Tempat Wisata

Situhapa Rose Garden : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Situhapa Rose Garden : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ada kabar baik bagi kita yang senang berwisata taman di kota Garut. Kita bisa merasakan liburan dalam suasana alam pegunungan yang sejuk ditemani pemandangan bunga mawar yang beraneka warna. Tempat itu bernama Taman Mawar Situhapa. Lokasinya di Jl. Raya Kamojang km 5, Kecamatan Semarang, Garut, Jawa Barat. Taman dengan luas lahan sekitar 5 hektar ini sebagian merupakan lahan datar dan berada pada ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut.

Meski disebut taman mawar, namun di taman ini banyak terdapat bunga selain bunga mawar. Taman ini sangat luas dengan banyak tanaman hijau dan dihiasi dengan berbagai jenis bunga berwarna-warni, begitu kita memasuki area taman mawar, mata kita disuguhi terowongan bunga yang indah di dekat pintu masuk.

Fasilitas di Taman Mawar Situhapa

Taman mawar ini menawarkan fasilitas restoran yang menggoda lidah dan perut pengunjungnya. Ada tiga jenis makanan yang ditawarkan di sini, yaitu makanan tradisional, makanan nasional, dan makanan barat. Sehingga pengunjung bisa menentukan sesuai selera masing-masing. Selain itu juga terdapat warung yang menjual berbagai jajanan seperti kentang goreng, pisang goreng, sosis, durian, bajigur dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati suasana malam di taman mawar ini, akomodasi dilengkapi dengan desain kayu dan taman yang penuh dengan berbagai bunga indah. Properti taman mawar ini juga memiliki 3 cottage yaitu Geranium Cottage dan Magnolia Cottage. dan pondok Damasena. Geranium Cottage berada dekat dengan taman bunga sedangkan Magnolia Cottage berada di tengah taman mawar. Terakhir, Pondok Damasena terkenal dengan kebun bunganya yang luas.

Gubuk-gubuk tersebut ditempatkan di lereng bukit agar tidak merusak pemandangan. Karena letaknya yang berada di lereng bukit, dari teras properti kita bisa langsung melihat hamparan bunga dengan latar belakang pegunungan. Jadi jika kita menginap di penginapan ini kita akan enggan untuk pulang dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab fasilitas yang ditawarkan sangat menarik.

Terdapat juga toko suvenir dan bengkel minyak esensial mawar. Taman mawar ini dilengkapi dengan area bermain anak yang terletak di bagian atas taman. Di sini anak-anak bisa bermain dengan merpati yang dipelihara. Suasana akrab taman mawar yang dipenuhi berbagai jenis bunga tentu menambah keseruan liburan keluarga.

Keindahan taman mawar Situhapa

Saat berada di taman mawar kita disuguhi pemandangan eksotis dan beragam jenis bunga. Udara sejuk dan segar khas pegunungan juga sangat dekat dan bisa kita rasakan disini. Di beberapa tempat di taman mawar terdapat kursi-kursi dan rumah pohon yang indah. Selain itu, terdapat juga taman labirin pepohonan lebat dan tinggi.

Taman mawar ini terdiri dari dua jalur utama. Jalur pertama dimulai dari pintu masuk dan berakhir di pinggir tebing dengan pemandangan langsung kota Garut. Jalur kedua dimulai dari kaki bukit dan mengarah ke Gunung Papandayan dan Pegunungan Darajat.

Tata letak taman mawar ini terdiri dari pulau-pulau yang menciptakan zona untuk spesies tanaman tertentu. Diantaranya adalah zona mawar, zona azalea, zona begonia, zona canazone, zona taman air dan zona tanaman lainnya. Zona terluas di sini adalah zona mawar Damacena, hamparan bunga mawar dengan wangi yang sangat harum.

Sejak awal tahun 2010 hingga akhir tahun 2011, terdapat 500 jenis tanaman berbunga di Taman Mawar Situhapa.

Berburu foto di taman mawar Situhapa

Seluruh area taman mawar ini merupakan tempat terbaik untuk fotografi. Kita bisa berfoto sambil duduk di kursi-kursi cantik yang tersebar di sekitar area taman bunga ini. Zona Damacena yang banyak ditumbuhi bunga mawar dengan wanginya yang khas menjadi tempat yang populer untuk selfie.

Peta dan Akses Lokasi ke Taman Mawar Situhapa

Rute menuju Taman Mawar Situhapa bisa ditempuh melalui dua jalur. Rute pertama dari kota Garut menuju kabupaten semarang. Sebelum sampai di pasar, belok kanan menuju Kamojang.

Jalur kedua dari Bandung menuju Pangalengan lalu berbelok ke arah Kamojang. Dari Kamojang menuju Semarang Garut. Taman mawar ini berada di sisi kanan jalur Kamojang.

Biaya masuk ke Taman Mawar Situhapa

  • Biaya masuk Senin hingga Sabtu: Rp 17.500/orang
  • Biaya masuk Minggu/Hari Nasional: Rp 22.500/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Kebun Mawar Situhapa

  • Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Rose Garden Situhapa

  • Jika Anda berwisata ke taman mawar ini, sebaiknya pada pagi hari agar udara yang Anda nikmati masih segar dan sejuk. Saat tengah hari, matahari sangat terik.
  • Bawalah topi, payung, atau kacamata hitam untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan bahannya akan menyerap keringat karena terik matahari di siang hari.
  • Kenakan alas kaki atau sepatu yang nyaman karena area tersebut berumput dan berbatu. Juga tidak ada trotoar di beberapa daerah.
  • Jaga kebersihan dengan membuang sampah pada lokasi yang disediakan pengelola taman.

Saat Anda berkunjung ke Kota Garut, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk sekedar mampir dan beristirahat Taman Mawar Situhapa Itu. Pengalaman berwisata yang penuh dengan bunga-bunga yang beraneka jenis tentunya tidak akan menjadi pengalaman yang mengecewakan. Semoga dapat menginspirasi wisata yang direncanakan.

Galeri foto Taman Mawar Situhapa

Taman Mawar Situhapa
Berburu foto di taman
Potret kolam bebek
Fasilitas spot foto
fasilitas restoran
Berburu foto romantis
Spot foto di kolam ikan
Berburu foto di tengah taman

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button