Tempat Wisata

SMART PARK Samarinda Hemat Banyak Wahana Anak Desember 2022

Biaya masuk Taman Pintar Samarinda: gratisJam buka: 24 jamTidak Telepon: Alamat: J L. Mayjen S, Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, 75123

Taman Pintar Samarinda merupakan taman kota dan ruang hijau. Lengkap dengan fasilitas rekreasi, bermain dan olah raga. Tidak jarang kawasan taman menjadi alternatif tujuan rekreasi lokal bagi penduduk kota. Berbagai acara liburan keluarga dan acara sosial sering diadakan di sekitar taman.

Harga tiket masuk Samarinda Smart Park

Anda tidak perlu membayar biaya masuk untuk memasuki taman ini. Karena taman ini merupakan ruang publik yang dikelola oleh pemerintah.

harga tiket
Setiap hari Gratis

Baca: 7 Kafe di Samarinda Dengan Pemandangan Kota

jam buka

Taman ini buka 24 jam sehari. Biasanya akan banyak pengunjung yang berlatih di pagi hingga sore hari. Meski ramai dengan anak muda di malam hari, ini adalah tempat untuk bertemu dan bersosialisasi.

jam buka
Setiap hari 24 jam

Daya tarik Samarinda Smart Park

Samarinda Smart Park bisa menjadi alternatif wisata murah di tengah kota. Areal tamannya luas dan terasa rindang karena ditumbuhi berbagai pepohonan rindang. Di dalam taman ini dilengkapi dengan berbagai spot foto, permainan anak dan berbagai peralatan kebugaran dan amfiteater. Ada juga stand wisata kuliner di pinggir taman.

Maskot Ikon Taman Pintar

Patung maskot -hanaa yaPatung Maskot Ikan Pesut (Foto: Google maps/hanaa)

Salah satu maskot terkenal dari taman ini adalah patung lumba-lumba. Wisatawan yang datang berkunjung biasanya berfoto di sini.

Maskot Ikan Lumba-lumba ini melambangkan ikan khas yang terdapat di perairan Sungai Mahakam, Samarinda. Ikan pesut sendiri merupakan jenis ikan lumba-lumba yang terdapat di perairan air tawar. Tubuh lumba-lumba di Sungai Mahakam seperti torpedo.

Sirip punggungnya rendah dan agak berbentuk bulan sabit. Kepala berbentuk melon, tumpul dan bulat. Saat garis mulutnya naik ke atas, mamalia ini terlihat seperti sedang tersenyum.

Baca: Tiket & Wahana Rumah Ulin Arya

Berolahraga di Taman Teduh

Berbagai fasilitas kebugaran - Yusran Sylvysterberbagai fasilitas fitnes (foto: google maps/ yusran sylvister)

Bagi wisatawan yang ingin berolahraga, taman ini juga menawarkan fasilitas. Berbagai mesin kebugaran tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Tersedia juga berbagai alat, misalnya untuk melatih otot kaki hingga tangan secara lengkap.

Lalu ada jalur jogging dan bersepeda yang mengelilingi taman. Pesepeda atau pengunjung yang ingin jogging juga akan menyukainya. Karena suasana teduh di bawah kanopi pepohonan rindang terasa sangat menyenangkan. Selain itu, taman ini juga sering menjadi pilihan tempat senam dan berbagai acara olahraga lainnya.

Baca: Wisata Budaya Pampang: Tiket & Atraksi

Berbagai permainan khas TK

berbagai permainan untuk anak-anakaneka permainan untuk anak-anak (foto: Google maps/yusran sylvester)

Wahana paling populer dari taman ini adalah berbagai permainan khas taman kanak-kanak. Bahkan, permainan yang ada di taman ini sangat lengkap sehingga seringkali menjadi tujuan sekolah untuk mengajak siswa bermain di sini.

Beberapa wahana yang tersedia adalah jungkat-jungkit, ayunan, perosotan tunggal, perosotan konstruksi, aneka pickler, tangga melingkar, terowongan ban, jembatan ayun.

Setiap permainan biasanya dilengkapi dengan papan info yang merinci manfaat dan cara menggunakannya. Misalnya saat menaiki ayunan, masuk akal untuk melatih keberanian. Wahana jungkat-jungkit untuk mengatur koordinasi dan sebagainya.

Salah satu wahana yang cukup langka tangga ayun. Berupa ayunan-ayunan besi yang dirangkai lalu dioper silih berganti. Kendaraan bergetar saat menyalip. Salah satu manfaat alat ini adalah untuk melatih kemampuan keseimbangan anak.

Lalu ada wahana Tangga melingkar dan berbagai acar yang tak kalah unik. Selama permainan, anak-anak melakukan aktivitas gantung dan memanjat. Wahana ini akan melatih kemampuan motorik anak agar tetap aktif.

Sebaik terowongan ban. Anak-anak yang melintasinya harus merangkak. Hal ini melatih manfaat merangkak dengan berbagai koordinasi belahan otak kanan dan kiri melalui wahana ini.

formasi pohon

Seperti namanya, Taman Pintar, taman ini juga dilengkapi dengan kursus pelatihan berbagai pohon dan tumbuhan. Misalnya di pohon Trembesi, ada penjelasan lengkap tentang pohon itu.

Contohnya seperti nama ilmiah pohon Trembesi yaitu Samana Saman. Berfungsi sebagai penyedia naungan, pemasok oksigen dan dapat menyerap karbondioksida. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui nama latin pohon dan fungsinya, taman ini adalah jawabannya.

Baca: Tiket & Wahana Taman Lampion Mahakam

Amfiteater Terbuka

amfiteater di taman pintar samarinda - kumala asvyaAmphitheatre di Samarinda Smart Park (Foto: Google maps/ kumala asvya)

Wahana menarik selanjutnya adalah amfiteater. Amfiteater adalah arena terbuka yang digunakan untuk hiburan dan pertunjukan seni. Desainnya berupa tribun melingkar yang berfungsi sebagai tempat duduk.

Salah satu acara rutin di taman pintar ini adalah presentasi komunitas luwak. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan luwak yang dibawa oleh komunitas ini. Tapi tidak setiap hari di sana. Tapi hanya berkumpul setiap Minggu sore. Selain mengamati, juga bisa menjadi sarana edukasi hewan bagi anak-anak.

Wisata kuliner

Di taman pintar ini terdapat peraturan yang tidak boleh berjualan di area parkir. Namun jangan khawatir, di area outdoor tepatnya di sebelah taman ini, terdapat berbagai penyedia kuliner yang berderet bersebelahan. Ada pedagang kaki lima dengan berbagai makanan ringan. Mulai dari penjaja bubur, gado-gado, rujak, es krim cendol, pentol, minuman kemasan, dll.

Ornamen Patung Indah

Keistimewaan taman ini adalah adanya berbagai patung yang tersebar di mana-mana. Ada dua kelompok yaitu patung hewan dan patung karakter fantasi. Pada kelompok hewan tersebut terdapat arca harimau, gajah, ikan, kuda, orang utan, singa dan monyet.

Sedangkan untuk patung karakter fantasi ada Minion, Helo Kiti, Masha, Doraemon, Cinderella, Donald Duck, Pikachu, Keropi. Keberadaan patung-patung tersebut tentunya akan menambah keindahan taman dan kenyamanan pengunjung.

perabot

Ruang terbuka yang juga merupakan taman kota ini telah dilengkapi fasilitas untuk wisatawan. Beberapa diantaranya adalah tempat parkir, toilet, aneka tempat duduk, tong sampah dan warung untuk wisata kuliner.

Lokasi Taman Pintar Samarinda

Taman hijau ini terletak di Jl. Mayor S. Parman, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75123.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button