Tempat Wisata

Stonehenge Merapi, destinasi wisata alam ala Eropa yang hits di Jogja

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Stonehenge Merapi merupakan salah satu tempat wisata di Sleman Yogyakarta yang menyajikan replika peninggalan sejarah dan telah menjadi Situs Warisan Dunia. Struktur batunya mirip dengan aslinya dan dilengkapi dengan rumput hijau yang membuat tempat ini semakin bagus. Para wisatawan yang datang bisa bertemu dan menikmati foto destinasi wisata tersebut.

The Rock Garden terkenal dengan pengunjungnya yang selalu ramai memadati objek wisata yang satu ini yang menawarkan banyak atraksi. Kawasan wisata yang menawarkan pemandangan indah berupa rekreasi peninggalan sejarah ini sungguh indah, menawan dan tentunya sangat memesona bagi setiap pengunjung yang datang kesana.

Selain replika sejarah, Stonehenge Merapi juga menawarkan berbagai fasilitas mulai dari tempat parkir hingga spot foto yang bisa Anda gunakan untuk berfoto saat datang ke sini. Semua fasilitas yang disediakan dijaga dan dirawat oleh pengelola objek wisata. Sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Atraksi Stonehenge Merapi

Daya Tarik Merapi StonehengeKredit Foto: Google Maps Sulhan Erdiansyah Marhama

Stonenge Merapi adalah tempat wisata di pulau Jawa yang setiap hari dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Objek wisata ini merupakan salah satu dari beberapa destinasi populer di sekitar Yogyakarta. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan replika sejarah yang dilengkapi dengan rerumputan hijau yang asri.

1. Susunan Batu Besar

Stonehenge Merapi memiliki destinasi populer berupa susunan batu besar dengan keunikannya yang begitu indah. Batu besar yang tertata rapi, menjulang di atasnya, memiliki bentuk yang menarik dan memberikan kesan kuno bagi pengunjung yang memperhatikannya.

Batu tersebut dapat berdiri tegak sendiri, atau sebagian besar bentuknya seperti pintu gerbang, yang bentuknya disusun secara horizontal dan vertikal oleh kedua penyangganya. Dan luasnya dasar rumput hijau itu membuatnya semakin menarik. Susunan batunya mirip dengan Stonehenge di luar negeri, lebih tepatnya di Inggris.

Tidak terbayangkan akan menjadi bagian dari atraksi di Batu Merapi Park. Maka tak heran jika banyak orang mengabadikan momen perjalanan atau liburan di sana.

2. Lokasi berada di daerah rawan letusan

Objek wisata Stonehenge Merapi Jogja ini terletak di sebuah desa bernama Petung. Letusan Gunung Merapi tahun 2010 menghancurkan kawasan desa ini. Oleh karena itu, penduduk lokal desa ini pindah ke daerah lain. Dengan kehidupan sebagai pribadi yang sebagian besar bekerja di kebun, itu akan terganggu ketika wabah terjadi.

Kemudian masyarakat di desa Petung ini mempunyai ide untuk membangun desa sebagai tempat pemberdayaan desa. Kawasan wisata inilah yang menjadikan Stonehenge sebagai tujuan wisata populer bagi pengunjung saat ini. Maka tak heran jika banyak orang datang untuk bertemu dan bersenang-senang.

3. Nikmati pemandangan alam

Wisata rock garden ini terkenal dengan hamparan rumput hijaunya, yang mampu membuat suasana alam semakin menyenangkan dan menarik bagi wisatawan yang datang kesana. Pemandangan alam berupa rerumputan hijau dilengkapi dengan bebatuan besar Instagrammable yang semakin banyak dilihat orang saat ini.

Itu bisa menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata yang satu ini. Maka tidak heran jika destinasi wisata ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi dan populer bagi masyarakat dari berbagai daerah maupun mancanegara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat dan rute menuju lokasiKredit foto: Google Maps Wecax Haryo

Stonehenge Merapi merupakan salah satu destinasi wisata di daerah Yogyakarta yang selalu ramai dan ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Akses menuju tempat ini sangat mudah karena terdapat banyak plang yang akan memandu Anda menuju destinasi wisata tersebut.

Waktu tempuh perjalanan mungkin lebih lama dari yang diharapkan jika akses jalan macet. Biasanya pada saat musim liburan, yaitu antara Juli hingga September atau hari libur nasional, jumlah wisatawan yang datang akan meningkat. Hal ini menyebabkan jalan menuju objek wisata menjadi ramai dan padat.

Rute menuju tempat ini dapat diakses dari pusat kota Yogyakarta dengan menuju Jalan Kaliurang. Sesampai di sana Anda akan menemukan pertigaan menuju Kaliadem, maka Anda harus berbelok ke kanan. Setelah itu, ada pertigaan lagi untuk menuju destinasi wisata Teluk Merapi yang biasa disebut dengan Castle of the Lost World.

Lokasi objek wisata golf Merapi berada di dekat Stonehenge Merapi, Jogja. Sesampai di sana, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dengan susunan batu yang begitu eksotis dilengkapi dengan rerumputan yang hijau. Dapat menambah nuansa Instagrammable untuk liburan atau istirahat Anda.

Pengunjung yang datang dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk mencapai tempat tujuan. Destinasi wisata dengan pemandangan yang indah dengan susunan batu-batunya yang besar mampu memanjakan mata setiap orang yang datang untuk melihatnya. Sehingga banyak wisatawan yang datang memanfaatkan liburan untuk berwisata ke objek wisata ini atau untuk bersantai.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket masuk Stonehenge Merapi JogjaKredit foto: Google Maps Dian Haryono

Tentunya saat memasuki suatu objek wisata akan dikenakan biaya masuk, dan saat memasuki kawasan wisata ini juga akan membayar tiket masuk yang telah ditetapkan oleh pengelola. Ada biaya sebesar Rp 10.000 per orang untuk setiap pengunjung yang datang.

Dan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000 untuk anda yang ingin berfoto prewedding. Biaya parkir bervariasi bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Untuk sepeda motor sendiri dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Biaya parkir mobil dengan biaya parkir Rp 5.000.

Setelah membayar semua tiket masuk dan biaya parkir, Anda bisa leluasa menjelajahi pemandangan Stonehenge Jogja dan melihat pemandangan indah yang instagramable. Begitu banyak orang datang ke sini untuk liburan atau waktu relaksasi karena menawarkan tempat yang bagus untuk dikunjungi dengan biaya masuk yang cukup terjangkau.

Kegiatan menarik di Stonehenge Merapi

Aktivitas menarik di Merapi StonehengeSumber gambar: Google Maps Fajar Muttaqin

1. Nikmati keindahan suasana alam Stonehenge

Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer, Stonehenge menawarkan panorama keindahan dengan latar belakang bebatuan besar yang menjulang tinggi di kaki rerumputan hijau yang begitu mempesona dan menarik wisatawan. Suasana alam berupa pepohonan yang rindang menenangkan Anda.

Dan setiap hembusan angin segar menambah kesenangan begitu Anda berada di sana. Dengan menikmati keindahan suasana alam, Anda bisa menjadi lebih rileks dan tenang.

Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan kejenuhan atau hiruk pikuk perkotaan. Maka tak heran jika menikmati keindahan taman batu karang menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Jogja.

2. Berburu foto keren

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi suatu tempat adalah fotografi. Keindahan Stonehenge begitu mempesona dan sayang jika tidak diabadikan. Selain itu spot foto bebatuan besar yang begitu eksotis dan suasananya yang begitu asri dan asri sangat cocok untuk dijadikan background foto liburan anda.

Spot foto utama di Stonehenge Merapi terdiri dari bebatuan dengan ketinggian bebatuan 4 meter. Namun, ada beberapa bebatuan yang tingginya mencapai 7 hingga 8 meter. Batu karang besar dengan ketinggian yang sangat tinggi ini menjadi salah satu spot foto paling populer bagi para wisatawan.

Kawasan wisata yang memiliki luas 200 meter ini memiliki jarak sekitar 5 km dari gunung berapi aktif bernama Gunung Merapi. Maka tak heran jika latar belakang gunung yang dipadankan dengan bebatuan dengan rerumputan hijau membuat foto yang Anda ambil semakin bagus.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang mengambil foto objek wisata menarik ini. Dan jangan heran jika hunting foto di Stonehenge Merapi menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana.

3. Foto prewedding

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Stonehenge Merapi adalah fotografi pre-wedding. Pemandangan alam di tempat wisata ini berupa bebatuan yang unik, dan suasana alam yang begitu asri dan mempesona seolah menambah keindahannya. Begitu banyak wisatawan datang untuk berfoto di taman batu sebelum pernikahan.

Latar belakang yang unik bisa membuat konsep foto prewedding menjadi romantis dan cocok untuk digunakan. Ada biaya sebesar Rp 150.000 bagi Anda yang ingin mengambil foto prewedding. Biayanya cukup terjangkau bagi wisatawan yang ingin berfoto sebelum pernikahan.

Untuk biaya itu Anda mendapatkan foto yang cukup bagus dengan latar belakang yang bagus. Tak heran jika aktivitas ini menjadi salah satu aktivitas menarik yang disukai wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Stonehenge Merapi JogjaKredit Foto: Google Maps Linda Dwi Astuti

Tentunya sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Tengah, keberadaan fasilitas penunjang kebutuhan wisatawan sangatlah penting. Oleh karena itu pihak pengelola Stonehenge menyediakan berbagai fasilitas yang dapat Anda manfaatkan agar calon pengunjung yang datang dapat menikmati liburan atau perjalanannya dengan lebih nyaman dan berkesan.

Fasilitas yang dapat menunjang kegiatan wisata di Stonehenge adalah spot foto berkemampuan Instagram dan lain sebagainya. Semua fasilitas menawarkan kenyamanan. Sehingga wisatawan dapat tetap tenang dan nyaman serta menikmati fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut.

Sedangkan fasilitas penunjang yang disediakan pengelola seperti tempat parkir, tempat ibadah, rumah makan, warung atau warung dan akomodasi mudah ditemukan di kawasan wisata ini. Dengan demikian, para pengunjung kawasan pantai ini dapat menikmati wisata atau liburan mereka di kawasan ini dengan lebih nyaman dan berkesan.

Berikut beberapa tempat wisata, alamat dan rute menuju kawasan Stonehenge Merapi Jogja. Selain harga tiket dan berbagai fasilitas, tersedia yang cukup lengkap. Sehingga wisatawan dapat berlibur dan menikmati destinasi ini dengan lebih menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button