Tempat Wisata

Sungai Batang Merangin: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Hamparan alam Kabupaten Merangin menyimpan sejuta pesona yang mampu memikat jutaan mata. Berbagai air terjun, danau, dan pegunungan menjadi tempat wisata. Selain itu, alam merangin juga menghadirkan tantangan tersendiri bagi sebagian orang untuk diatasi. Seperti Sungai Batang Merangin yang terkenal dengan jeramnya yang ekstrim dan menantang.

Suara jeram yang menghantam bebatuan besar seakan memecah keheningan alam. Bahkan, Sungai Batang Merangin dianggap sebagai salah satu tempat olahraga arung jeram terbesar di negara ini. Jenis jeram yang berbeda dengan kemiringan dan karakteristik yang berbeda menghadirkan kendala yang harus diatasi. Tempat ini bak surga bagi wisatawan yang menyukai olahraga memompa adrenalin.

Sungai Batang Merangin

Sungai Batang Merangin merupakan sungai yang berhulu di Danau Kerinci dan bermuara di Sungai Batang Hari. Titik start rafting berada di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarab, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasi awal ini berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Bangkok dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Lokasi Desa Air Batu tidak sulit ditemukan. Wisatawan dapat mengakses desa ini dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Penyewaan perahu karet tersedia bagi pengunjung yang ingin merasakan derasnya aliran Sungai Batang Merangin. Selain itu, alternatif lain untuk menjelajahi sungai ini adalah dengan berjalan kaki.

Pesona Sungai Batang Merangin

Petualangan menyusuri Sungai Batang Merangin diawali dengan mengayuh dayung untuk mengatasi segala jeram sungai ini sesuai petunjuk pemandu. Tingkat adrenalin semakin meningkat dengan derasnya arus sungai. Bebatuan granit besar juga menjadi kendala yang harus diatasi wisatawan.

Ada dua jalur arung jeram di Sungai Batang Merangin dengan kekuatan jeram yang berbeda. Rute arung jeram pertama lebih pendek dan hanya memakan waktu sekitar satu jam. Jeramnya tidak terlalu ekstrim, sedangkan jalur kedua sepanjang 13 kilometer dan memakan waktu hingga 3 jam. Jalur kedua ini lebih banyak digunakan wisatawan karena lebih menantang dan seru.

Sungai Batang Merangin

Tercatat ada 22 jeram di sungai ini yang masing-masing memiliki namanya sendiri. Dari 22 jeram, 6 dianggap paling ekstrim. Jeram tersebut adalah Jeram Amin, Jeram Milan, Jeram Lade, Jeram Tilam, Teluk Kesah dan Geluntung Manda. Jika tidak hati-hati dan tidak mengikuti petunjuk pemandu, perahu bisa terbalik saat melintasi jeram tersebut.

Jalur rafting di Sungai Batang Merangin sendiri dimulai sejak tahun 1998. Uniknya, jalur rafting juga melewati kawasan Geopark Merangin yang menyimpan berbagai fosil flora dan fauna berusia ratusan juta tahun. Seiring perkembangan dunia arung jeram, kompetisi tingkat nasional diadakan di sungai ini setiap tahun.

Tujuan acara ini juga untuk mempromosikan Geopark Merangin, yang saat ini diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kompetisi arung jeram berskala internasional akan lebih sering diadakan di masa mendatang. Sungai ini sering dijadikan tempat latihan kasau dari Provinsi Jambi.

Menyusuri Sungai Batang Merangin, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah di kanan kiri sungai. Deretan pepohonan hijau dan bebatuan besar menemani tamasya wisatawan. Pada bulan-bulan tertentu banyak ditemukan kelelawar yang bertebaran. Kelelawar saat ini sedang berkembang biak dan akan bermigrasi lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Di sepanjang Sungai Batang Merangin, wisatawan juga bisa melihat berbagai fosil kayu, kerang, dan daun yang membatu. Diperkirakan berusia lebih dari 300 juta tahun, fosil-fosil ini tersebar di seluruh kawasan Geopark Merangin. Selain itu, di tepian sungai juga terdapat beberapa air terjun eksotik yang bisa disinggahi wisatawan.

Tumbuhan sungai batang merangin

Wisata Arung Jeram Sungai Batang Merangin juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Di Desa Air Batu, titik awalnya ada persewaan kolek seharga Rp 600.000 per 5 orang. Harga tersebut juga sudah termasuk jasa guide yang menemani wisatawan saat rafting. Selain itu, ada layanan transportasi yang menjemput wisatawan di garis finish.

Namun, jika pengunjung ingin menelusuri Sungai Batang Merangin dan Geopark Merangin, pengunjung hanya perlu membayar jasa pemandu sebesar Rp100 ribu. Hanya 100.000. Di Desa Air Batu, wisatawan bisa menemukan berbagai fasilitas seperti toilet, tempat parkir, tempat ibadah, dan juga beberapa penjual makanan.

Desa Air Batu juga memiliki beberapa homestay untuk tempat tinggal wisatawan. Tinggal di host family ini cukup murah dan nyaman, meski fasilitas yang ditawarkan cukup mendasar. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa hotel di Kota Bangkok sebagai alternatif untuk bermalam.

Baca juga: Air Terjun Telun Perentak, keindahan air terjun di Kabupaten Merangin

Bagi penggemar arung jeram, kunjungan ke Sungai Batang Merangin bisa menjadi pilihan yang menarik. Kegiatan berikut dapat dilakukan di sungai ini.

Nikmati arung jeram dan alam

Jika Anda senang melakukan aktivitas yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba arung jeram di Sungai Batang Merangin. Kegiatan ini sangat seru dan menantang, Anda akan menghadapi puluhan jeram dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Selain itu, di sepanjang sungai Anda bisa menikmati keindahan alam Merangin yang masih asri dan lestari.

Selain arung jeram, Anda juga bisa singgah di beberapa lokasi sungai untuk melihat fosil yang berusia ratusan juta tahun. Anda bisa melihat fosil kayu, daun dan juga berbagai kerang. Setelah puas berarung jeram, Anda bisa mampir ke Air Terjun Muara Karing yang menawarkan sensasi seluncuran alami di atas bebatuan.

Retribusi masuk sungai Batang Merangin

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya Arung Jeram: Rp 450.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Sungai Batang Merangin

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

berburu foto

Rafting juga bisa mengabadikan keindahan alam di kiri kanan Sungai Batang Merangin. Namun tentunya Anda harus menggunakan kamera yang tahan air karena kamera Anda bisa saja rusak jika menggunakan kamera biasa. Keseruan menaklukkan jeram juga bisa kamu abadikan dengan berfoto bersama teman.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di bebatuan tempat fosil tersebut berada. Juga berbagai bentuk fosil dari flora dan fauna sangat menarik untuk Anda tangkap. Selain itu, Anda bisa berfoto di beberapa air terjun di sepanjang sungai. Air terjun ini sangat indah dan bisa Anda gunakan sebagai background foto.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips berwisata di Sungai Batang Merangin

  • Jika Anda akan melakukan rafting, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan kondisi fisik Anda.
  • Jika Anda tidak berani mengarungi sungai, Anda bisa melakukan beberapa tracking di sungai ini.
  • Saat rafting, selalu ikuti petunjuk dan petunjuk pemandu.
  • Selalu berhati-hati dan waspada karena jeram Sungai Batang Merangin memakan korban jiwa.
  • Jangan membuang sampah ke sungai saat rafting.
  • Selalu menjaga kelestarian sungai dan lingkungan alamnya serta tidak merusak keindahan sungai dan fosilnya.

Galeri Foto Sungai Batang di Merangin

Selamat datang di Sungai Batang
Potret Sungai Batang
Kejuaraan Nasional Arung Jeram di Sungai Batang
berburu foto
Menjelajahi Sungai Batang
Air terjun di tepi Sungai Batang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button