Berita Wisata

Tak perlu ke luar negeri, di Bondowoso ada rangkaian Stonehenge yang cocok untuk perayaan akhir tahun

TIMESINDONESIA, BONDOSOSO – Kalau bicara wisata mancanegara, satu hal yang kita ingat adalah Stonehenge. Di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur juga ada wisata serupa. Namanya Batu So’on Solor atau dikenal juga dengan Batu Susun. Oleh karena itu cocok sebagai pilihan liburan keluarga.

Batu So’on Solor di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur juga dikenal dengan sebutan Stonehenge Van Java. Wisata Alam Batu So’on terletak di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso.

Batu So’on Solor berada di kecamatan Cermee, berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bondowoso. Saat ini, Batu So’on Solor termasuk dalam Geopark Ijen dan akan segera resmi menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Akses transportasi menuju Batu So’on Solor sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Pemerintah Kabupaten Bondowoso juga telah membenahi dan menambah fasilitas di destinasi wisata.

Ada spot foto yang tak kalah menarik. Selain itu, terdapat pemandangan yang membawa pengunjung semakin dekat dengan lokasi Batu So’on Solor. Sesampai di sana, wisatawan akan disuguhkan pemandangan bongkahan batu besar.

Tentu saja yang sangat menarik, batu-batu besar ini seolah tersusun berjejer seperti Stonehenge di Inggris. Ini adalah daya tarik utama dari tujuan wisata alam Batu So’on Solor.

Namun sampai saat ini masih menjadi teka-teki, apakah benar bebatuan tersebut merupakan peninggalan zaman megalitikum atau merupakan proses alam?

Namun yang jelas, susunan batu-batu tersebut cukup unik. Bahkan ada yang mengasosiasikannya dengan kesaktian, seperti ada batu besar menjulang dengan hanya sedikit dari bawah ke kiri.

Namun yang pasti, bebatuan raksasa ini sangat menakjubkan. Saat senja tiba, pemandangan disana semakin indah dengan sapuan matahari. Wisata Batu So’on Solor dilengkapi dengan beberapa spot untuk bersantai dan beberapa spot foto untuk berkreasi.

Meski berada di ujung timur Bondowoso, di sekitar destinasi juga terdapat penjual makanan. Ada warung yang menyajikan nasi, jajanan dan es krim kelapa serta menu lainnya.

Destinasi wisata alam mirip Stonehenge bernama Batu So’on Solor di Kabupaten Bondowoso ini buka setiap hari, Senin hingga Minggu mulai pukul 06:00 WIB hingga 17:00 WIB, dengan harga tiket Rp 5000 saja.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button