Tempat Wisata

Sunrise Point Cukul, tempat terbaik menikmati panorama matahari terbit di Bandung

Nikmati spektakulernya matahari terbit di Bandung dengan berkunjung ke Sunrise Point Cukul, tempat terbaik yang menawarkan panorama alam menakjubkan dan pengalaman liburan yang mempesona.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Cukul, Kecamatan Sukaluyu. Pangalengan, Kab.Bandung Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Para pecinta Sunrise di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bandung pasti tahu dengan tempat wisata Sunrise Point Cukul di Kabupaten Pangalengan. Di tempat wisata alam ini Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

Banyaknya bukit dan gunung yang mengelilingi tempat wisata indah ini juga menjadikan pengalaman matahari terbit menjadi pengalaman yang sangat istimewa. Belum lagi alam sekitar yang kaya akan tanaman hijau, mulai dari sawah dengan padi hingga hutan dengan pepohonan. Semua keindahan alam ini bahkan mampu membuat wisatawan merasa lebih tenang.

Sunrise Point Cukul yang populer tidak hanya mengandalkan pemandangan matahari terbit dan keindahan alamnya saja, namun juga menawarkan beberapa hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur ke sini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan singkat mengenai tempat wisata alam di Kecamatan Pangalengan.

Cek tiket Taman Lembah Dewata Bandung

Daya tarik Sunrise Point Kukul

Shutterstock atraksi Sunrise Point CukulFoto oleh Semprio di Shutterstock

Tempat terbaik di Jawa Barat untuk menikmati matahari terbit

Melihat nama tempat wisata di Kabupaten Bandung ini, kebanyakan orang langsung menyadari bahwa salah satu daya tariknya adalah pemandangan matahari terbit. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berlibur datang ke objek wisata menakjubkan ini hanya untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Mereka bahkan rela mendirikan tenda dan bermalam di hutan belantara agar tidak melewatkan sedetik pun momen terbitnya matahari yang telah lama ditunggu-tunggu. Jadi jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen matahari terbit di ufuk timur di objek wisata cantik ini.

Panorama lingkungan

Sedangkan untuk daya tarik Sunrise Point Cukul, lingkungan alamnya akan sangat digemari wisatawan. Pasalnya dari puncak tempat wisata dataran tinggi ini terlihat banyak bukit dan gunung dari kejauhan, serta alam yang sangat dominan dengan warna hijau.

Warna hijaunya mengingatkan kita pada persawahan dengan ribuan padi yang tumbuh menjadi hutan yang banyak pepohonan rindang. Tak hanya pemandangannya yang kaya akan pepohonan, di sekitar tempat wisata populer ini juga terdapat beberapa pepohonan yang rindang. Artinya wisatawan tidak perlu takut dengan panasnya sinar matahari di siang hari.

Padahal, dengan segala keindahan alam tersebut ditambah dengan sejuknya udara yang mereka rasakan, membuat setiap wisatawan bisa merasakan suasana damai yang tidak bisa didapatkan di kota-kota besar. Oleh karena itu, tak heran jika ada beberapa wisatawan yang sengaja menghabiskan liburannya di objek wisata alam indah ini hanya sekedar untuk refreshing.

Tempat foto

Daya tarik selanjutnya adalah spot foto yang bisa Anda temukan di beberapa tempat tempat wisata menakjubkan tersebut. Spot foto ini sengaja didirikan oleh pihak pengelola Sunrise Point Cukul untuk membantu wisatawan mengambil foto agar hasilnya maksimal, karena jika puas dengan fotonya pasti akan diposting di media sosial.

Oleh karena itu, banyak wisatawan terutama remaja yang datang berlibur hanya untuk mencari foto Instagramable. Beberapa spot foto yang populer adalah jembatan kayu dan puncak, serta masih ada beberapa tempat menarik lainnya.

Tiket Masuk Kolam Renang Pendidikan Pandiga

Vila Merah

Di sekitar tempat wisata matahari terbit terdapat sebuah villa angker bernama Villa Merah. Menurut cerita yang beredar, Villa Merah merupakan sebuah bangunan tua peninggalan Belanda pada masa penjajahan dan diyakini pernah terjadi pembunuhan.

Bahkan ada beberapa wisatawan yang mengaku melihat seorang wanita di rumah angker tersebut yang mereka yakini sebagai korban pembunuhan. Kisah horor ini begitu populer sehingga melahirkan film horor Indonesia berjudul Pengabdi Setan yang tayang pada tahun 2017 dan mengambil lokasi syuting di gedung lama Villa Merah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Foto oleh Wita Juliana Isela di ShutterstockFoto oleh Wita Juliana Isela di Shutterstock

Sunrise Point Kukul terletak di Jl. Cukul, Kabupaten Bandung, Kecamatan Pangalengan, Provinsi Jawa Barat atau sekitar 67 km dari pusat Kota Bandung. Untuk itinerary sendiri bisa mengunjungi Alun-Alun Kota Bandung di Jl. mulai. Asia Afrika menuju pertigaan Jl. Otto Iskandar Dinata, lalu belok kiri.

Ikuti Jl. Otto Iskandar Dinata hingga menemukan pertigaan di Jl. Kemudian belok kanan menuju Kalipah Apo dan terus lurus hingga mencapai Jl. Pagarsih kemudian masuk kembali ke Jl. Saluran Suriah. Lanjutkan ke Jl. Berkendara melalui Kanal Suryani hingga mencapai Jl. Ir. Soekarno Hatta kemudian berbelok ke kanan dan mengambil pintu keluar Tol Pasir Koja.

Tetap di pintu keluar tol Pasir Koja hingga melewati Jl. Kemudian belok kiri menuju Tol Soroja dan menyatu ke Jl. Raya Gading Tutuka setelah melewati pintu tol Soreang. Ikuti terus Jl. Raya Gading Tutuka hingga menemui jalan buntu, lalu belok kiri dan ikuti jalan hingga menemukan pertigaan Dangdeur dekat SRGC Playstation Banjaran.

Silakan belok kanan di pertigaan untuk masuk ke Jl. Dangdeur kemudian memasuki Jl. Pahlawan kemudian berbelok ke Jl di pertigaan. segera. Kebon Kelapa dan sampai di pertigaan Jl. Raya Pangalengan. Ikuti terus Jl. Raya Pangalengan hingga masuk Jl. Raya Wates.

Ikuti Jl. Raya Wates sampai masuk Jl. Cukul dan belok kanan di pertigaan dekat Bumi Perkemahan Pangalengan Sky Park. Tak jauh dari pertigaan tersebut Anda akan menemukan destinasi wisata di ujung jalan. Itinerary ini memakan waktu kurang lebih 2 jam 21 menit dengan mobil (saat masuk tol).

Penawaran Hotel di Bandung

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk ke Sunrise Point Cukul adalah Rp 10.000 per orang dan berlaku baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Tempat wisata alam ini awalnya hanya buka pada pukul 08:00 hingga 18:00 WIB, namun karena pesona matahari terbitnya yang mempesona, kini buka 24 jam.

Sunrise di tempat wisata cantik ini begitu populer hingga ramai dikunjungi wisatawan mulai pukul 3 pagi hingga seterusnya. Bahkan ada pula yang rela bermalam di tempat wisata populer ini agar tidak melewatkan sedetik pun momen matahari terbit.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Shutterstock Sunrise Point CukulFoto oleh Fuzirianto di Shutterstock

1. Melihat indahnya matahari terbit di Cukul Point

Tidak bisa dipungkiri kalau Sunrise sangat indah di tempat wisata populer ini. Kehadiran pegunungan dan perbukitan dari kejauhan membuat momen terbitnya matahari semakin menakjubkan, apalagi saat cahaya dari pusat tata surya perlahan mulai menyinari perbukitan untuk menerangi alam sekitar.

Momen menakjubkan ini membuat semua orang langsung tertidur. Bahkan memalingkan badanku pun terasa sangat sulit karena aku masih terpaku dengan indahnya matahari terbit.

2. Melihat keindahan bintang di malam hari

Selain pemandangan matahari terbenam yang mempesona, Sunrise Point Cukul juga menyuguhkan pemandangan bintang yang sangat indah di malam hari. Bahkan, tempat wisata alam ini dianggap sebagai salah satu tempat melihat Bimasakti di Jawa Barat terbaik.

Oleh karena itu, bagi anda yang tertarik dengan ilmu astronomi, silahkan datang ke tempat wisata di Kabupaten Bandung ini untuk mengagumi keindahan rasi bintang dan benda-benda luar angkasa lainnya. Jika Anda datang di waktu yang tepat, planet Mars dan Venus bisa terlihat cukup jelas.

3. Menikmati pemandangan alam sekitar

Kita beralih dari memandang benda-benda luar angkasa dan beralih memandang bumi itu sendiri, yaitu lingkungan alam tempat wisata menakjubkan yang sangat kaya akan tumbuhan. Dari atas tempat wisata populer ini, Anda juga bisa menyaksikan hutan yang dipenuhi pepohonan dan persawahan warga yang terletak tepat di bawah tempat wisata alam ini.

Bahkan, suasana sejuk dan tenang di sekitar lokasi Sunrise Point Kukul semakin terasa seiring dengan tumbuhnya semua tanaman. Tak hanya bisa menikmati seluruh pemandangan alam yang indah, wisatawan juga bisa melakukan healing atau bersantai dan melepas beban permasalahannya.

4. Ambil foto

Aktivitas menarik selanjutnya yang wajib Anda lakukan di tempat wisata di kabupaten Pangalengan ini adalah fotografi. Pasalnya alamnya sungguh mempesona dan terdapat spot-spot foto menarik yang dibuat oleh pihak pengelola. Hal ini langsung menggugah jiwa narsis seseorang untuk segera berpose di depan kamera.

5. Berkemah

Sebelumnya disebutkan ada beberapa wisatawan yang sedang melakukan aktivitas berkemah atau bermalam di hutan belantara untuk menunggu terbitnya matahari terbit. Namun ada juga sebagian wisatawan yang berkemah di Sunrise Point Cukul karena ingin merasakan bagaimana rasanya menginap di objek wisata populer tersebut.

6. Kunjungi Vila Merah

Villa Merah atau lokasi syuting film horor Indonesia berjudul “Pengabdi Setan” kemudian menjadi populer seiring dengan kesuksesan film yang disutradarai oleh Joko Anwar. Oleh karena itu, ada beberapa wisatawan yang sengaja mengunjungi situs bekas peninggalan Belanda ini untuk berfoto atau sekedar melihat-lihat.

7. Kunjungi Situ Kukul

Tak jauh dari tempat wisata Sunrise Point di Kabupaten Bandung, terdapat sebuah danau kecil bernama Situ Kukul. Danau ini memang tidak terlalu populer, namun Anda bisa mengunjunginya untuk berfoto atau menikmati pemandangan sekitar yang juga sangat indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

area parkir

Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan adalah tempat parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, Anda dapat memarkir kendaraannya di lokasi ini. Luas lahan parkirnya juga cukup luas bahkan bisa menampung bus wisata.

tempat makan

Lanjut ke fasilitas selanjutnya dari Sunrise Point Cukul yaitu food court atau ruang makan. Wisatawan yang tidak membawa bekal dan merasa lapar bisa membeli makanan dan minuman di tempat makan ini. Food court tersebut tidak hanya menjual makanan berat, namun juga makanan ringan atau makanan ringan.

tempat peristirahatan umum

Fasilitas terakhir adalah toilet umum yang dapat digunakan wisatawan untuk buang air besar dan kecil. Soal kebersihannya jangan khawatir karena ada juga petugas kebersihannya, namun demi pertimbangan calon pengguna, alangkah baiknya jika toilet umum dibiarkan dalam keadaan bersih.

Demikian ulasan singkat tentang Sunrise Point Cukul. Tempat wisata alam yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat sekitar Bandung, terutama para remaja yang senang mencari foto-foto Instagrammable dan pemandangan matahari terbit.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button