Tempat Wisata

Sumber Air Panas Mengeruda: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sumber Air Panas Mengeruda merupakan salah satu sumber air panas yang ada di Mengeruda, Piga, Nusa Tenggara Timur. Sumber mata air di pemandian ini berasal dari Gunung Inelika Bajawa. Pemandian air panas alami ini sudah sangat dikenal masyarakat khususnya warga Nusa Tenggara Timur. Mereka berduyun-duyun meramaikan tempat wisata ini dan menikmati sensasi menyegarkan mandi air hangat yang konon bagus untuk kesehatan.

Pemandian Air Panas Mengeruda

Air panas di tempat pemandian ini dikenal ampuh menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga media terapi. Tingkat belerang, suhu, dan zat vulkanik lainnya berasal dari magma yang diekstraksi dari bumi, memberikan sifat mempromosikan kesehatan Mata Air Panas Mengeruda.

Atraksi wahana air panas :

Pemandian air panas Mengeruda terdiri dari kolam berbentuk lingkaran dan cukup luas. Kedalaman panggul ini kira-kira setinggi pinggang orang dewasa. Lumut hijau tumbuh di dasar bebatuan di kolam termal ini, membuat kolam tampak hijau segar dan jernih. Mata air panas alami juga menyembur dari dalam di tengah permukaan kolam.

Pemandian air panas Mengeruda sangat ideal untuk relaksasi, berendam dan juga sebagai media terapi kesehatan. Air panas di kolam ini membentuk sungai pendek dan terus mengalir di kedua sisinya. Selain itu, airnya mengalir ke air terjun kecil dan bercampur dengan aliran sungai lainnya.

Bentuk pemandian ini juga terdiri dari beberapa kolam. Setiap kolam memiliki tingkat suhu tertentu, ada yang tinggi dan ada yang suam-suam kuku untuk Anda. Saluran air panas di kawasan ini berupa sungai air panas yang mengalir melalui kolam. Air Panas Mengeruda berasal dari mata air dengan suhu 44 derajat Celcius. Namun, saat dialirkan ke kolam pemandian, suhunya turun menjadi 36 derajat Celcius.

Air panas mengeruda dikenal memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Karena air panas tersebut memiliki suhu yang pas dan cocok sebagai media terapi. Saluran air panas di pemandian ini juga dipercaya bisa berubah menjadi jeram yang deras terutama di musim hujan. Saat musim kemarau tiba, saluran air semakin mengecil dan membuat kolam terlihat kering.

Tempat wisata di NTT ini tidak hanya memiliki sumber air panas alami yang diidamkan banyak orang, tetapi juga menarik wisatawan karena keindahan alam yang ditawarkannya. Tempat ini terlihat hijau dan subur. Mata Air Panas Mengeruda dianggap sebagai properti ekowisata karena area pemandiannya yang hijau.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Diantaranya adalah resto, toilet, bumi perkemahan dan hutan asri dengan jalur pendakian yang bisa digunakan untuk berbagai acara tracking dan berkemah.

Selain itu, Wisata Air Panas Mengeruda berada di tempat yang strategis yaitu di jalur wisata. Banyak juga biro perjalanan yang merekomendasikan tempat wisata ini sebagai paket wisata ke Kelimutu. Biasanya, pengunjung dipersilakan mampir ke pemandian air panas ini sebelum berwisata ke Kelimutu.

Salah satu hal yang membuat sumber air panas Mengeruda menjadi perbincangan hangat masyarakat adalah kawasan wisata ini yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara yang melewati kota Bajawa. Anda tidak hanya akan menikmati sensasi hangatnya air di kolam, tetapi juga jangan lupa untuk mengambil foto-foto menarik di tempat.

Bisa dipastikan postingan media sosial terkait resor tepi pantai ini akan semakin populer. Terutama karena air panas Mengeruda memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan membuat banyak orang penasaran untuk mengetahui secara langsung apa saja manfaatnya.

Saat pengunjung lelah mandi, mereka bisa menikmati pemandangan menarik dari paviliun yang mengelilingi objek wisata. Tempat tersebut merupakan tempat istirahat yang nyaman setelah tubuh rileks. Anda juga bisa mengunjungi beberapa kios pedagang kaki lima di pintu masuk dan menikmati oleh-oleh khas yang dijajakan penjaga toko.

Biasanya, pengunjung memilih untuk menjemur di luar area kolam sembari menikmati udara sejuk dan pemandangan indah. Udara pegunungan di tempat wisata Air Panas Mengeruda sangat cocok untuk sejenak relaksasi dan menenangkan pikiran.

Sistem air panas mengeruda:

  • area parkir
  • paviliun
  • Toilet
  • ruang sholat
  • warung makan
  • loket penjualan tiket
  • ganti lokasi\
  • tempat perkemahan

Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Mengeruda

  • Tiket masuk dewasa: Rp 4.000/orang
  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 2.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka pemandian air panas Mengeruda:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi dan rute pemandian air panas Mengeruda:

Alamat tempat wisata pantai ini adalah Mengeruda, Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Cara menuju tempat tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau ojek dari Bajawa ke Soa.

Sumber Air Panas Mengeruda merupakan sumber air panas alami yang berada di Gunung Inelika. Gunung ini merupakan contoh gunung api yang ada di Indonesia. Air panas di pemandian ini mengandung zat vulkanik dan belerang yang berdampak positif bagi kesehatan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya yang senang menjelajah kawasan wisata alam. Menyejukkan mata, pemandangan sekitar kolam seakan menambah ketenangan saat tubuh berendam di air hangat. Kita bisa lebih bersyukur atas nikmat Tuhan yang luar biasa karena kita masih dikaruniai alam yang sangat luas dengan nuansa pedesaan yang asri.

Peta Sumber Air Panas Mengeruda

Tips mengunjungi Pemandian Air Panas Mengeruda

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Pemandian Air Panas Mengeruda. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Panas Mengeruda adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tersayang ke Pemandian Air Panas Mengeruda untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pemandian Air Panas Mengeruda.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pemandian Air Panas Mengeruda.

Galeri foto Pemandian Air Panas Mengeruda di Flores

Pemandian Air Panas MengerudaSumber Air Panas Mengeruda Sumber : google.comPemandian Air Panas MengerudaSumber Air Panas Mengeruda Sumber : google.comPemandian Air Panas MengerudaSumber Air Panas Mengeruda Sumber : google.comPemandian Air Panas MengerudaSumber Air Panas Mengeruda Sumber : google.comSelamat datang di MengerudaPemandian Air Panas Mengerudamandi air panasPotret Kolam Mandi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button