Tempat Wisata

Sumber Udel Waterpark, taman rekreasi air populer untuk liburan keluarga di Blitar

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 06.00-17.00 WIB, Alamat: JL. Kalibrantas No. 31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Sumber Udel Waterpark merupakan kolam renang umum terbesar di Kota Blitar dengan banyak pilihan permainan yang seru dan menyenangkan. Kolam renang umum ini juga merupakan yang tertua di Kota Blitar namun masih terawat dengan baik. Semua fasilitas dapat terus digunakan sebagaimana mestinya dan pengembangan fasilitas baru yang akan semakin meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Kolam renang umum yang dikelola oleh pihak swasta ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga karena memiliki 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda. Ada kolam renang yang tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk anak-anak. Ada juga kolam standar untuk belajar berenang dan kolam yang cukup dalam untuk kompetisi atau latihan profesional.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, Water Park Sumber Udel juga terletak di tempat yang strategis. Tempatnya tidak jauh dari Makam Bung Karno, hanya sekitar 2 kilometer. Selain itu, juga dekat dengan alun-alun. Dengan cara ini Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lain untuk menghabiskan waktu liburan.

Atraksi waterpark Sumber Udel

Atraksi Sumber Taman Air UdelSumber gambar: Google Maps Baiti Nurasfi

Taman air tertua di Kota Blitar, Sumber Udel, telah lama memiliki pesona tersendiri. Baru-baru ini, taman wisata ini telah direnovasi secara ekstensif, membuat fasilitas yang ada semakin menarik. Berikut beberapa objek wisata yang semakin memadati taman wisata ini dengan pengunjung.

1. Tempat yang bagus

Taman air ini dikelilingi oleh pohon beringin besar yang menjadi sumber mata air. Pohon beringin ini diyakini berusia ratusan tahun. Karena pohon-pohon ini, pemandangannya terlihat bagus dan segar. Tak heran jika kesegaran yang ditawarkan menjadi salah satu daya tarik pengunjung dan membuat mereka betah berlama-lama.

Pohon beringin ini juga merupakan sumber air yang digunakan oleh Sumber Udel Waterpark. Airnya sangat bersih dan segar. Sumber sumber yang disebut Udel adalah bahasa Jawa yang artinya pusar. Nama ini karena sumbernya dikatakan berbentuk pusar.

2. Kolam renang anak

Kolam renang anak memiliki air yang dangkal, sehingga anak-anak dapat bermain air dengan aman sepuasnya. Ada banyak jenis fitur air di kolam ini. Ada ember tumpah serta air mancur berbentuk jamur dan air mancur ikan. Selain itu, ada juga beberapa jenis perosotan, seperti yang berbentuk kepala hewan, dan juga yang berliku panjang.

Banyaknya fitur air di kolam ini tentu menarik banyak pengunjung, terutama anak-anak. Saat musim liburan, banyak anak-anak akan mengisi kolam ini dan mencoba berbagai permainan. Tidak hanya anak-anak, terkadang pengunjung dewasa juga bermain di kolam ini di dalam air.

3. Kolam renang dewasa

Tentunya jika ada kolam anak-anak, ada juga kolam untuk pengunjung dewasa. Kedalaman airnya tidak sampai 1,5 meter, namun cukup sebagai tempat yang nyaman untuk berenang. Kolam ini juga memiliki fitur air yaitu seluncuran yang memiliki ketinggian hingga 10 meter. Cukup memacu adrenalin sehingga banyak pengunjung yang ingin mencoba.

4. Kolam Renang Standar Olimpiade

Objek wisata yang dimiliki oleh Sumber Udel WaterparkSumber gambar: Google Maps Neni Karunia

Kolam ini cukup dalam sehingga didesain khusus untuk pengunjung dewasa yang ingin merasakan pengalaman berenang di kolam standar nasional. Kedalaman air mencapai sekitar 1,6 meter. Kolam ini juga dirancang untuk turnamen. Kolam ini juga memiliki tribun penonton di pinggir kolam.

5. Kolam Aliran

Kolam aliran dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Biasanya pengunjung menggunakan pelampung karet dan berenang mengikuti arus air. Pelampung itu sendiri disediakan oleh pengelola untuk disewakan oleh pengunjung. Kolam itu sendiri sering digunakan pengunjung untuk bersantai di atas air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat sumber taman air UdelKredit foto: Google Maps Ionpietx Xion

Sumber Udel Waterpark terletak di Jl. Kali Brantas No. 31, Desa Bendo. Berada di tengah Kota Blitar, Jawa Timur, sehingga cukup mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Selain itu, angkutan umum seperti ojek, angkutan umum serta becak tersedia untuk mengantar Anda ke lokasi.

Perjalanan yang Anda lakukan cukup mengikuti jalan utama dari Alun-Alun Blitar. Jalan ini hanya memiliki satu jalur sehingga Anda tidak akan tersesat. Dari Alun-Alun Blitar, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer, sehingga Anda bisa menempuh perjalanan dengan mobil atau berjalan kaki. Anda juga bisa mengakses lokasi Waterpark Sumber Udel ini di GoogleMap untuk memudahkan Anda.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Sumber Udel WaterparkSumber Gambar: Google Maps Wiwit Setiawan

Sumber Udel Waterpark buka setiap hari, termasuk selama musim libur nasional. Waktu operasional dari pukul 6 pagi hingga 5 sore WIB. Waterpark ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga karena murah. Tiket masuknya hanya Rp 10.000 per orang. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijaksanaan pengelola.

Selain tiket masuk, Anda perlu menyiapkan uang untuk memarkir kendaraan. Biaya parkirnya tidak mahal. Jika menggunakan kendaraan roda dua, biaya parkirnya hanya Rp 3.000. Di sisi lain, jika Anda membawa kendaraan roda empat, biaya parkirnya hanya Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Sumber Udel

Aktivitas di Sumber UdelKredit Foto: Google Maps Dewi Anisatur Rahmah

Ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sumber Udel Waterpark, apalagi jika Anda membawa keluarga. Dengan berbagai fasilitasnya, Anda dan keluarga akan betah berlama-lama di dalam air. Juga, ada tiga kolam dengan kedalaman yang berbeda, jadi Anda tidak perlu khawatir anak-anak tenggelam.

1. Fitur air

Anda akan melewatkan kunjungan ke Sumber Udel Waterpark jika Anda belum pernah bermain air sebelumnya. Banyaknya fitur air yang tersedia juga akan sangat seru. Anda tidak perlu khawatir karena kedalaman airnya juga cocok untuk anak-anak. Oleh karena itu, berlibur bersama keluarga dan bermain air di taman wisata populer ini tentunya bisa menjadi alternatif kegiatan.

2. Berenang

Anda tidak hanya bisa bermain air, tetapi juga berenang. Jika Anda baru berenang, Anda bisa berenang di kolam standar yang tidak terlalu dalam. Jika Anda sudah pandai berenang dan ingin mencoba kolam yang lebih dalam, Anda bisa berenang di kolam standar Olimpiade. Jangan khawatir, penjaga pantai sudah siap sedia jika terjadi kesalahan.

3. Bersantai

Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai. Jika Anda ingin bersantai di air, Anda bisa mencoba wahana lazy river. Anda dapat menyewa cincin apung sehingga Anda dapat mengapung di atas air dan terbawa suasana. Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan, apalagi jika Anda memang ingin bersantai.

Saat tidak berada di dalam air, Anda juga bisa bersantai di kursi yang disediakan. Kursi-kursi ini juga telah dilengkapi dengan payung agar tidak gosong oleh sinar matahari. Pengunjung juga biasanya menggunakan kursi ini sebagai tempat istirahat sambil melihat anak-anak bermain di kolam renang anak.

Kegiatan menarik di Sumber UdelKredit foto: Instagram Arie Bagus Prasetya

4. Pemulihan

Anda juga bisa bersenang-senang bersama keluarga di taman bermain Sumber Udel sebagai sarana liburan yang murah. Anda bisa membawa bekal dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga setelah lelah bermain air. Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa membelinya di kantin yang disediakan pengelola.

5. Rubah terbang

Kegiatan ini sangat seru dan wajib kamu coba saat berkunjung ke waterpark di Blitar ini. Rubah terbang ini memiliki tinggi 10 meter dan panjang 80 meter dan membentang di kolam di bawahnya. Untuk menikmati wahana seru ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.000 di akhir pekan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di waterpark Sumber UdelKredit Foto: Google Maps DuaTuju Production

Sumber Udel Waterpark memiliki fasilitas yang cukup memadai, terutama setelah dilakukan renovasi manajemen dan penambahan fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Salah satu fasilitasnya adalah tempat parkir yang cukup luas. Parkir mobil ini dapat digunakan untuk kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Fasilitas berupa water features yang mengajak Anda untuk berlama-lama di dalam air. Ada juga tempat persewaan ban dan pelampung jika ada pengunjung yang masih pemula dan takut tenggelam. Fasilitas berupa ruang cuci dan ganti yang bersih dan rapi juga disediakan. Kamar mandi ini terpisah untuk pria dan wanita.

Lelah bermain air juga bisa mengisi perut karena ada kantin yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Di sekitar kolam terdapat area tempat duduk dengan payung sebagai tempat berteduh dimana pengunjung dapat duduk dan beristirahat. Ada juga mushola jika ada pengunjung yang ingin beribadah.

Sumber Udel Water Park merupakan tempat wisata air tertua di Blitar yang wajib dikunjungi. Cocok untuk tamasya keluarga, ada juga kolam dangkal untuk anak-anak. Destinasi wisata ini juga berada di tempat yang strategis sehingga Anda bisa mengunjungi destinasi lain setelah puas dengan permainan airnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button