Tempat Wisata

Tahura Bunder, menyaksikan keanekaragaman jenis tumbuhan unik di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-15.30 WIB, Alamat: Gading III, Gading, Kec. Playen, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Tahura Bunder atau Taman Hutan Bunder saat ini semakin menarik perhatian pengunjung sebagai objek wisata. Letaknya yang strategis di pinggir Jalan Raya Jogja – Wonosari km 30 menjadi salah satu alasannya. Selain itu, taman yang dibuat sejak tahun 2014 ini memiliki pepohonan yang rimbun dengan suasana yang tenang.

Hal ini menjadikannya tempat yang sangat nyaman untuk beristirahat dan melepas penat dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemerintah kini telah menambahkan area bermain ke taman. Pastikan orang sering mengunjungi keluarganya di akhir pekan. Apa lagi yang menarik dari Taman Hutan Raya Bunder? Mari kita cari tahu.

Jogja Day Tour: Arung Jeram Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Daya tarik Tahura Bunder

Daya tarik Tahura BunderFoto dari Gps Wisata Indonesia di Google Maps

✦ Menampilkan berbagai spesies tanaman

Sebagai cagar alam, Taman Hutan Raya Bunder merupakan rumah bagi berbagai jenis tumbuhan. Spesies yang berbeda ini tersebar merata di seluruh taman nasional, yang luasnya mencapai 634 hektar. Sebelum ditetapkan sebagai taman hutan raya pada tahun 2014, kawasan ini berfungsi sebagai hutan produksi.

Jenis tumbuhan yang dominan adalah pohon kayu putih. Dimana daun pohon kayu putih digunakan sebagai bahan baku produksi minyak kayu putih. Setelah ditetapkan sebagai cagar alam, jenis tumbuhannya pun semakin beragam. Sekitar 188 spesies telah teridentifikasi antara lain Kayu Putih, Mahoni, Jati, Kesambi, Lammoro, Gamal, Nyamplung dan masih banyak lagi.

✦ Habitat berbagai spesies satwa liar

Dengan semakin beragamnya vegetasi penyusun hutan, Tahura Bunder menjadi habitat berbagai jenis satwa liar. Banyak sekali satwa yang akhirnya berhasil hidup dan berkembang biak di kawasan ini, mulai dari ayam hutan hingga berbagai jenis burung. Seperti perkutut, madu sriganti, cucak kutilang, jawa bubut, jawa bondol, tokek jawa dan sepah kecil.

✦ Wisata air di Sungai Oya

Karena potensi keanekaragaman hayati yang ada di Tahura Bunder, maka dimanfaatkan tidak hanya sebagai cagar alam tetapi juga untuk kegiatan wisata alam. Salah satu yang menarik di hutan ini adalah wisata air di Sungai Oya yang sering disebut dengan Sungai Oyo.

Cek tiket balet di Candi Prambanan

Menjelajah Sungai Oya merupakan aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan saat datang ke sini. Apalagi air sungainya sangat jernih dan segar sehingga semua orang ingin bermain di sana. Namun airnya biasanya surut pada musim panas atau musim kemarau, jadi sebaiknya pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tahura BunderFoto dari Gps Wisata Indonesia di Google Maps

Secara administratif, Tahura Bunder dengan luas sekitar 634 hektar meliputi dua kecamatan yaitu Kecamatan Playen dan Kecamatan Patuk Yogyakarta. Lokasinya terletak di Kabupaten Gunung Kidul, di pinggir Jalan Raya Jogja – Wonosari km 30. Anda dapat berkendara sekitar 60 menit dari pusat kota Jogja untuk mencapai lokasi.

Untuk rutenya anda bisa menuju ke arah Wonosari, nanti anda akan menemukan pintu masuknya di sebelah kiri jalan. Sambungan jalan bagus dan dapat digunakan oleh berbagai jenis kendaraan. Jika Anda masih kesulitan menemukan lokasi hutan, Anda bisa menggunakan bantuan peta digital.

Hotel murah di Magelang

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Taman Hutan Raya Bunder bisa dibilang sangat terjangkau. Karena hanya satu tiket yang dikenakan tarif Rp per orang. 5.000 hingga Rp 10.000 saja. Nanti akan dikenakan biaya tambahan jika ingin mencoba permainan outbound. Namun harganya juga sangat murah yakni berkisar Rp 15.000 saja per gamenya.

Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan berbagai permainan outdoor di Tahura Bunder sebaiknya datang pada jam operasional. Jam operasional taman hutan raya besar ini setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan seru di Tahura BunderFoto dari Gps Wisata Indonesia di Google Maps

1. Jelajahi setiap zona

Taman Hutan Raya Bunder terbagi menjadi tiga zona untuk Anda jelajahi. Zona I digunakan sebagai tempat perkemahan. Zona ini biasanya terdapat atraksi gajah dan pertunjukan budaya yang dapat dilihat pengunjung. Kemudian Zona II menjadi lokasi penelitian.

Di zona ini terdapat pabrik minyak kayu putih, penangkaran rusa, dan pembibitan benih. Sedangkan Zona III, zona terakhir merupakan kebun binatang mini. Ada penangkaran reptil, taman burung, agroforestri dan masih banyak lagi.

2. Menyaksikan peternakan rusa timor di Tahura Bunder

Di Zona II Tahura Bunder, Anda bisa menyaksikan penangkaran rusa timor. Rusa ini dirawat dengan baik di lahan seluas 6,2 hektar. Mereka dapat berlarian dengan bebas dan menarik perhatian anak-anak. Biasanya, dengan izin petugas, pengunjung diperbolehkan memberi makan rusa dan berfoto bersama.

3. Kunjungi Pabrik Pengilangan Minyak Kayu Putih

Tak hanya bisa menikmati keindahan hutan dan mengamati berbagai satwa, Anda juga bisa memperluas pengetahuan dengan mengunjungi langsung pabrik penyulingan minyak kayu putih. Pabrik tersebut telah dibangun di kawasan hutan luas ini sejak tahun 1980-an. Namanya Sendang Mole dan masih beroperasi sampai sekarang. Anda dapat meminta petugas untuk melihat ke dalam.

4. Cobalah permainan outbound yang berbeda

Ada banyak permainan outbound yang bisa dicoba pengunjung di Tahura Bunder. Misalnya saja paintball, sepeda terbang, jembatan gantung, kendaraan off-road dan masih banyak lagi. Permainan yang berbeda ini cocok untuk segala usia dan memastikan Anda tidak pernah bosan.

5. Ikuti Sungai Oya

Sungai Oya mengalir di kawasan Taman Hutan Raya Bunder, sehingga wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk singgah dan bermain air di sungai ini. Apalagi Sungai Oya memiliki aliran yang sangat jernih dan menyegarkan. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah pakaian ganti jika diperlukan.

6. Berkemah

Tahura Bunder juga mempunyai tempat perkemahan bagi pengunjung. Arealnya cukup luas dan terletak di tengah hutan. Jadi disekitarnya banyak pepohonan yang membuat udara terasa sejuk. Rasakan sensasi bermalam di tengah hutan dan nikmati suasana damai, jauh dari hiruk pikuk kota.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Tahura BunderFoto oleh Nging Swie di Google Maps

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, pemerintah telah melengkapi taman hutan luas ini dengan berbagai fasilitas. Misalnya saja tempat parkir, toilet, tempat bermain atau berolahraga bahkan tempat perkemahan bagi wisatawan yang ingin bermalam di hutan.

Bahkan ada beberapa spot foto yang sengaja dibangun sebagai tempat selfie ria. Misalnya saja hammock, ayunan gantung rotan, dan jalanan dengan bola gantung. Terdapat juga area bermain khusus anak-anak sehingga sangat cocok dijadikan destinasi liburan keluarga.

Selain itu, Tahura Bunder dilengkapi dengan Angkringan klasik untuk Anda yang merasa lapar atau haus setelah bermain. Meski bujetnya tidak besar, namun menu yang ditawarkan bervariasi dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Taman Hutan Raya Bunder di Gunung Kidul tidak hanya bermanfaat sebagai kawasan konservasi dan penelitian tetapi juga menjadi destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Karena tidak hanya menawarkan banyak kegiatan menarik, tapi juga bisa menambah pengetahuan anak. Datanglah sekarang!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button