Berita Wisata

SMK Negeri 1 Wonogiri gelar LDK di objek wisata Umbul Nogo

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – SMK Negeri 1 Wonogiri menyelenggarakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi calon pengurus Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Dewan Perwakilan Kelas (MPK). Lokasinya berada di Tempat Wisata Umbul Nogo, Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Pembukaan LDK dilakukan oleh Kepala Sekolah (Kepala Bidang) Gunarsi SPd, MPd pada Jumat malam (11/11). Kegiatan yang bertemakan “Journey to be the next leader” ini dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (13/11) lusa. Diikuti 53 calon siswa untuk posisi pengurus OSIS dan MPK, serta 22 guru pendamping dan 38 mantan pengurus.

Turut hadir Wakil Direktur Kemahasiswaan Bagyo Angono SS, MPd dan Wakil Direktur Kurikulum Gimo SPd. Tadi malam mereka berdua tampil memberikan materi pembekalan kepada hadirin.

Panitia LDK juga mengundang jajaran TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Manyaran untuk mengikuti sesi penyuluhan tentang pembentukan karakter bangsa dan penanggulangan kenakalan remaja.

karakter koki

Tadi malam Kepala Sektor Gunarsi memberikan pembekalan kepada 10 tokoh pimpinan. Menurutnya, pemimpin harus memiliki sikap tegas, memiliki rencana yang matang. Jujur, adil, cerdas, berkarakter. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, bertahan dalam perkelahian dan tidak pernah menyerah.

Juga memiliki tanggung jawab, mampu menginspirasi dan memotivasi diri sendiri dan orang lain serta percaya diri. Pemimpin harus menghargai waktu dan disiplin. “Memiliki empati, kasih sayang dan mampu bekerjasama untuk menjalin persatuan,” kata Gunarsi.

Umbul Nogo terletak sekitar 35 kilometer barat daya ibu kota Kabupaten Wonogiri. Di tempat ini, air jernih mengalir sepanjang tahun, terdapat kolam ikan dan kolam renang serta sejumlah bangunan gazebo yang bisa dijadikan tempat pertemuan. Keadaannya rindang karena ditumbuhi sejumlah pohon besar yang rindang.

Tempat tersebut dipilih sebagai tempat LDK, sekaligus untuk memperkenalkan siswa pada alam dan lingkungannya. Sebagai bagian dari upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air. Rencananya, hari terakhir LDK akan diisi dengan penanaman bibit pohon penghijauan, dengan tujuan mendukung konservasi tanah, pelestarian alam dan lingkungan.

bambang murni

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button