Tempat Wisata

Sungai Air Berau: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Terletak sekitar 30 kilometer dari kota Mukomuko, sungai ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai arung jeram. Karena aliran sungainya yang relatif deras dan penuh rintangan, maka cocok dijadikan lokasi kegiatan olah raga air, khususnya arung jeram. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menguji adrenalin dengan arung jeram. Menurut pengunjung, lokasi sungai ini sangat cocok bagi pecinta arung jeram karena arus airnya yang deras dan rintangan alam berupa bebatuan alam yang cukup terjal. Tempat ini juga menjadi spot populer berskala internasional bagi pecinta aktivitas air khususnya arung jeram.

Sungai ini juga memiliki air yang cukup jernih dan di bagian hulu juga terdapat cukup banyak jenis ikan yang berkembang biak di tempat ini. Oleh karena itu, wisatawan yang takut dengan aktivitas menantang seperti arung jeram bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing atau memancing di hulu sambil menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri dan asri. Keindahan yang ditampilkan bukan hanya karena kejernihan air atau ikan-ikan yang hidup di tempat ini. Di hulunya juga terdapat keindahan yang tak kalah menarik yaitu air terjun di dalam hutan. Keindahan alam tersembunyi dibalik rindangnya hutan. Air terjun ini masih sangat alami karena masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan air terjun ini. Diselubungi keindahan hutan yang masih sangat alami serta sejuknya udara yang ditimbulkannya. Membuat suasana begitu tenang dan damai. Ditambah lagi dengan pepohonan rindang membuat pengunjung betah berada di tempat wisata alam ini.

Keindahan alam yang cukup eksotis ini bisa menjadi salah satu alasan pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata alam ini. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang mencari suasana liburan yang tenang, damai dan sejuk. Dan juga sangat cocok bagi anda yang bosan dengan kebisingan atau hiruk pikuk dan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Di sini Anda akan merasa sangat rileks dan pikiran Anda akan tenang dan nyaman.

Baca juga: Benteng Marlborough, situs bersejarah di Bengkulu

Anda juga bisa menambahkan tempat ini ke salah satu daftar destinasi liburan Anda bersama teman atau keluarga tercinta. Jika Anda mengalami kendala akses lokasi, jangan khawatir karena saat ini juga didukung dengan penerbangan rutin wilayah Mukomuko. Selain itu, diadakan juga lomba dayung kano di lokasi ini untuk memperingati hari jadi kota Mukomuko. Pemerintah setempat juga berupaya menjadikan tempat wisata ini sebagai objek wisata yang sepenuhnya sejalan dengan konsep pengembangan Air Berau. Selain itu, pemerintah daerah juga ingin mendekatkan budaya sekitar kepada masyarakat atau pengunjung. Budaya lain yang bisa dihadirkan juga sarat akan nuansa adat, selain acara pernikahan adat juga menawarkan pemandian anak di air yang artinya bayi baru lahir dimandikan langsung di sungai.

Lokasi Sungai Air Berau

Terletak di kawasan Mukomuko Provinsi Bengkulu, Sungai Air Berau terletak di tepi Jalan Lintas Barat atau biasa disebut Jalinbar dan berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Mukomuko. Akses menuju tempat ini juga cukup mudah. Bagi pengunjung dari luar yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak perlu khawatir karena saat ini juga sudah tersedia penerbangan reguler menuju Kabupaten Mukomuko.

Jam buka dan tarif masuk Sungai Air Berau

Untuk menikmati keindahan objek wisata ini anda bisa datang dari pagi hingga sore hari dan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun atau HTM apapun, yakni gratis. Namun jika ingin arung jeram, biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp 100,00 hingga 200,000 per orang.

Tips berlibur di Sungai Air Berau

  • Perhatikan status kesehatan Anda agar tetap sehat

  • Jangan lupa membawa perbekalan seperti makanan dan minuman karena di sini masih sangat sedikit ruang untuk warung atau restoran.

  • Bawalah perlengkapan liburan anda dan bagi anda yang ingin mencoba arung jeram atau sekedar memancing, di lokasi ini juga terdapat tempat persewaan arung jeram atau pemancingan.

  • Jangan lupa membawa baju ganti

  • Pengunjung harus selalu berhati-hati di lokasi ini, terutama bagi pengunjung yang melakukan aktivitas air seperti arung jeram

  • Orang tua juga harus selalu mengawasi anaknya untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

  • Bawalah kamera untuk menunjang perjalanan liburan Anda dan mengabadikan momen indah bersama

  • Selalu menjaga alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button