Tempat Wisata

Situ Rawa Gede, keajaiban danau yang indah dengan berbagai taman bermain di Bogor

harga tiket: Rp 20.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sirnajaya, Kec. Sukamuka, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Bogor tidak hanya memiliki wisata alam berupa air terjun, tetapi juga danau cantik bernama Situ Rawa Gede. Tempat wisata ini semakin populer dengan banyaknya fasilitas dan permainan yang disediakan oleh pihak pengelola. Danau atau rawa di Kabupaten Sukamakmur ini merupakan hasil kerjasama antara pemuda dan warga setempat serta dukungan penuh dari pemerintah untuk menjadi tujuan wisata.

Banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan tempat wisata tersebut, apalagi saat akhir pekan tiba. Tentu Anda tidak ingin tertinggal dengan yang lain bukan? Pastikan untuk mengunjungi ini jika Anda kebetulan berada di kota hujan. Anda juga bisa membuat jadwal khusus untuk mengunjungi tempat tersebut. Pastinya Anda tidak akan kecewa jika memang benar-benar penikmat pemandangan alam.

Sepintas, cerita terkenal, danau seluas 7,3 hektar itu dekat dengan pemukiman dan pabrik. Sebelumnya, tidak pernah ada rencana sedikitpun untuk menjadi tempat wisata. Sampah dan limbah pabrik juga terus menumpuk dan menghiasi “pemandangan” di tempat ini. Atas prakarsa kelompok pemuda pecinta lingkungan, mereka mengusulkan untuk menjadikannya destinasi wisata yang Anda kenal saat ini.

Daya Tarik Situ Rawa Gede

Daya Tarik Situ Rawa GedeKredit foto: Instagram khairunnisa

Tentunya tempat wisata yang diresmikan tahun 2019 ini bukan sekedar danau, melainkan memiliki pesona tersendiri yang semakin menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Tentu saja, untuk setiap tempat yang digunakan sebagai relaksasi alami, tidak perlu dikatakan lagi. Namun, apa daya tarik Situ Rawa Gede untuk sebuah danau? Berikut ulasan yang telah kami kumpulkan!

1. Pemandangan Alam

Sebagai wisata alam tentunya menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Anda bisa menikmati tenangnya air danau yang hampir tidak bergerak. Juga beberapa tanaman air menghiasi danau dengan berdiri tegak di tengah dan di tepian. Di belakang danau Anda akan melihat sebuah bukit dengan area hijau tanaman menghiasinya. Cocok untuk relaksasi setelah bekerja sehari-hari. Suasananya tenang dan damai meski dekat dengan pemukiman penduduk dan pabrik.

Terdapat dek atau geladak kayu yang sangat panjang dan bisa digunakan sebagai sarana berjalan di tengah danau. Dek dimulai dari tepi danau ke sisi lain danau. Konstruksi geladak cukup aman karena terdapat drum penopang agar tidak tenggelam. Selain itu, keberadaan pondasi kayu juga memberikan kekuatan sehingga tetap aman meski diinjak banyak orang.

2. Wahana dan Permainan

Telaga yang dulunya kumuh ini tidak hanya dijadikan tempat wisata untuk menikmati pemandangan. Ada banyak permainan dan wahana seru di sana, seperti sepeda bebek, perahu layar keliling danau dan juga berenang. Anda dan keluarga bisa bercengkrama sambil menikmati keindahan alam dan juga bersenang-senang bermain di tempat wisata tersebut. Misalnya sepeda air yang bisa diisi oleh dua orang dalam satu persewaan. Tentunya Anda bisa bersantai bersama anak-anak atau rombongan di sekitar danau yang cukup luas ini.

Perjalanan perahu juga cukup menjadi masalah dan menjadi daya tarik Situ Rawa Gede. Dengan juragan penduduk lokal yang handal dan terlatih, Anda diajak untuk berlayar mengelilingi rawa lebih cepat. Pasalnya, perahu tersebut menggunakan mesin yang kecepatannya tentu jauh dari roda bebek. Namun, kali ini Anda bercampur dalam perahu yang sama dengan pengunjung lainnya.

3. Harga rendah

Banyak juga tempat wisata yang menawarkan wahana yang tidak kalah seru, namun tidak kalah seru mengingat harganya. Di sini Anda bisa mendapatkan harga yang cukup murah dibandingkan dengan tempat lain. Bukan karena diskon atau rabat, karena pada dasarnya harganya murah. Baik untuk tiket maupun untuk permainan yang dikandungnya. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, apalagi jika tujuan mereka hanyalah penyegaran sederhana.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Situ Rawa GedeSumber gambar: Google Maps 99’99% 02N

Untuk mencapai lokasi Situ Rawa Gede cukup sulit karena letaknya yang tersembunyi di balik bukit. Namun, mereka mencatat alamat lengkapnya di Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, yang bisa dijadikan pertanyaan warga setempat jika sulit didapat. Rute yang harus dilalui juga tidak mudah, meski Anda bisa mencapai tempat itu langsung dengan mobil.

Jika Anda dari arah Jakarta, silakan berkendara ke arah Jagorawi, keluar tol dan ambil jalan tol Citereup. Setelah keluar tol, lanjutkan perjalanan yang mengarah ke kecamatan Sukamakmur. Perhatikan bahwa ada kantor distrik. Dari sana Anda melanjutkan perjalanan hingga menemukan jalan berbukit yang khas hingga tiba di tempat tersebut. Lebih mudah bagi yang datang dari Bogor, ambil saja jalur yang melewati kawasan Sentul dan masuk ke kawasan Citereup. Selanjutnya tinggal ambil jalan utama yang menuju ke kecamatan Sukamakmur.

Harga dan tiket

Harga Situ Rawa GedeSumber gambar: Google Maps Heilams

Setibanya di lokasi, Anda bisa langsung menikmati indahnya pemandangan di Situ Rawa Gede. Namun tentunya Anda tidak bisa menikmati wahana dan permainan seru yang ada disana. Maka dari itu siapkan 20.000 rupiah untuk tiket masuk menikmatinya. Ada juga biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat atau mobil.

Jam buka dibuka selama 24 jam setiap hari, sehingga Anda bisa menginap di tempat wisata tersebut. Anda bahkan bisa berkemah dengan membayar tiket tambahan sebesar 10.000 rupiah. Cukup murah dibandingkan dengan tempat lain yang menawarkan fasilitas yang sama. Wahana dan permainan seperti naik perahu dan sepeda bebek juga mengharuskan Anda membayar biaya tertentu lagi.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Situ Rawa GedeSumber Gambar: Google Maps Yuda Ble

Benar bahwa situs ini sedang dalam pengembangan. Namun, Anda bisa melakukan aktivitas menarik seperti tempat wisata lainnya. Untuk itulah Anda datang ke tempat itu, bukan? Apalagi kalau bukan karena aktivitas di Situ Rawa Gede.

1. Berenang

Apa artinya berenang di danau? Tentu tidak, untuk kegiatan tersebut dilarang karena sangat berbahaya. Berenang yang dimaksud hadir di kolam khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sambil bersenang-senang atau berolahraga. Kolam renang dibangun tepat di sebelah danau dengan keterbatasan seperti kolam renang pada umumnya. Kadang-kadang air danau dapat merembes ke dalam kolam karena batasnya tidak terlalu tinggi tetapi hanya setinggi permukaan air danau.

Selain bersantai atau berenang di kolam, Anda juga bisa mendapatkan terapi kesehatan di kolam ikan. Kolam berisi ikan-ikan kecil yang khusus digunakan sebagai bahan terapi. Cukup masukkan kaki Anda ke dalam kolam, biarkan ikan melakukan tugasnya menggigit dan memakan sel kulit mati di kaki Anda. Jangan khawatir, gigitannya tidak sakit, lebih sakit dari gigitan semut karena hanya menggelitik. Kolam ikan di Situ Rawa Gede dibangun di sebelah kolam renang yang telah dijelaskan di atas.

2. Berlayar dan memancing

Kegiatan menarik yang juga memberikan kesan pelaut adalah berlayar. Ada dua cara untuk melakukan kegiatan ini, mengendarai sepeda bebek atau perahu yang sudah disiapkan. Tentu yang dimaksud adalah terbuka untuk pelayaran sesungguhnya, bukan! Hanya saja bisa dikatakan menggunakan perahu dan menyeberangi danau adalah layar kecil.

Bukankah ini dalam arti kiasan, tetapi sebenarnya kegiatan yang sebenarnya. Memancing adalah kegiatan yang membutuhkan kesabaran. Anda juga bisa melakukannya di danau besar di Bogor ini. Harap membawa peralatan memancing sendiri karena Anda tidak akan menemukan tempat persewaan di tempat-tempat turis. Hanya umpan yang tersedia karena digunakan untuk memberi makan ikan di danau. Jenis ikan yang hidup di sungai adalah mujair, mujair dan ikan gabus.

3. Tenda atau camping

Aktivitas menarik di Situ Rawa GedeKredit foto: Google Maps Angga Afriansyah

Berkemah di hutan sudah biasa, di pegunungan juga sudah biasa, bagaimana kalau berkemah di tepi danau? Bukan? Bagi yang penasaran dengan suasana camping outdoor berupa danau, Anda bisa melakukannya di Situ Rawa Gede. Seperti halnya memancing, Anda harus membawa perlengkapan sendiri ke perkemahan. Pasalnya, tempat wisata yang indah ini tidak menawarkan persewaan tenda atau semacamnya.

Biaya 10.000 hanya digunakan sebagai pendaftaran, misalkan untuk sewa tanah semalam. Suara khas hewan-hewan laut siap menjadi sahabat dalam satu malam, tentunya tidak mau ketinggalan. Apalagi dengan gemerisik pepohonan saat angin bertiup, cukup seram menyendiri. Namun tentunya Anda tidak ingin menikmati semua keindahan dan pesona yang dianugerahkan kepada Anda sendirian bukan?

4. Berburu spot foto

Kegiatan liburan tentu belum lengkap rasanya jika tidak berfoto selfie atau selfie. Ada banyak spot cantik khas Situ Rawa Gede yang bisa dijadikan sebagai view point atau background. Misalnya, jika Anda berada di dek melintang, Anda dapat mengambil latar belakang berupa bukit tinggi di samping danau. Ada tempat khusus yang biasa dijadikan tempat kaki populer bagi wisatawan. Lokasi ini berada di tengah jembatan atau dek. Anda bisa mengambil sudut yang tepat agar geladak tidak terlihat, seolah-olah sedang berdiri di atas air.

Lokasi yang berada di dekat air terjun ini juga digemari pengunjung untuk mengabadikan momen liburan. Sedikit perjalanan, baik saat memasuki situs utama maupun saat keluar. Layaknya air terjun, panorama alam yang dihadirkan sendiri tentunya sangat indah, dikelilingi pepohonan hijau yang rindang.

Peralatan tersedia

Tanaman Rawa Gede SituSumber gambar: Twitter Mohammad Shopan

Jangan remehkan fasilitas yang tersedia, meski danau ini baru diresmikan dan masih dalam pengembangan. Jika perlu, Anda bisa menggunakan tempat parkir, toilet, dan juga mushola. Tentu saja, parkir dan toilet tidak gratis, yang berarti Anda harus mengeluarkan sejumlah uang jika ingin menggunakannya.

Jangan khawatir jika perut Anda lapar atau haus di tempat wisata setelah lelah berjudi. Banyak warung makan berjejer rapi dengan menu yang hampir sama. Perbedaannya bisa pada rasa dari setiap makanan yang disediakan. Atau apakah Anda hanya ingin istirahat? Ada pula tempat yang dapat digunakan dalam hal ini berupa balai atau bangunan kayu yang khusus diperuntukkan sebagai tempat istirahat.

Dari penjelasan di atas, Situ Rawa Gede merupakan objek wisata berupa danau. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga keselamatan diri sendiri dan setiap anggota keluarga atau rombongan. Ikuti semua peraturan yang berlaku karena peraturan ini dibuat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button