Berita Wisata

Suasana terkini di Pantai Pangandaran pasca gempa 4,8 SM. SM, laut tenang dan cuaca cerah

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN – Tenang dan normal keadaan Pantai Pangandaran, setelah diguncang gempa berkekuatan 4,8 skala richter.

Pantauan Tribunjabar.id, khususnya di sekitar Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang di pesisir timur Pangandaran, ombak tampak tenang sementara cuaca juga cukup cerah.

Selain itu, sejumlah nelayan terlihat beraktivitas seperti biasa mencari ikan meski sempat diguncang gempa Pangandaran.

Namun, tidak sedikit juga kapal nelayan yang bersandar di pantai timur PPI Cikidang Pangandaran.

Kepala SAR Barakuda Pangandaran sekaligus tokoh nelayan setempat, Sakio Andrianto mengatakan, pemantauan cuaca pada Selasa (3/1/2023) pagi, khususnya di PPI Cikidang, cukup baik.

“Sementara itu, air lautnya juga sangat bersahabat. Meski cuaca agak mendung, semoga tidak mengganggu aktivitas nelayan,” kata Sakio melalui WhatsApp, Selasa (3/1/2023) pagi.

Gempa bermagnitudo 4,8 di Pangandaran, Selasa (3/1/2023).Gempa bermagnitudo 4,8 di Pangandaran, Selasa (3/1/2023). (Ai Sani Nuraini/Tribun Jabar)

Selain kondisi cuaca, aktivitas pengunjung pagi di Cikidang di pesisir timur Pangandaran juga sangat padat.

“Khusus di Jembatan Merah Cikidang ada yang nongkrong dan selfie. Pantai Pangandaran aman seperti biasanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 2 Tangerang Selatan mengumumkan gempa dengan magnitudo 4,9 terjadi di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: Gempa Pangandaran Pagi Ini, BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan, Warga Trauma

Dan itu terjadi pada tanggal 3 Januari 2023 pukul 06:55:20 WIB.

Dengan koordinat lokasi 8,14 Lintang Selatan (LS) – 107,88 Bintang Timur (BT) atau 83 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

BMKG juga menyebut gempa bermagnitudo 4,8 terjadi di kedalaman 17 kilometer.

Gempa bermagnitudo 4,9 yang terjadi di wilayah Kabupaten Pangandaran juga dirasakan di Garut, Pangalengan, Bungbulang, Pameungpeuk, Sindangbarang, Cidaun, III MMI.

Kemudian Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, Kota Banjar II-III MMI. (Laporan kontributor Tribujabar.id, Pangandaran, Padna)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button