Berita Wisata

Tahun baru makin seru, berikut 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang asyik dan hemat

SurabayaNetwork.id – Pesta tahun baru kali ini bertepatan dengan liburan sekolah usai ujian semester. Agar pergantian tahun semakin seru, menghabiskan waktu di beberapa tempat wisata di Jogja akan menjadi momen liburan yang berkesan dan tak terlupakan.

Agar keuangan tidak membengkak usai liburan, memilih tempat wisata di Jogja khususnya yang dekat Malioboro, asyik dan hemat tentu menjadi pilihan.

Malioboro memang menjadi salah satu ikon wisata andalan Yogyakarta. Namun ternyata ada berbagai tempat wisata di jogja dekat malioboro yang tak kalah seru dan wajib anda kunjungi.

1. Titik nol

Zero Point merupakan tempat wisata di dekat Malioboro yang dapat diakses dengan berjalan kaki.

Menurut sumber resmi dari Pemkot Yogyakarta, lokasi ground zero berada di perempatan kantor pos besar yang merupakan lokasi yang sangat strategis di Jogja.

Namun jika ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya pada malam hari saat suasana sedang sejuk.

Alasan lainnya adalah pada malam hari di tempat ini Anda bisa menikmati wisata kuliner.

Ada berbagai pilihan kuliner yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Titik Nol Kilometer Jogja, terletak di Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

Jam Titik Nol adalah 24 jam dengan masuk gratis.

2. Keraton Yogyakarta

Jika anda mencari tempat wisata di jogja yang bagus dekat malioboro pilihannya adalah keraton yogyakarta.

Betapa tidak, sejarahnya yang panjang, lebih dari 250 tahun, dan warisannya yang masih terpelihara dengan baik hingga saat ini, menjadi alasan kuat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Keraton Yogyakarta.

Destinasi wisata ini masih menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan, namun beberapa tempat merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

Meski tidak memiliki darah bangsawan, berada di istana ini akan membuat Anda merasakan aura kebangsawanan yang kental dan sakral.

Keraton Yogyakarta terletak di Jl. Jendral Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, kota Yogyakarta.

Jam buka Keraton Yogyakarta mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dengan biaya masuk Rp 7.500 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara.

3. Alun-alun Selatan

Selain itu, tempat yang menjadi salah satu dari 5 tempat wisata di dekat Malioboro adalah Alun-Alun Kidul.

Tempat wisata gratis ini juga sangat diminati oleh para pengunjung, baik warga jogja maupun wisatawan luar kota maupun mancanegara.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat matahari terbenam di ufuk barat, karena suasananya yang eksotik menjadikannya spot foto yang unik.

Selain kulineran, berfoto-foto, Anda juga bisa menikmati suasana malam Jogja dengan mengendarai kereta hias terjangkau sambil mendengarkan lagu “Yogyakarta” yang syahdu dan merdu dari proyek Kla.

Alun-Alun Kidul terletak di Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta dengan jam buka 24 jam dan gratis tiket masuk.

Jangan khawatir, Anda hanya akan mengunjungi tempat wisata yang sama saja, karena ternyata ada tempat wisata baru di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Tempat ini dikenal dengan nama Slasar Malioboro, dimana konsep yang diusung disana mengedepankan sisi klasik dan elegan.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai tempat makan dengan sajian lezat yang menggugah selera. Dilengkapi juga dengan loker berbayar bagi Anda yang ingin segera bersih-bersih dan dapat langsung melanjutkan aktivitas.

Slasar Malioboro berada di Jl. Ps.Bunga, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Jam buka 24 jam sehari, dengan tiket masuk gratis.

5. Museum Sonobudoyo

Bagi Anda yang menyukai segala hal tentang sejarah, Museum Sonobudoyo pasti akan menjadi tempat yang paling Anda cari.

Museum ini memiliki koleksi yang berasal dari masa prasejarah, seperti bahan perang kemerdekaan tetapi juga berbagai koleksi barang antik lainnya.

Di museum ini juga terdapat berbagai alat pertunjukan wayang, baik wayang kulit, wayang orang dan juga wayang topeng Panji.

Museum Sonobudoyo terletak di Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta. Dengan jam buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Dan harga tiket masuknya adalah Rp 3.000 untuk dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara. ***

Dapatkan update pilihan harian, berita dan artikel terbaru dari SurabayaNetwork.id. Yuk join channel Telegram Surabaya Network caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda. **

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button