Berita Wisata

Sumber Belajar IPS Wisata Alam Kabupaten Semarang

Ilustrasi khusus

SAMIN-NEWS.comKegiatan pembelajaran tidak akan lepas dari berbagai aspek yang harus didukung agar pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan optimal. Salah satu bagian dari proses belajar yang tidak bisa ditinggalkan adalah sumber belajar. Dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat ditemukan di semua lapisan masyarakat dan sekitar sesuai kebutuhan dan berapapun nominal harganya dan tentunya sumber belajar tersebut dapat digunakan oleh seluruh elemen umat manusia tanpa terkecuali.

Sumber belajar juga memiliki kombinasi dan makna tersendiri. Karena ketika siswa akan menyelesaikan proses kegiatan belajar, mereka membutuhkan apa yang disebut dengan sumber belajar. Salah satu sumber belajar IPS adalah pemanfaatan pariwisata lokal.

Pariwisata adalah salah satu dari sekian banyak gejala atau peristiwa di bumi yang timbul dari kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu salah satu kebutuhan spiritual dengan menyenangkan hati. Kegiatan pariwisata membawa banyak manfaat bagi masyarakat, daerah dan negara. Untuk itu, pemerintah berupaya mendorong sektor pariwisata sebagai sumber devisa.

Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata Kabupaten Semarang, perlu pemanfaatan wisata alam Kabupaten Semarang sebagai sumber belajar IPS yang komprehensif dengan berbagai informasi terkait, seperti lokasi, aksesibilitas, tempat wisata, atraksi, fasilitas, daya dukung lingkungan, dll. Dengan demikian, pembelajaran IPS harus memuat informasi yang komprehensif dan terintegrasi.

Fungsi objek wisata alam di Kabupaten Semarang selama ini hanya sebagai tempat rekreasi atau tempat bersenang-senang, menghilangkan stress dan lain-lain. Padahal, ada fungsi lain dari suatu tempat atau objek wisata yaitu fungsi pendidikan atau education, dimana orang bisa bersantai sambil belajar.

Disusun oleh

Dr. Apik Budi Santoso, M.Si.
Ferani Mulianingsih, S.Pd., M.Pd.
Pradika Adi Wijayanto, S.Pd., M.Pd.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button