Berita Wisata

Soal Wisata Halal di Candi Borobudur, Sandiaga Soroti Fasilitas

Jakarta

Wisata halal akan dipamerkan di Candi Borobudur. Konsepnya dipertanyakan karena candi Borobudur merupakan peninggalan Buddha.

Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang dalam penggunaannya tidak hanya bermuara pada konsep agama Budha tetapi juga pariwisata secara global. Hal ini memungkinkan banyak orang dari berbagai agama untuk beraktivitas di sana.

Mengutip dari Termasuk antara, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) menawarkan beberapa mushola di kawasan tersebut. Tujuannya agar wisatawan muslim dapat melakukan ibadah sholat, termasuk sholat Jum’at.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Kemudian desa-desa di sekitar Borobudur juga menawarkan masjid dan mushola yang bisa digunakan wisatawan. Demikian juga makanan dan minuman akan disajikan sesuai dengan standar halal.

Konsep wisata halal yang diusung TWC juga didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Meski Candi Borobudur berwawasan Buddha, Sandiaga menekankan fasilitas penunjang bagi wisatawan yang dikemas secara halal.

“Oleh karena itu, fasilitas terkait kebutuhan ibadah, seperti penyediaan mushola, makanan bersertifikat halal juga harus tersedia di destinasi wisata,” ujarnya dalam Weekly Press Brief, Senin (30/01/2023).

Menurut Sandiaga, karena Borobudur berkelas dunia, maka diperlukan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Selain itu, pada 3 hingga 5 Februari akan digelar ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, salah satu destinasi wisatanya adalah Candi Borobudur.

Terkait acara tersebut, Sandiaga meyakinkan kawasan Borobudur akan menjadi destinasi yang holistik secara spiritual. Candi Borobudur juga harus mengedepankan konservasi, kearifan lokal dan cagar budaya yang nyaman bagi wisatawan.

Sandiaga juga menjelaskan target kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur sebanyak 20 juta orang, baik mancanegara maupun domestik. Oleh karena itu, diperlukan pondasi yang kokoh agar Candi Borobudur dapat menarik wisatawan.

“Diharapkan semua orang yang berkunjung ke tempat wisata super prioritas Borobudur ini tidak perlu khawatir. Mereka segera dibekali kebutuhan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik dari segi makanan maupun tempat ibadah,” ujarnya. .

Simak Video “Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023 Disambut Dua Gajah Megah”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button