Berita Wisata

Survei udara sedang melakukan survei udara di Kawah Wurung Ijen

Senin, 30 Januari 2023 | 02:22 WIB

| Penulis:

Penerbit: Tobari

Surabaya, InfoPublik – Obyek wisata Kawah Wurung Bondowoso diinspeksi melalui udara pada Minggu (29/1/2023). Survei dengan menggunakan pesawat Cessna Grand Carava PK-SNN ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menggali potensi wisata Kabupaten Jember dan Bondowoso.

Kegiatan ini diinisiasi oleh tim eksibisi Flying Wurung UMM yang dipimpin oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Fauzan.

Dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono, serta Bupati Jember, Hendi Siswanto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Bambang Soekwanto.

Pesawat tersebut diterbangkan dari Bandara Notohadinegoro di Jember. Terbang sekitar 30 menit melalui wilayah Jember dan Bondowoso. Lintasan Kawah Wurung, Kawah Ijen dan Gunung Raung.

Sekadar diketahui, Kawah Wurung merupakan tempat wisata di Bondowoso. Kawah ini letaknya tidak jauh dari kawah Ijen dan berjarak sekitar 9-10 KM. Ketinggian Kawah Wurung 1500 mdpl di desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

Obyek wisata yang dikelola sepenuhnya oleh Perum Perhutani Bondowoso ini menawarkan daya tarik utama berupa kawah dan alam pegunungan yang didominasi oleh rerumputan hijau dan berbagai jenis bunga.

Biasanya objek wisata Kawah Wurung bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan bermotor.

“Kawah Wurung merupakan bukit dengan cekungan seperti kawah gunung yang ditumbuhi padang rumput. Kawah ini disebut juga Bukit Cincin. Dilihat dari udara sangat indah,” kata Hudiyono.

Menurutnya, survei udara ini berupa pemetaan potensi wisata udara dengan menggunakan pesawat Cessna kecil. Kapasitasnya hanya 12 penumpang.

“Sementara ini ada rencana menggunakan pesawat milik Pemkab Jember, ke depan UMM berencana berinvestasi dengan membeli pesawat Cessna untuk pengembangan wisata udara di kawah Wurung Bondowoso yang disiapkan khusus di Bandara Notohadinegoro Jember,” katanya.

Menindaklanjuti hasil survei udara Kawah Wurung, pihaknya akan menggelar rapat untuk mematangkan konsep wisata dengan menggunakan pesawat.

“Alhamdulillah Pak Gubernur puas dan hasil investigasi hari ini akan kami tindak lanjuti dalam rapat teknis Selasa besok,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya data baru tempat wisata melalui udara ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, Jawa Timur sangat indah. Sedikit keindahan surga yang jatuh ke bumi. Jadi kalau mau berwisata ke Jawa Timur, silakan,” ujarnya. . (MC Discominfo Prov Jawa Timur/non-sti/toeb)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button