Berita Wisata

Situs Prasasti Petirtaan Kuno Mataraman dan Obor Soto Jadi Tempat Wisata Favorit di Magetan – PETISI.CO

MAGATAN, PETISI.CO – Selain pesona keindahan alam objek wisata Telaga Sarangan yang menjadi salah satu favorit wisatawan, Kota Magetan bagian timur juga memiliki objek cagar budaya kuno Mataram, dengan potensi wisata alam yang menyenangkan dan indah untuk dikunjungi.

Yakni obyek wisata cagar budaya “Situs Prasasti Sendang Kamal atau Prasasti Kawambang Kulwan” yang merupakan monumen kuno yang konon memiliki hubungan erat dengan kerajaan Medang Kamulan atau Mataram kuno. Terletak hanya 1,5 km dari jalan Magetan-Madiun tepatnya di Dusun Sumber, Desa Kraton, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Cagar Budaya Sendang Kamal di Dusun Sumber, Desa Kraton, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Magetan terus mengembangkan fasilitas penunjang seperti pembangunan pagar pembatas, gapura maupun paviliun.

“Diharapkan dapat memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung dan kegiatan budaya masyarakat sekitar,” jelas Joko Trihono, pengelola Disparbud Magetan.

Joko Trihono menambahkan, selain itu, kuliner tradisional, acara budaya, dan acara budaya lainnya juga akan dikembangkan.

“Sehingga menarik wisatawan yang akan berkunjung baik lokal maupun dari luar Magetan,” tambah Joko Trihono.

Menurut Imam, penjaga sekaligus pengelola mata air, mengatakan perkembangan mata air saat ini alhamdulillah semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Situs prasasti Sendang Kamal memiliki keistimewaan dan terdapat dua sisi sejarah mataram kuno yaitu kerajaan Medang Kamulan pada masa pemerintahan Sri Dharmawangsa Teguh, cucu dari Mpu Sindok yang memiliki 4 prasasti. Namun, hanya ada 3 prasasti yang salah satunya tersimpan di Museum Nasional.

“Selain itu juga ada mahakarya Ronggo Prawirodirjo yaitu sebuah bangunan tua yang merupakan cerita masa penjajahan yang dibangun sekitar tahun 1921, yang memiliki sisi tinta emas perjuangan Islam saat itu,” ujarnya. Imam menjelaskan. , Kamis (24/11/2022).

Terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Magetan melalui Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan saat ini. Di Sendang Kamal wisatawan semakin banyak sehingga perekonomian terus menggeliat.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami bahwa perhatian pemerintah daerah membuat ini semua menjadi kenyataan,” ujarnya.

Harapannya kedepan ada lembaga pendidikan yang kita bantu dan kembangkan. Sehingga Sendang Kamal tidak hanya menjadi ikon daerah, tapi nasional.

“Tiap minggu ada makanan khas Magetan yang tidak ada duanya di daerah lain, yaitu Soto Obor yang selalu dijajakan pengunjung,” tambah Imam.

Soto obor ini nantinya akan diproyeksikan menjadi menu khas khas Mgetan yang memiliki keunikan sangat luar biasa, yang kala itu pernah tinggal di sekitar Sendang Kamal.

Ada juga empat sampai lima gerai yang menjual soto obor, tentu ini merupakan hal yang sangat luar biasa.

Lanjut Imam, setiap sore di sekitar Sendang Kamal yang berjarak 1-3 km, ada lebih dari enam gerai Soto Magetan asli ini.

“Soto Obor ini memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat dan sangat berbeda dengan jenis soto yang ada, karena memiliki ciri khas tersendiri tentunya semua orang pasti menyukainya, selain itu banyak juga yang menyukainya. jual di sana dan selalu habis,” pungkas sang imam. (pgh)

Kunjungan: 22

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button