Tempat Wisata

Spot Sungai Plaza Cikapundung : – PlacesWisata.pro

Berkunjung ke Kota Bandung tidak akan pernah membosankan karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik. Salah satunya adalah Spot Sungai Plaza Cikapundung. Sesuai dengan namanya, lokasinya tidak jauh dari Sungai Cikapundung.

Tempat ini awalnya merupakan bekas tempat parkir kendaraan di Jalan Cikapundung Timur, namun kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata umum dengan konsep taman kota. Nama Plaza berasal dari pengubahannya menjadi ruang terbuka berupa tangga memanjang di dekat tepi jalan.

Taman kota gratis ini didesain indah dan menarik dengan air mancur, lampu warna-warni yang menciptakan suasana romantis, dan bangku untuk relaksasi. Memang cocok dijadikan tempat bersantai di sore hingga malam hari.

Daya tarik tersendiri

Cikapundung River Spot Plaza ditata dengan indah sehingga dapat dijadikan taman kota yang menyenangkan bagi seluruh warga. Taman kota ini tidak hanya digunakan untuk bersantai saja, namun juga dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat beraktivitas dan berolahraga ringan.

1. Air mancur musikal

Yang istimewa dari air mancur ini adalah menampilkan warna-warna yang berubah-ubah sesuai irama lagu. Jadi bisa dibayangkan keindahannya di malam hari, dimana lampu dan irama musik membuatnya sangat menarik.

Air mancur ini hanya menyala dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi dan dari jam 7 malam sampai jam 10 malam. Pada hari kerja, air mancur dinyalakan satu jam sekali. Namun pada akhir pekan dan hari libur, air mancur dinyalakan setiap 30 menit.

Musik pengiring pergerakan air mancur ini adalah lagu dari band rock Queen berjudul We Are the Champions. Air mancurnya bergerak “menari” dengan tinggi rendahnya pancaran air pada ketinggian 50 cm hingga dua meter.

Kemudian permainan lampu dengan warna berbeda juga mengikuti irama lagu. Perpaduan lampu dan gerakan air mancur yang selaras dengan alunan musik pada akhirnya menghasilkan pengalaman yang sangat menarik sehingga banyak pengunjung yang suka mengabadikannya melalui smartphone mereka.

2. Kebebasan untuk melakukan aktivitas sipil

Ruang terbuka taman kota ini banyak dimanfaatkan warga untuk beraktivitas, misalnya sebagai tempat latihan penari. Sehingga, ini juga menjadi tontonan menarik bagi pengunjung yang bersantai di sana.

Pada sore hari, banyak keluarga yang bersantai di taman kota ini sambil membawa anak-anaknya. Sekaligus Anda juga bisa mengunjungi objek wisata air mancur. Ruangan yang luas ini mampu menampung banyak pengunjung dengan nyaman.

Alamat lokasi

Alamat Plaza Cikapundung River Spot adalah Jl. DR.Ir. Sukarno, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Barat Jawaban 40111. Untuk kenyamanan, gunakan saja standar gedung Merdeka. Jadi lokasi ini tepat bersebelahan dengan Gedung Merdeka.

Gedung Merdeka merupakan gedung bersejarah yang pernah menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Di sinilah Presiden Sukarno menyampaikan pidatonya pada pembukaan konferensi ini. Bangunan ini masih terpelihara dengan baik dan menjadi “landmark” terkenal kota Bandung.

Kegiatan yang menarik

Sejak muncul ide desain Ridwan Kamil dengan konsep taman kota terbuka, tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas warga atau pengunjung. Bentuk plaza terbuka dengan tangga panjang sebenarnya bisa digunakan untuk duduk dan bersantai.

1. Melihat atraksi air mancur

Air mancur yang bergerak mengikuti irama lagu dan lampu warna-warni tentu menjadi tontonan yang sangat menarik. Tak heran jika tempat indah ini banyak dikunjungi orang dari sore hingga malam hari.

2. Aktivitas fisik

Seperti yang telah disebutkan di atas, banyak kelompok penari yang berlatih di tempat ini pada sore hari. Ada pula yang melakukan olah raga ringan atau sekedar jalan-jalan.

3. Duduk santai

Bentuk taman kota yang unik ini sebenarnya terbuat dari berundak-undak sehingga sangat nyaman untuk duduk-duduk bersantai. Terdapat juga 16 bangku berwarna merah yang mengundang Anda untuk bersantai. Apalagi jika Anda menikmati indahnya malam hari lalu mengagumi atraksi air mancur “menari”.

Biasanya banyak keluarga dan anak muda yang suka “nongkrong” disini. Saat sore hari cerah atau hujan, taman kota ini biasanya cukup ramai pengunjung.

4. Nikmati camilan

Di sekitar Spot Plaza Cikapundung River banyak terdapat tempat kuliner menarik dan khas Bandung. Tapi saya sangat merekomendasikan jajanan favorit orang Jepang, yaitu Takoyaki. Apalagi harga ecerannya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp15.000 untuk porsi kecil hingga Rp20.000 untuk porsi besar.

Banyak alternatif jajanan yang masih dijual di lokasi ini. Sehingga pengunjung tidak kekurangan pilihan saat ingin bersantai menikmati jajanan favoritnya.

Maka tak heran jika banyak anak muda yang “nongkrong” berkelompok di sore hari sambil menikmati jajanan. Selain itu, Bandung sebenarnya terkenal dengan makanannya yang beragam dan jajanan khasnya yang lezat.

Wisata sungai Cikapundung

Ide di balik pengembangan taman kota ini adalah untuk mendukung program Sungai Bersih untuk menyediakan infrastruktur air yang berkelanjutan. Tujuannya untuk menciptakan fasilitas yang manfaatnya tetap bisa dirasakan masyarakat.

Sungai Cikapundung membentang memanjang dari Bandung Utara hingga Bandung Selatan. Namun awalnya sungai ini kotor dan berbau tidak sedap. Hingga kemudian, sejak tahun 2008, Pemkot Bandung mengalokasikan dana khusus untuk merevitalisasi sungai tersebut.

Berkat kerja keras yang didukung semua pihak, hasil revitalisasi Sungai Cikapundung kini bisa dinikmati masyarakat luas. Selain sungai bersih yang dijadikan objek wisata, juga akan dibuat taman kota untuk menunjangnya.

Taman kota yang pertama bernama Teras Cikapundung. Tempat ini memiliki berbagai fasilitas menarik yang tersedia untuk masyarakat umum. Misalnya Jembatan Merah, amfiteater, air mancur, kolam renang dan wisata olah raga air dengan arung jeram.

Teras Cikapundung yang menyandang nama tenar TeCi ini sebenarnya didirikan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Terutama yang berkaitan dengan kebersihan sungai: tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak rumput atau pepohonan di sekitar.

Tentunya selain Teras Cikapundung juga dibuatkan Plaza Spot Sungai Cikapundung. Kedua lokasi taman kota bagi masyarakat ini akhirnya menjadi lokasi favorit banyak masyarakat. Selain itu, tiket masuknya gratis dan tidak dipungut biaya.

Memang dari banyaknya komentar yang beredar di media sosial dan internet, taman kota ini dikenal sebagai tempat “nongkrong” anak muda, tempat bersantai keluarga dan sarana wisata murah namun berkesan dan menghibur seluruh keluarga. .

Menutup

Plaza Cikapundung River Spot memang merupakan taman kota yang digemari masyarakat untuk bersantai. Apalagi di sore hari saat tidak hujan. Apalagi di malam hari saat orang bisa melihat air terjun “menari” diiringi nyanyian dan lampu warna-warni, sungguh menarik. Benar-benar tempat yang unik dan menyenangkan untuk bersantai.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button