ

Sesampainya di Danau Situ Gunung, kita disambut dengan kicauan burung yang merdu. Danau cantik ini terlihat eksotis karena dikelilingi perbukitan dan pepohonan pinus yang lebat. Suasananya terasa begitu nyaman, sejuk dan tenang. Pantulan awan dan pepohonan di air danau sukses menyegarkan pikiran dan menenangkan hati.

Di dekat Danau Situ Gunung terdapat dua air terjun yaitu Curug Cimanaracun dan Curug Sawer. Air Terjun Sawer terkenal karena lokasinya di sebelah bumi perkemahan. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter. Airnya sangat jernih namun sangat dingin.

Berburu foto di Situ Gunung

Karena keindahannya yang tak terbantahkan, kita bisa mengabadikan momen-momen berharga di sekitar Situ Gunung. Pekerjaan Foto paling populer di kawasan ini adalah hutan dengan deretan pohon pinus yang lebat. Selain itu, pemandangan matahari terbit dan terbenam di sekitar danau yang sangat indah juga menjadi subjek foto yang populer.

Biaya masuk ke Situ Gunung

  • Tiket jalur VIP: Rp 100.000/orang
  • Biaya masuk jalur kuning: Rp 75.000/orang
  • Biaya Masuk Jalur Merah: Rp 50.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Gunung Situ

  • Buka hari kerja dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore
  • Pada akhir pekan buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Peta lokasi Situ Gunung

Tips berlibur di Situ Gunung

  • Jangan lupa membawa pakaian tebal dan jaket karena lokasinya berada di daerah pegunungan sehingga suhu udara bisa menjadi dingin.
  • Bawalah jas hujan dan payung untuk berjaga-jaga, karena di tempat ini sering turun hujan.
  • Bagi yang berencana berkemah, bawalah makanan dan minuman. Penjualan dan penyediaan makanan dan minuman tidak diperbolehkan di area perkemahan.
  • Bawalah perlengkapan berkemah yang standar, seperti kompas, senter, korek api, obat nyamuk, dan obat lintah atau lintah.
  • Sebaiknya tidak membawa kendaraan pribadi karena petugas parkir tidak bertugas 24 jam sehari.
  • Jika ingin memancing di Danau Situ Gunung, bawalah alat pancing dari rumah karena tidak ada fasilitas untuk menyewanya di sini.
  • Jangan lupa membawa kamera dan lensa luas dan tripod untuk mengambil foto matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan di sekitar danau.
  • Hindari datang ke sini saat liburan sekolah sudah dipesan dan penuh sesak.
  • Hindari juga datang pada musim hujan, apalagi jika tujuan utama adalah Curug Sawer, karena jalanan masih di atas tanah sehingga licin.
  • Usahakan berangkat antara jam 2 hingga jam 4 pagi untuk menghindari kemacetan di Jalan Raya Bogor Sukabumi.
  • Jaga barang-barang pribadi masing-masing.
  • Menjamin kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

Jika Anda saat ini sedang berada di Kota Sukabumi atau berencana berlibur ke sana, jangan lupa untuk mengunjungi danau yang indah dan eksotis lokasi gunung. Udara pegunungan yang sejuk dan suasana berkemah yang menyenangkan tentu akan menjadikan pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

Galeri Foto Situ Gunung

Danau Situ Gunung di Sukabumi
Potret pengunjung di danau
Menikmati keindahan danau
Bersepeda ke Danau Situ Gunung
Bersantailah di tepi danau
Potret udara Danau Situ Gunung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button